Computex 2016 – Asus Zenvolution: Keluarga Zenfone 3 Diperkenalkan

Reading time:
May 30, 2016
zenfone 3 (3)
Harga resmi jajaran Zenfone 3

Hari ini, sehari sebelum Computex 2016 resmi dibuka, Asus, perusahaan teknologi ternama asal Taiwan, menggelar acara yang disebut sebagai Zenvolution. Acara ini mereka gunakan untuk menampilkan jajaran produk terbaru mereka, terutama yang terkait dengan dunia perangkat mobile, seperti laptop, tablet, dan smartphone. Banyak sekali yang menantikan acara ini, karena banyak kabar yang beredar yang menyebutkan bahwa Asus akan memperkenalkan penerus smartphone populer mereka, lini Zenfone, di sini.

Ternyata, kabar yang dipercaya banyak orang itu benar! Asus resmi memperkenalkan keluarga Zenfone 3, yang terdiri dari Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Ultra!

Zenfone 3 Deluxe

Perbandingan Zenfone 3 Ultra dengan Zenfone 3 Deluxe
Perbandingan Zenfone 3 Ultra dengan Zenfone 3 Deluxe

Smartphone pertama yang diperkenalkan Asus adalah Zenfone 3 Deluxe, yang merupakan varian Zenfone 3 dengan spesifikasi tertinggi untuk saat ini. Smartphone ini dilengkapi dengan SoC Snapdragon 820, dengan RAM 6 GB, dan storage 128 GB UFS 2.0. Perangkat ini menggunakan layar AMOLED 5.7 inci dengan resolusi Full HD, dengan screen to body ratio 79%.

Zenfone 3 Deluxe ini dilengkapi dengan kamera PixelMaster 3.0, dengan sensor Sony IMX318 23 MP, yang dilengkapi banyak sekali fitur. Fitur yang tersedia untuk mendukung PixelMaster 3.0 ini adalah Tri-Tech Auto-Focus yang memungkinkan pengguna mengunci gambar dalam waktu hanya 0.03 detik, baik di luar maupun dalam ruangan. Kamera ini juga dilengkapi dengan Dual-LED Flash, 4-axis Optical Image Stabilizer, dan 3-axis Electronic Image Stabilizer dengan Gyro Sensor. Terdapat juga fitur multiframe-fusion untuk menggabungkan 4-5 foto ke satu foto resolusi besar, hingga 92 MP.

Asus menggunakan bodi Pure Metal Technology,  yang memungkinkan Asus menggunakan bahan full anuminum unibody dengan antena tersembunyi. Smartphone ini mendukung fitur Quick Charge 3.0, dengan pengisian ulang baterai hingga 60% dapat diselesaikan dalam 39 menit. Konektor USB 3.0 Type-C tersedia juga di perangkat ini.

Berdasarkan informasi dari Asus, Zenfone 3 Deluxe ini akan dipasarkan mulai dari harga US$ 499. Asus juga akan menghadirkan edisi spesial yang disebut sebagai Artisan Edition, dengan cover belakang yang menarik, untuk lini ini. Perangkat ini dilengkapi juga dengan fingerprint scanner di bagian belakang.

Zenfone 3

Zenfone 3 Artisan Series
Zenfone 3 Artisan Series

Berikutnya, Asus memperkenalkan Zenfone 3. Perangkat ini menggunakan curved glass body yang membuatnya terlihat menarik. Untuk spesifikasi, Asus mengandalkan SoC Snapdragon 625 dengan RAM 4 GB untuk motor dari smartphone ini.

Asus tidak menyebutkan secara pasti ukuran layar dari perangkat ini. Hanya saja, mereka menyebutkan resolusi Full HD akan didukung layar Zenfone 3 ini, dengan jenis layar IPS. Melihat Asus yang tidak menyebutkan ukuran layar dari Zenfone 3 ini, bisa diperkirakan bahwa mereka akan menawarkannya dalam beberapa pilihan ukuran layar.

Nantinya, perangkat ini juga memiliki edisi spesial dengan desain cover yang lebih menarik, dengan sebutan Expression Series. Perangkat ini dilengkapi baterai 3000 mAh. Kamera dari smartphone ini menggunakan sensor 16 MP untuk kamera utama dan 8 MP untuk kamera selfie.

Nantinya, perangkat ini akan dipasarkan mulai dari harga US$ 249 untuk spesifikasi dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB.

Aksesoris Zenfone
Aksesoris Zenfone

Zenfone 3 Ultra

Dibanding perangkat Zenfone 3 lainnya, perangkat yang satu ini memiliki layar besar berukuran 6.8 inci IPS, dengan resolusi Full HD. Untuk dapur pacunya sendiri, Zenfone 3 Ultra menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 652 dengan RAM 4 GB. 

Zenfone 3 Ultra ini dilengkapi juga dengan kamera PixelMaster 3.0, dengan sensor dan fitur sama dengan Zenfone 3 Deluxe. Asus juga menghadirkan tata suara ekstra untuk perangkat ini dalam wujud SonicMaster 3.0, dengan Dual Five-magnet Stereo Speaker yang juga mendukung Cinematic 3D Surround Sound. Bodi dari perangkat ini juga menggunakan desain aluminum unibody dengan antena tersembunyi.

Asus melengkapi perangkat ini dengan baterai 4600 mAh, dengan fitur Quick Charge 3.0. Satu hal yang menarik, Asus menyebutkan perangkat ini bisa dioperasikan dalam Power Bank Mode untuk membagi daya ke perangkat lain. Konektor yang digunakan oleh perangkat ini adalah USB 3.0 Type C, dengan dukungan untuk Display Port via USB Type C.

Quick Charge 3.0
Kapasitas baterai besar dengan Quick Charge 3.0

Perangkat ini disebut akan dipasarkan di harga US$ 479, dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB. Hanya saja, belum diketahui kapan perangkat keluarga Zenfone 3 ini akan mulai dipasarkan. Asus bisa jadi tengah merencanakan launching produk untuk beberapa region untuk peluncuran produk ini.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…