Review Oppo F1 Plus

Author
Irham
Reading time:
May 9, 2016

Menyusul produk perdananya di tahun 2016 yang mengusung fitur kamera selfie, Oppo kembali meluncurkan Oppo F1 Plus sebagai suksesor dari Oppo F1. Perangkat ini memiliki peningkatan pada kamera depan dengan membawa sensor dengan resolusi 16 MP. Oppo tampaknya ingin menjawarai kelas smartphone selfie dengan membawa resolusi piksel kamera berukuran lebih besar. Tapi seperti yang kita ketahui resolusi yang lebih besar tidak serta merta memberikan hasil gambar yang lebih baik. Lalu bagaimana dengan Oppo F1 Plus, apakah perangkat ini memang benar adalah smartphone dengan kamera selfie terbaik?

Oppo-F1-Plus

Yang menarik perhatian kami untuk produk Oppo F1 Plus, selain fitur kamera yang dimilikinya adalah performa dari dapur pace menggunakan SoC MediaTek Helio P10. Chipset terbaru keluaran MediaTek ini merupakan kelas menengah yang menawarkan performa cukup baik disandingkan dengan memori RAM berkapasitas 4 GB. Kami juga akan memberikan pengujian secara langsung performa dari Oppo F1 Plus  dengan beberapa benchmark. Kebetulan ini juga merupakan kali pertama kami menguji handset dengan SoC MediaTek Helio P10. Cukup penasaran dengan hasilnya langsung saja kita simak di review berikut ini !

Desain

Meski disebut sebagai suksesor dari Oppo F1, namun secara desain Oppo F1 Plus menghadirkan perubahan yang cukup siginifikan. Dengan ukuran layar yang lebih lebar, namun Oppo F1 Plus punya bezel yang jauh lebih tipis sehingga angka ratio screen to body-nya jauh lebih tinggi. Ini membuat Oppo F1 Plus terasa nyaman digenggam untuk ukuran layarnya yang lebar.

Oppo-F1-Plus-2

Tampaknya bukan sebuah hal yang terlalu kasar jika kita menyebut Oppo F1 Plus ini meniru bentuk dari iPhone6. Mungkin setelah melihat wujud perangkat  yang ditampilkan melalui gambar, mayoritas orang akan setuju jika Oppo F1 Plus ini memang meniru desain iPhone 6. Tak dipungkiri, dominasi Apple untuk menghadirkan desain smartphone yang memikat pandangan telah menjadi inspirasi berbagai produsen smartphone tak terkecuali Oppo. Secara dimensi Oppo F1 Plus memiliki ukuran presisi yaitu 151.8 x 74.3mm dengan ketebalan 6.6 mm. Dengan tampilan dan wujud yang begitu mirip dengan iPhone 6, kesan saat dalam genggamannya juga  sangat mirip bahkan dengan dimensi yang lebih tipis.

Oppo-F1-Plus-5

Dibandingkan dengan Oppo F1, Oppo F1 Plus yang juga dibuat dengan material metal unibody tampak memiliki bobot yang lebih tinggi dibanding produk sebelumnya. Ini membuat Oppo F1 terasa lebih kokoh saat digenggam. Untuk build-Quality yang dihadirkan, Oppo F1 Plus memang terasa jauh lebih premium dibandingkan dengan Oppo F1. Tak cuma material pembungkus, pada bagian depan layar juga telah dilapisi pelindung layar Gorilla Glass 4 yang menambah durabilitas pada perangkat.

Oppo-F1-Plus-6

Kamera belakang berada di pojok kiri atas, dengan lampu flash LED yang berada dibagian bawahnya. Karena dimensi perangkat yang begitu tipis, modul kamera di bagian belakang terlihat sedikit menonjol. Dibagian belakang perangkat juga tampak strip anterna yang terletak di bagian atas dan bawah.

Oppo-F1-Plus-1

Tombol fisik power diletakan dibagian kanan sementara untuk volume terletak dibagian kiri. Sementara pada bagian depan terdapat tombol menu fisik yang dipadukan dengan sensor fingerprint berbentuk oval. Dibagian depan juga tentunya terdapat senjata utama dari handset tersebut, yatu kamera depan dengan sensor berukuran 16 MP, yang berada sejajar dengan speaker dan sensor ambience. Untuk slot SIM, Oppo menggunakan sistem hybrid dengan dual SIM type Nano serta yang salah satu slotnya bisa digunakan sebagai slot MicroSD.

Oppo-F1-Plus-4 Oppo-F1-Plus-3

Tampak pada bagian bawah terdapat lubang slot jack 3,5 mm dan juga grill speaker mono di bagian kiri. Sementara untuk konektivitas charging dan data, Oppo F1 Plus masih menggunakan konektor microUSB. Pada bagian atas perangkat hanya terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai noise canceling.

 

Spesifikasi

Membahas spesifikasi, Oppo F1 Plus memiliki layar AMOLED berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD dengan kepadatan piksel 441ppi. Menggunakan panel AMOLED tentunya menjadi keunggulan tersendiri karena visual akan terasa lebih tajam dan tingkat kecerahan serta warna pada layar terasa lebih natural. Perangkat ini dibekali dengan dapur pacu diantaranya SoC MediaTek Helio P10 (Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 + GPU Mali T860MP2) serta RAM berkapasitas 4 GB dan internal memori 64 GB. Helio P10 sendiri merupakan chipset kelas menengah yang dihadirkan oleh MediaTek, yang cukup mengutamakan performa. Ini juga menjadi kali pertama bagi kami menguji produk smartphone yang menggunakan chipset MediaTek Helio P10, dan tentunya akan kami bahas lebih lanjut pada pengujian performa di halaman selanjutnya.

CPU-Z-Oppo-F1-Plus

Seperti yang telah kami bahas di preview dan unboxing sebelumnya, untuk fitur kamera Oppo F1 Plus mengandalakan kamera depan sebagai kamera ‘utama’nya. Kamera depan Oppo F1 Plus memiliki sensor berukuran 16 MP. Peningkatan yang dihadirkan untuk kamera depannya terlihat sangat serius, dimana pad Oppo F1 hanya menggunakan sensor berukuran 8 MP. Namun meski demikian, tidak ada lampu LED flash pada kamera bagian depan. Sedangkan kamera belakang, meski modul kamera terlihat lebih besar namun sensor kamera justru lebih kecil dibandingkan kamera depan. Kamera belakang Oppo F1 Plus menggunakan sensor berukuran 13 MP.

Oppo-F1-Plus-9

Untuk kelengkapan sensor, Oppo F1 sudah dilengkapi berbagai sensor penting mulai dari Acceleration, Proximity, Ambience Light, GPS, Compass, hingga Fingerprint. Software yang digunakan masih berbasis Android 5.1 Lollipop dengan kustomasi ColorsOS 3.0. OS ini terasa jauh lebih lancar dibandingkan Color OS 2.0 yang sebelumnya pernah kami uji pada perangkat Oppo R7s. Terasa transisi jauh lebih cepat  saat membuka dan menutup aplikasi. Ditambah dengan fitur fingerprint sebagai fitur keamanan, pengguna juga bisa mengunci aplikasi dengan menggunakan sidik jari tertentu  untuk setiap aplikasi. Misalnya untuk membuka aplikasi gallery menggunakan sidik jari telunjuk kanan, dan kamera dengan jari tengah kanan dan sebagainya.Sensor fingerprint dari Oppo F1 Plus bekerja dengan cukup optimal, terasa proses pemindaian sangat cepat sehingga begitu jari menyentuh modul sensor, secara otomatis kunci tombol langsung terbuka. Sejauh ini, Oppo F1 Plus merupakan salah satu smartphone dengan pemindai sidik jari paling responsive yang kami temui.

Oppo-F1-Plus-8

Baterai yang dimiliki Oppo F1 Plus berkapasitas 2850mAh. Ini tentunya tidak begitu besar jika dibandingkan dengan baterai smartphone-smartphone terbaru saat ini yang mulai menggunakan baterai berkapasitas 3000mAh-4000mAh. Namun melihat dimensinya yang begitu tipis, kapasitas tersebut tampaknya juga sudah sangat maksimal.

Oppo-F1-Plus7

Untuk konektivitas, Oppo F1 Plus memiliki dual slot SIM card berukuran Nano dengan sistem Hybrid. Slot SIM 1 didukung dengan konektivitas 4G, Oppo F1 Plus cukup fleskibel untuk provider telekomunikasi di tanah air.

Di dalam paket penjualannya, Oppo tentunya melengkapinya dengan aksesoris charger (VOOC), casing silicon, buku panduan, kartu garansi serta unit headset.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…