6 Keunggulan Smartphone Google Pixel dan Pixel XL

Author
Irham
Reading time:
October 5, 2016

Google telah mengumumkan produk terbaru mereka yaitu Google Pixel. Perangkat yang satu ini cukup penasaran karena tahun ini Google tak lagi meluncurkan smartphone Nexus, yang merupakan program kerjasama antara Google dan vendor smartphone terpilih.Melainkan tahun ini Google meluncurkan smartphone baru yang di branding sebagai produk smartphone mereka sendiri yaitu Google Pixel.

Google Pixel diperkenalkan sebagai smartphone kelas premium dengan dukungan spesifikasi tinggi serta optimaliasi software Android langsung dari ‘pembuat’nya. Apa saja yang ditawarkan oleh google Pixel simak poin-poinnya berikut ini.

1. Spesifikasi Tinggi

google-pixel

Google tak mau main-main dengan produk smartphone terbarunya ini. Dua varian yang dihadirkan oleh Google yaitu Google Pixel dan Pixel Xl memiliki spesifikasi yang sudah berada di rata-rata smartphone kelas flagship saat ini. Mulai dari layar AMOLED 5 inci resolusi Full HD untuk versi standar dan 5,5 inci resolusi QHD versi XL, dapur pacu SoC Snapdragon 821 Quad-Core (2x 2.15 GHz + 2×1,6GHz), RAM 4GB serta internal memori 32 GB dan 128 GB.

2. Desain Cantik

google-pixel-phone-launch_13

HTC menjadi vendor yang terpilih untuk mendesain produk smartphone yang satu ini. Dibuat dengan material metal dan kaca, dari beberapa penampakan produk yang terlihat Pixel punya dimensi yang ramping dan tipis. Tapi dari sisi desainnya Google Pixel masih punya kemiripan dengan iPhone dan Nexus.  Pixel tersedia dalam tiga warna pilihan yaitu Quite Black, Very Silver, dan Really Blue. Penamaan yang unik untuk varian warnanya bukan?

3. Kamera Terbaik

google-pixel-phone-launch_09

Kamera utama pada Google Pixel/Pixel XL menggunakan sensor Sony IMX378 beresolusi 12,3 MP, sensing pixel berukuran 1,5 micron dengan aperture f/2.0. Sekilas ini tidak terlalu menjanjikan apalagi Google juga tak menyebutkan jika kamera di Pixel dilengkapi teknologi OIS. Tapi dengan resolusi yang kecil hanya 12 MP serta aperture f/2.0, hasil  tes dari DXOMark memberikan poin 89 untuk produk yang satu ini. DXOMark juga mengklaim bahwa kamera pada Google Pixel lebih baik daripada Galaxy S7 maupun Note 7. Sementara kamera depannya beresolusi 8 megapixel IMX179 denggan fixed focus dan aperture f/2.

4. Fast Charging/USB Type-C

fast-charging-7-usb-type-c

Sudah jadi hal wajib perangkat kelas flasghip, harus dibekali dengan teknologi fast charging.Untuk teknologi fast charging pada Pixel,  dengan waktu pengisian selama 15 menit Google mengklaim mampu memberikan daya pada smartphone selama 7 jam. Paket penjualan Pixel menyediakan aksesoris adaptor dengan output 18W. Dua kabel aksesoris yang tersedia yaitu tipe kabel A-C dan C-C. Kabel C-C bisa digunakan untuk mentransfer data dari ponsel lawas pengguna menggunakan tool Quick Switch Adapter.

5. Optimalisasi OS

pixel-vr-daydream

Dirancang dan dibuat oleh Google, Pixel tentunya memiliki optimaliasi OS Android terbaik. Perangkat ini telah berjalan menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1, serta dilengkapi beberapa aplikasi bawaan Google termasuk diantaranya Google Duo dan Google Allo. Perangkat ini juga dilengkapi dengan asistent virtual pengganti Google Now, Google Asistant. Selain itu perangkat ini juga mendukung perangkat virtual Reality ‘Daydream’ , yang menjadikannya smartphone pertama yang mendukung  teknologi VR terbaru garapan Google sendiri.

6. Cloud Storage Tanpa Batas

Dengan konten yang melimpah diproduksi oleh pengguna smartphone saat ini, media penyimpanan sering sekali jadi kepenuhan. Bahkan dengan kapasitas yang besar seperti 64 GB sekalipun, masih saja kurang apalagi bagi pengguna yang sering mengabadikan video maupun foto. Untuk itu, Google menyediakaan penyimpanan cloud secara gratis tanpa batas kapasitas dan waktu. Dibandingkan dengan iCloud bagi pengguna iOS, saat ini hanya menyediakan penyimpanan gratis sebesar 5GB saja untuk penggunanya.

cloud-google-pixel

Namun disamping keunggulan yang disebutkan diatas, google Pixel juga punya beberapa hal yang membuatnya ‘kurang’ untuk dapat bersaing dengan smartphone kelas premium lainnya. Apa saja kekurangan tersebut, nantikan di artikel berikutnya.

Load Comments

Reviews

September 27, 2021 - 0

Review Galaxy A52s 5G: Mid-Range Terbaik di 2021!

Smartphone yang kami review kali ini bisa dibilang adalah smartphone…
September 27, 2021 - 0

Membahas MediaTek Dimensity 1100: Fitur, Potensi, dan Janji MediaTek untuk SoC Kencang Ini!

Hadir menawarkan “True 5G Experience”; prosesor kencang dengan salah satu…
September 23, 2021 - 0

Review Imou Ranger 2C: Dengan Sensor Pendeteksi Gerakan, Bisa Tanpa WiFi

Kali ini kami kembali kedatangan produk kamera monitoring dari Imou…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…