Review Xiaomi Redmi 3 Prime

Reading time:
October 12, 2016
xiaomi-redmi-3-prime-01

Dalam beberapa bulan terakhir ini, Xiaomi sudah merilis beberapa varian terbaru smartphone Redmi mereka, termasuk beberapa varian Redmi 3 dan Redmi 3s. Kami baru saja mendapatkan pinjaman salah satu varian baru dari Redmi 3 tersebut, yaitu Redmi 3 Prime. Apa yang membedakan smartphone ini dengan Redmi 3 yang sudah kami review beberapa bulan lalu? Simak pembahasan kami dalam review berikut ini!

Desain

xiaomi-redmi-3-prime-02

Redmi 3 Prime ini mengusung desain dasar yang mirip sekali dengan Redmi 3. Smartphone ini mengusung bodi metal unibody dengan baterai non-removable, dengan dimensi yang sama persis dengan Redmi 3, yaitu 139.3 x 69.6 x 8.5 mm. Desain ini membuatnya tidak terlihat sebagai sebuah smartphone murah, dan lebih menggambarkan posisi Redmi 3 Prime ini sebagai smartphone mid-end.

xiaomi-redmi-3-prime-03

Berbeda dengan bagian belakang Redmi 3 yang dihiasi oleh tekstur unik, bagian belakang dari Redmi 3 Prime ini benar-benar polos. Ini membuat Redmi 3 Prime ini sedikit licin saat dipegang. Selama beberapa waktu melakukan pengujian terhadap smartphone ini, dengan cara memakainya sebagai smartphone sehari-hari, kami merasakan beberapa kali smartphone ini tergelincir, hampir saja terlepas dari pegangan. Walaupun begitu, bahan yang digunakan membuat smartphone ini tetap terasa kokoh saat dipegang.

xiaomi-redmi-3-prime-04

Unit smartphone Redmi 3 Prime yang hadir di lab. kami untuk pengujian ini berwarna gold. Warna gold benar-benar digunakan Xiaomi di sekujur bodi perangkat ini, kecuali di layar tentunya. Layar di perangkat ini berukuran sama dengan Redmi 3, yaitu 5 inci, dengan resolusi yang sama juga, 1280 x 720 piksel. Bila dibandingkan dengan ukuran bodi depan perangkat, layar 5 inci yang digunakan memiliki rasio ~71% dari keseluruhan sisi depan.

xiaomi-redmi-3-prime-08b

 

Satu hal yang membedakan smartphone ini, secara fisik dengan Redmi 3, selain hilangnya tekstur unik di bagian belakang, adalah sensor fingerprint. Ya, Redmi 3 Prime ini dilengkapi dengan sensor fingerprint berbentuk bulat yang diletakkan di bodi bagian belakang. Sensor di bagian belakang akan memudahkan pengguna melakukan unlock smartphone saat memegangnya. Namun, saat perangkat tengah berada di atas meja, posisi sensor di belakang membuat pengguna mau tidak mau harus memegang dan mengangkatnya terlebih dahulu sebelum bisa memanfaatkannya untuk meng-unlock perangkat.

xiaomi-redmi-3-prime-06 xiaomi-redmi-3-prime-07b

Seperti smartphone unibody pada umumnya, SIM Card dan Micro SD di perangkat ini ditampung dalam sebuah tray yang bisa diakses dari sisi kiri perangkat. Sayangnya, tray tersebut hanya bisa menampung dua SIM Card, atau satu SIM Card dan satu Micro SD saja. SIM ke-1 menggunakan ukuran Micro SIM, sementara SIM ke-2, karena menggunakan slot hybrid, menggunakan ukuran Nano SIM. Kedua SIM Card bisa digunakan bersamaan dalam mode dual-standby. Sementara untuk Micro SD, smartphone ini bisa mendukung kapasitas hingga 256 GB.

xiaomi-redmi-3-prime-09
Sisi atas: Audio Jack 3.5 mm dan Infrared
xiaomi-redmi-3-prime-10
Sisi kanan: tombol Power dan Volume Up/Down
xiaomi-redmi-3-prime-11
Sisi bawah: Micro USB dan Mic

Tombol power dan volume up/down diletakkan di sisi kanan perangkat. Xiaomi juga menghadirkan dua buah konektor di Redmi 3 Prime ini, yaitu konektor audio 3.5 mm yang diletakkan di sisi atas, dan Micro USB yang diletakkan di sisi bawah. Di sisi atas terdapat juga transmitter infrared yang mendukung fungsi remote yang ditawarkan smartphone ini. Tombol navigasi di smartphone ini masih menggunakan tombol fisik yang diletakkan di sisi depan, di bawah layar.

Spesifikasi

Sebagai varian dari Redmi 3, smartphone Redmi 3 Prime ini mengusung spesifikasi yang mirip dengan smartphone yang sudah pernah kami uji tersebut. SoC yang digunakan oleh Redmi 3 Prime adalah Snapdragon 616, yang juga digunakan di Redmi 3. Snapdragon 616 sendiri merupakan SoC dengan prosesor octa-core (4x Cortex A53 1.5 GHz dan 4x Cortex A53 1.2 GHz) serta GPU Adreno 405. Hanya saja, untuk kapasitas RAM, smartphone ini mengusung RAM lebih besar, yaitu 3 GB, berbanding 2 GB di Redmi 3.

xiaomi-redmi-3-prime-soc-system

Storage yang digunakan juga lebih besar dari Redmi 3, yaitu 32 GB. Kapasitas ini bisa dibilang sudah memadai untuk berbagai kebutuhan umum saat ini, seperti menyimpan file-file multimedia untuk penggunaan sehari-hari. Namun, pengguna yang butuh lebih dari 32 GB harus mengorbankan penggunaan SIM #2, karena slot Micro SD di smartphone ini merupakan slot hybrid dengan SIM #2.

 

 

xiaomi-redmi-3-prime-12
Kamera utama: 13 MP f/2.0
xiaomi-redmi-3-prime-13
Kamera selfie: 5 MP f/2.2

Kamera di smartphone ini menggunakan konfigurasi yang sama persis dengan Redmi 3, yaitu dengan kamera utama 13 MP dengan f/2.0 dan PDAF serta LED Flash. Kamera selfie di smartphone ini menggunakan sensor 5 MP dengan f/2.2. Baik kamera utama maupun kamera selfie smartphone ini memiliki kemampuan perekaman video 1080p di 30 fps.

Baterai dengan rating 4100 mAh dari Redmi 3 juga dipertahankan Xiaomi untuk Redmi 3 Prime ini. Kapasitas ini seharusnya memungkinkan perangkat bertahan untuk waktu penggunaan yang cukup panjang. Hal ini akan kami buktikan di pengujian baterai.

xiaomi-redmi-3-prime-battery-sensors

Xiaomi menyertakan sensor fingerprint di smartphone ini, yang sayangnya fungsinya benar-benar terbatas pada keamanan saja. Tidak ada fitur tambahan yang disematkan Xiaomi untuk sensor fingerprint ini. Selain fingerprint, Xiaomi juga melengkapi smartphone Redmi 3 Prime dengan beberapa sensor lain, yaitu accelerometer, gyro, proximity & light, serta orientation/compass.

Satu hal yang cukup disayangkan, Redmi 3 Prime ini pada dasarnya merupakan Redmi 3 Pro tanpa fitur konektivitas 4G. Ya, smartphone ini hanya mendukung jaringan seluler hingga 3G saja. Xiaomi juga melengkapi smartphone ini dengan koneksi WiFi B/G/N, dan Bluetooth 4.1. Terdapat juga infrared untuk mendukung fitur remote, serta fitur Radio FM.

Redmi 3 Prime ini sudah menggunakan MIUI Global 8.0, dengan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop.

Paket Penjualan

xiaomi-redmi-3-prime-15

Kemasan paket penjulan dari Redmi 3 Prime ini tampaknya menggunakan boks yang sama dengan Redmi 3 “polos”. Perlengkapan yang disertakan untuk menemani smartphone ini pun juga sama dengan Redmi 3, yaitu beberapa lembar panduan penggunaan, pin pendorong tray SIM Card, kabel USB, serta adapter daya dengan output 5.0 V, 2.0 A.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…