Review Zenfone 3 Laser (ZC551KL): Lebih Terjangkau, Pengalaman Tetap Memuaskan

Author
Irham
Reading time:
December 13, 2016

Satu lagi produk terbaru dari ASUS yang datang ke meja review kami, yang merupakan rangkaian  seri smartphone Zenfone 3, yaitu Zenfone 3 Laser (ZC551KL).  Pastinya kita semua mengharapkan peningkatan spesifikasi dan juga fitur perangkat dari produk pendahulunya yaitu Zenfone 2 Laser.

Zenfone 2 Laser sendiri dikemas oleh ASUS sebagai perangkat smartphone dengan kemampuan kamera yang cukup mumpuni  untuk produk entry level. Demikian pula dengan Zenfone 3 Laser yang juga diperkenalkan sebagai alternatif dari Zenfone 3 versi standar, yaitu ASUS Zenfone 3 ZE520KL/ZE552KL.

Di smartphone yang satu ini kita juga akan mengetahui kemampuan dari SoC Snapdragon 430. Ini akan menjadi kali pertama kami menguji smartphone dengan SoC terbaru dari Snapdragon tersebut, yang kemampuannya kabarnya bisa lebih baik dari seri menengah Snapdragon 615. Seperti apa kemampuan dan pengalaman sesungguhnya dari Zenfone 3 Laser, simak reviewnya berikut ini

Desain

Zenfone 3 Laser mengusung desain yang cukup berbeda dari Zenfone 3 ZE520KL, dimana ZE520KL dibuat dengan material glass yang mendominasi keseluruhan perangkat, sementara Zenfone 3 Laser lebih mengusung nuansa metal. Seri smartphone terbaru, Zenfone 3 dari ASUS memang membawa peningkatan desain terlihat sangat signifikan. Tidak lagi datang dengan ‘satu model yang sama’ namun ‘spesifikasi berbeda’ seperti pada seri Zenfone 2. Pada seri terbaru ini memiliki keunikan yang cukup jelas di setiap model produknya.

zenfone-3-laser-7

Zenfone 3 Laser memiliki DNA dari produk level tertinggi dari seri Zenfone 3 yaitu Zenfone 3 Deluxe. Yang mana produk tersebut sama-sama dibuat dengan material body berbahan metal. Hanya saja pada Zenfone 3 Laser, sisi tepi bagian belakang memiliki lengkungan yang langsung menyambung ke bagian depan. Tidak terpisah oleh bagian frame yang berada diluar seperti pada Zenfone 3 Deluxe atau Zenfone 3 versi standar . Tampak dari belakang sekilas agak mirip dengan rivalnya, yaitu Redmi Note 3 dari Xiaomi. Hanya saja Zenfone 3 Laser memiliki dimensi yang lebih tipis dan ramping. Dibagian atas dan bawah pada cover belakang menggunakan material polycarbonat, memudahkan perangkat untuk menangkap sinyal selular.

zenfone-3-laser-6

Posisi kamera, lampu LED, sensor Laser dan juga fingerprint tidak berbeda dengan Zenfone 3 ZE520KL. Dimana sensor kamera berada di tengah, diapit dengan lampu LED di sebelah kanan dan laser auto-focus di sebelah kiri. Sementara sensor sidik jari berbentuk persegi panjang vertikal berada di bagian bawah modul kamera.

zenfone-3-laser-3 zenfone-3-laser-4

Perangkat ini memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan dimensi 149mm x 76mm x 7,9mm serta bobot seberat 150 g. Cukup ringan untuk ukurannya yang besar. Meski demikian perangkat ini cukup kokoh, selain karena material metal unibody yang membungkus perangkat secara keseluruhan, panel layar di bagian depan juga telah dilapisi pelindung Gorilla Glass 3 2,5D. Di sisi lain, tekstur metal yang licin dan ukuran layar yang cukup besar membuatnya agak riskan dalam genggaman. Sehingga ada baiknya pengguna memberikan aksesoris tambahan untuk menambah grip saat digenggam.

zenfone-3-laser-2 zenfone-3-laser-5

Zenfone 3 Laser memiliki konektivitas dengan Slot MicroUSB yang terletak di bagian bawah. Sedangkan slot Jack 3,5 mm berada di bagian atas. Tombol power terletak di sisi kanan berada di bawah tombol power. Tombol kapasitif tidak berbeda dari produk samrtphone ASUS yang pernah ada. Yaitu tombol back di sisi kiri, tombol home di tengah dan recent app di kanan. Grill speaker terdapat dibagian bawah berdekatan dengan lubang MicroUSB. Terdapat dua varian warna produk yaitu Glaciar Silver dan Sand Gold.

Spesifikasi

Zenfone 3 Laser (ZC551KL)mengusung speisifkasi yang tentunya sudah jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Perangkat ini dibekali dengan layar IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD dengan kepadatan piksel  401ppi. Layar ini memiliki tingkat kecerahan yang cukup tinggi, dan nyaman digunakan meskipun berada di bawah sinar matahari yang sangat cerah. Tingkat kecerahaan maksimal yaitu mencapai 500 nits.

Sementara untuk dapur pacunya, smartphone ini menggunakan SoC Snapdragon 430 (64 bit Octa-Core, ARM Cortex A53 1,3 GHz + GPU Adreno 505), RAM 4 GB (LPDDR3) serta penyimpanan internal sebesar 32 GB. Kapasitas memori RAM internal maupun penyimpanan internal yang disediakan cukup besar untuk kebutuhan pengguna.

cpu-z

Pada fitur kamera, Zenfone 3 Laser melengkapinya dengan sensor Sony Exmor RS214 beresolusi 13 MP f/2.0 dengan sistem auto focus Laser. Kamera utama juga dibekali dengan lampu flash dual-tone LED, dan juga memiliki dukungan EIS untuk perekaman video. Laser autofokus diklaim bisa mendeteksi fokus secara cepat yaitu dengan 0.03 detik. Sementara pada kamera depan, terdapat sensor beresolusi 8MP untuk kebutuhan selfie pengguna.

zenfone-3-laser-1

Tentunya Zenfone 3 Laser juga sudah dibekali dengan sensor fingerprint untuk mengakomodir sistem otentikasi dan juga shortcut menu aplikasi. Kelengkapan sensor lainnya termasuk Acceleration, Ambience Light, Proximity, Compass dan juga gyroscpoe telah tersedia pada perangkat.

Konektivitas selular telah mendukung 4G LTE di kedua slot SIM, dimana slot SIM satu menggunakan SIMCard tipe Micro sedangkan slot SIMCard 2 menggunakan tipe nano, yang juga terpasang hybrid dengan slot MicroSD. Sementara konektivitas interface menggunakan MicroUSB untuk transfer data dan juga charging.

zenfone-3-laser-9 screenshot_20161128-140357

 

Zenfone 3 Laser memiliki kapasitas yang cukup besar jika dibandingkan dengan Zenfone 3 versi standar. Dimana perangkat ini memuat baterai dengan kapasitas 3000mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar ini, Zenfone 3 Laser diklaim mampu bertahan stand-by selama lebih dari 38 hari. Tapi tentu belum mendeskripsikan secara jelas bagaimana daya tahan dari smartphone ini sendiri dalam pemakaian sehari-hari. Untuk pengujian baterai dalam penggunaan sehari-hari akan kami bahas di bagian pengujian baterai.

Pada paket penjualan, Zenfone 3 Laser sayangnya lagi-lagi hanya dibekali dengan aksesoris charger, kartu garansi dan buku panduan. Tidak ada aksesoris headset ataupun casing pelindung tambahan.

zenfone-3-laser-8
Load Comments

Reviews

May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…
April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…