Moto Z dan Moto Z Play Resmi Diluncurkan di Indonesia, Akankah Sukses?

Author
Irham
Reading time:
January 26, 2017
Moto-Z-resmi

Lenovo Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan dua produk terbaru mereka dari brand Moto, yaitu Moto Z dan Moto Z Play(klik untuk link review). Kedua smartphone ini hadir di pasar flagship dengan konsep modular mereka yang cukup inovatif.

“Perkembangan smartphone dalam beberapa tahun terakhir hanya sebatas peningkatan prosesor, kamera dan peningkatan kualtias dari fitur-fitur lain. Kami menghadirkan Moto Z dengan konsep modular , yang ‘berbeda’ dimana pengguna nantinya bisa menambahkan beragam fungsi tambahan yang sesuai dengan selera pengguna,” ujar Adrie Suhadi selaku Country Lead Mobile Bussiness Group Lenovo Indonesia.

Moto Z dan Moto Z Play diboyong ke pasar tanah air lengkap dengan rangkaian komponen modularnya yang disebut Moto Mods. Mulai dari  Speaker Mods JBL SoundBoost, Camera Mods  Hasellblad True Zoom, Projector Mods Instashare, Style Cover Mods, dan Battery Mods. Dimana komponen Mods ini ditawarkan dengan paket bundling yang beragam. Untuk harga paket bundling Moto Z dan Moto Z Play dapat anda lihat di link berikut.

Bukan Smartphone Modular Pertama

Dengan konsep modular ini, tentunya akan ada kemungkinan penambahan komponen modular Moto Mods yang lebih variatif. Seperti yang diutarakan oleh Adrie Suhadi, bahwa nantinya Moto akan menyediakan MDK (Modular Development Kit) bagi para developer untuk mengembangkan komponen modular lainnya pada smartphone Moto. Dukungan modular ini nantinya juga akan diperluas ke seri produk Moto Z berikutnya.

Moto Z - 22

Meski bukan menjadi smartphone pertama yang hadir dengan konsep modular, namun Seri Moto Z sendiri sejauh ini terbilang cukup sukses dalam penjualan global. Konsep modular dengan sistem magnetik ini membuat penggunaan komponen modular jauh lebih praktis saat dipasang maupun dilepas. Tak tanggung-tanggung, Moto juga langsung bekerja sama dengan beberapa brand ternama untuk komponen modular yang mereka hadirkan. Termasuk diantaranya, Brand audio JBL, Brand kamera HasselBlad, hingga brand aksesoris Incipio

Tidak dipungkiri rata-rata pengguna  yang ‘mengupgrade’ smartphone, sebenarnya hanya membutuhkan peningkatan pada sebagian kecil fitur yang mereka inginkan. Seperti misalnya kapasitas baterai ataupun kamera. Sementara pilihan smartphone yang tersedia saat ini mengharuskan pengguna untuk mengganti smartphone mereka ke ‘generasi terbaru’. Dengan konsep modular ini, pengguna tentunya juga bisa lebih fleksibel dalam ‘meningkatkan’ fitur yang mereka butuhkan. Ataupun pengguna bisa menambah fitur baru yang belum pernah ada di smartphone-smartphone sebelumnya dengan modul-modul baru yang kabarnya telah disiapkan oleh Moto.

Konektor Magnetik Pin, Apakah Aman?

Meskipun dengan sistem magnetik dan konektor pin pogo yang berada di ‘permukaan’, namun Moto mengklaim ini akan tetap aman. Karena pada pin pogo magnetik yang dipasang juga telah dilapisi dengan nano-coating yang membuatnya tetap aman bila terkena cipratan air. Selain itu empat titik magnet yang mengikat komponen modular dan smartphone juga cukup erat dan telah teruji dengan baik.

Moto Z - 13

Secara desain dan built-quality, smartphone ini terbilang sangat kokoh dan elegan. Untuk Moto Z, smartphone ini telah dinobatkan sebagai smartphone tertipis  di dunia dengan ketebalan hanya sebesar 5,2 mm. Desain tipis ini sepertinya juga menjadi alasan Moto  untuk menghilangkan slot Jack 3,5 mm untuk earphone. Namun Moto telah menyediakan aksesoris konektor audio yang telah tersedia dipaket penjualan. Entah ini bisa disebut sebagai kelebihan atau kekurangan.

Moto Z - 04

Tapi smartphone ini sendiri sebenarnya tidak benar-benar di desain sebagai smartphone yang memiliki sertifikasi tahan air. Jadi pengguna tetap mesti berhati-hati, karena Moto Z sendiri bukan smartphone yang didesain untuk bisa diajak ‘menyelam’ di dalam air.

Akan lebih seru jika di waktu mendatang, Moto juga menghadirkan smartphone modular yang memiliki kemampuan tahan air dengan sertifikasi yang terjamin.

Load Comments

Reviews

May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…
April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…