Hands-On Review Moto Mods untuk Moto Z

Reading time:
January 25, 2017
Moto Z - 05

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh keluarga Moto Z dari Lenovo adalah kemampuannya untuk mendapatkan fungsi lebih melalui penggunaan aksesori tambahan, yang disebut Moto Mods. Moto Mods sendiri merupakan modul yang bisa “ditempel” ke bagian belakang Moto Z, Moto Z Force, dan Moto Z Play dengan memanfaatkan konektor khusus, jadi pengguna bisa merasakan kemampuan tambahan itu secara instan. Sejauh ini, ada beberapa Moto Mods yang sudah resmi diperkenalkan, dan beberapa di antaranya turut hadir ke lab. kami bersama dengan Moto Z.

Moto Z - 22

Moto Mods yang hadir bersama Moto Z ke lab. pengujian kami adalah Incipio offGRID Power Pack, JBL SoundBoost, Moto Insta-Share, dan Hasselblad True Zoom. Selain itu, di paket penjualan Moto Z, kami juga menjumpai Moto Mods Style Shell, yang merupakan cover belakang dengan desain menarik untuk keluarga Moto Z. Kali ini, kami akan coba membahas beberapa Moto Mods yang telah kami coba tersebut.

Incipio offGRID Power Pack

Moto Z - 23

Sesuai namanya, modul ini adalah salah satu modul baterai eksternal yang tersedia untuk keluarga Moto Z. Incipio offGRID Power Pack ini hadir dengan baterai 2220 mAh, yang diklaim Lenovo bisa menambah kapasitas baterai Moto Z sekitar 60%. offGRID Power Pack ini cukup ditempelkan ke sisi belakang Moto Z dan fungsinya bisa langsung dinikmati.

Moto Z - 34

Kami mencoba untuk menguji offGRID Power Pack ini untuk mengisi ulang baterai dari Moto Z yang sudah tersisa 10%. Hasilnya, baterai Moto Z kembali ke angka 70% setelah diisi ulang dengan Moto Mods ini. Pengisian ulang 60% dengan menggunakan offGRID Power Pack ini membutuhkan waktu sekitar 49 menit.

Moto Z - 37

Sayangnya, karena penggunaan offGRID Power Pack ini dianggap seakan-akan smartphone tengah diisi ulang dayanya oleh sistem, kami tidak bisa menjalankan benchmark PCMark Work Battery Life untuk menguji daya tahan ketika Moto Z menggunakan Moto Mods tersebut, karena benchmark memang meminta smartphone terlepas dari sumber listrik apapun. Namun, dengan menghitung tambahan 60% baterai, seharusnya offGRID Power Pack ini akan membuat smartphone bisa bertahan hingga hampir 10 jam berdasarkan tes PCMark, meningkat dari 6 jam 42 menit. Hasil ini membuat Moto Z menjadi lebih sesuai untuk aktivitas seharian bila dibandingkan tanpa Moto Mods ini.

Sementara untuk tes video 720p, penggunaan Moto Mods offGRID Power Pack ini seharusnya akan meningkatkan waktu penggunaan smartphone, dari sekitar 11 jam 18 menit hingga sekitar 18 jam. offGRID Power Pack ini tentunya akan jadi aksesori yang menarik bagi Moto Z, selain karena tambahan daya yang ditawarkannya akan memberikan masa pakai yang lebih lama, juga karena pengisian ulang daya tidak dilakukan melalui konektor USB Type C, sehingga USB Type C masih bisa digunakan untuk hal lain, termasuk untuk konektor audio.

Moto Z - 36

Satu hal yang cukup disayangkan dari offGRID Power Pack ini adalah tidak adanya konektor yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya tanpa harus menghubungkannya ke smartphone. Satu-satunya cara untuk mengisi daya baterai Moto Mods dari Incipio ini adalah dengan menghubungkannya dengan smartphone dan mengisi ulang dayanya dengan charger bawaan. Baterai Moto Mods akan diisi setelah baterai smartphone terisi penuh.

JBL SoundBoost

Moto Z - 25

Modul ini merupakan Moto Mods yang didesain untuk meningkatkan kualitas audio dari smartphone keluarga Moto Z. Lenovo bekerja sama dengan perusahaan ternama di dunia audio, JBL, untuk modul SoundBoost ini. SoundBoost sendiri hadir dengan mengusung dua speaker 3 W dengan diameter 27 mm yang bisa menghasilkan suara stereo, serta dibekali dengan baterai 1000 mAh.

Moto Z - 38

Seperti modul Moto Mods lain, pengguna cukup menempelkan modul ini ke belakang smartphone keluarga Moto Z dan output suara dari smartphone akan otomatis dialihkan ke SoundBoost. JBL SoundBoost ini secara umum menghasilkan suara dengan volume lebih keras dibandingkan speaker internal Moto Z, demikian pula kualitas suara yang dihasilkan juga meningkat cukup drastis. Modul ini juga hadir dengan stand khusus.

Berdasarkan informasi dari Lenovo, baterai 1000 mAh di dalam SoundBoost ini bisa digunakan untuk menghidupkan modul selama kurang lebih 10 jam. Saat kami mencoba menggunakan modul ini bersama dengan Moto Z untuk memutar lagu secara terus menerus, SoundBoost bisa bertahan hingga 7 jam 10 menit. Hasil itu memang berbeda dengan klaim dari Lenovo, tetapi hal ini memang bisa terjadi karena beda konfigurasi volume, di mana pengujian kami dilakukan di volume sekitar 60%.

Moto Z - 39

JBL SoundBoost ini dilengkapi dengan port USB Type C untuk mengisi ulang dayanya. Port itu diletakkan di sisi yang bersentuhan dengan bodi Moto Z, sehingga saat digunakan praktis pengguna tidak bisa melakukan pengisian ulang daya baterai untuk modul ini. Namun, saat baterai modul ini habis, modul ini bisa menarik daya dari smartphone, sehingga pengguna cukup mengisi ulang daya smartphone untuk tetap bisa menikmati musik dari JBL SoundBoost ini.

Load Comments

Reviews

May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…
April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…