Review Smartphone Android: Vivo V5 Plus

Author
Friska
Reading time:
February 10, 2017

Belum lama ini, Vivo sebagai salah satu brand asal Tiongkok yang sudah menjual beberapa smartphone hasil produksinya secara resmi di Indonesia telah meluncurkan Vivo V5 yang bertajuk “Perfect Selfie” dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 20 megapixel. Dan baru saja di hari ini (10/2), Vivo meluncurkan satu lagi smartphone kamera selfie dengan resolusi tinggi yang diberi nama Vivo V5 Plus.

vivo v5 plus (1)

Sama seperti V5, V5 Plus ini juga memiliki kamera depan beresolusi 20 megapixel, tetapi kini ditambah dengan satu lensa lagi yang beresolusi 8 megapixel untuk bisa menghasilkan foto efek Bokeh yang lebih menarik. Dan tentu saja, ada peningkatan yang lebih baik dari segi hardware, karena Vivo V5 Plus ini merupakan smartphone resmi di Indonesia yang juga menggunakan Snapdragon 625. Apakah smartphone ini bisa menandingi beberapa jenis smartphone lain yang telah menggunakan prosesor yang sama? Simak dalam artikel review berikut ini!

Desain

vivo v5 plus (15)
tampak depan
vivo v5 plus (9)
tampak belakang

Dari segi desain, tidak ada perubahan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan sang “adik” Vivo V5, bahkan nyaris identik. Vivo V5 Plus ini masih memiliki desain yang mirip dengan beberapa jenis smartphone dari brand lain, dengan mengadopsi ultra-slim bezel sehingga layar 5.5 inch yang terdapat di smartphone ini memiliki penampilan yang lebih besar dan luas walau dengan dimensi smartphone keseluruhan tak berbeda seperti smartphone ukuran layar 5.2 inch. Desain keseluruhan dan bodi dari smartphone ini sendiri terlihat tipis serta elegan, dan cukup ergonomis ketika digenggam walau masih ada rasa licin pada bodi belakangnya. Walau begitu hal ini bisa diatasi dengan memakai soft case bawaan paket penjualan.

vivo v5 plus (12)

Vivo V5 Plus memiliki layar 5.5 inch IPS resolusi 1080 x 1920 pixel FullHD dengan body-to-ratio 73,8% dan telah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 untuk ketahanan layar terhadap goresan. Corning Gorilla Glass 5 ini sendiri merupakan jenis yang paling baru dan diklaim baru Vivo V5 Plus yang menggunakan Gorilla Glass tipe terbaru ini.

vivo v5 plus (8)
posisi kamera selfie
vivo v5 plus (5)
posisi kamera utama

Kamera depan atau selfie yang menggunaka sistem Dual Lens berada di permukaan atas smartphone, bersampingan dengan speaker receiver dan LED Flash. Untuk posisi kamera utama beserta LED Flash, berada di bagian atas bodi belakang.

vivo v5 plus (7)
tombol Home yang sekaligus menjadi sensor Fingerprint
vivo v5 plus (13)
posisi tombol volume dan power

Sisi kanan dari Vivo V5 Plus ini merupakan posisi tombol volume juga tombol power, di mana pada bagian sisi kirinya merupakan posisi slot SIM card. Dan jenis SIM card yang didukung oleh kedua slot tersebut adalah Nano SIM card.

vivo v5 plus (14)
posisi slot SIM card
vivo v5 plus (10)
penampakan bagian atas smartphone
vivo v5 plus (11)
penampakan bagian bawah smartphone

Untuk port jack audio 3.5mm, port microUSB serta mic dan speaker, semuanya berada di sisi bawah smartphone. Sementara di bagian bawah smartphone merupakan posisi “tombol” home yang juga sekaligus menjadi sensor Fingerprint.

vivo v5 plus (6)
bonus soft case dalam paket penjualan
vivo v5 plus (2)
adapter, kabel USB (microUSB), dan earphones
vivo v5 plus (3)
kelengkapan lain seperti manual, garansi, tempered glass dan pin untuk membuka slot SIM card

Spesifikasi

vivo cpuz

Vivo V5 Plus dipersenjatai dengan prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 625 Cortex-A53 dengan GPU Adreno 506, RAM 4GB, serta kapasitas storage yang juga besar yakni 64GB. Namun sayangnya, kami tidak menemukan slot yang bisa digunakan untuk menaruh microSD tambahan untuk memberikan ekspansi dari segi storage.

Hal yang menjadi keunggulan utama dari Vivo V5 Plus ini adalah kamera depan/selfie yang beresolusi 20 megapixel dan 8 megapixel. Dengan kamera depannya mengandalkan Dual Lens menggunakan sensor Sony IMX376, maka foto selfie yang dihasilkan mampu menghadirkan efek bokeh yang lebih baik. Kamera selfie ini juga memiliki besar snesor 1/2.78”, aperture f/2.0 serta sistem lensa 5P. Fitur lain yang juga dihadirkan melalui kamera depannya ini juga Selfie Softlight, di mana fitur ini akan memberikan hasil foto yang lebih jernih dan cerah dalam keadaan pencahayaan yang kurang terang. Sementara untuk kamera belakangnya, kamera memiliki resolusi 16 megapixel dengan algoritma yang telah diperbaharui untuk mengambil gambar yang lebih baik.

Vivo V5 Plus memiliki beragam dukungan lain seperti konektivitas 4G LTE, Dual nano SIM card, dukungan Wi-Fi Supported 2.4GHz/5GHz, Bluetooth 4.0, USB 2.0, dan OTG. Seperti dari seri “adiknya”, Vivo V5 Plus ini juga memiliki sensor Fingerprint yang berlokasi di tombol Home, di mana sensor ini bisa membuka kunci smartphone dalam waktu 0,2 detik. Chip AK4376 untuk teknologi Hi-Fi juga disematkan pada smartphone ini untuk suara audio yang lebih jernih.

Smartphone ini memiliki kapasitas baterai 3160mAh yang didukung dengan fitur Dual-Charging Engine di mana fitur ini akan mengaktifkan charging jauh lebih cepat jika menggunakan kabel bawaan paket penjualan Vivo V5 Plus. Fitur Smart Split 2.0 juga diberikan pada seri ini agar para pengguna bisa memaksimalkan aktivitasnya dengan membagi dua aplikasi yang berbeda dalam 1 layar yang sama. Untuk sistem operasinya, Vivo V5 Plus berjalan dengan Android 6.0 Marshmallow dengan UI Funtouch.

Load Comments

Reviews

October 25, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy M52 5G: Smartphone Kelas 4 Jutaan Paling Menarik

Smartphone Galaxy M Series memang umumnya memiliki bodi yang “agak…
October 24, 2021 - 0

Review ASUS Zenfone 8: Snapdragon 888 Termurah dan Paling Mungil

ASUS telah mengumumkan smartphone terbaru mereka yaitu Zenfone 8, sejak…
October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…