Galaxy Ecosystem: Pengalaman Lebih untuk Smartphone Samsung Galaxy

Author
Gunawan
Reading time:
August 15, 2017

Beberapa bulan lalu, Samsung telah menghadirkan smartphone flagship mereka, Galaxy S8 dan Galaxy S8+ ke Indonesia. Sebagai produk kelas atas, smartphone tersebut pastinya punya segudang fitur menarik yang membuat penggunanya mendapatkan pengalaman yang sangat baik. Menariknya, segudang fitur menarik itu ternyata masih bisa lagi diperluas dengan memanfaatkan jajaran perangkat Galaxy Ecosystem!

wp image 308725226.

Hari ini, Samsung mengajak wakil dari media-media di Indonesia untuk coba mengenal lebih dekat Galaxy Ecosystem, khususnya untuk kreasi multimedia. Dua perangkat Galaxy Ecosystem akan diulas lebih dalam di acara yang digelar di The Westin, Jakarta. Keduanya adalah Gear 360 (2017) dan Dex.

Gear 360 (2017): Buat Konten 360° dengan Mudah

Konten foto atau video 360° belakangan ini makin banyak dijumpai, dan juga telah didukung oleh platform online populer, seperti Facebook dan YouTube. Membuat konten 360° dulu bisa dikatakan rumit, tapi sekarang sudah lebih mudah, salah satunya dengan Galaxy Ecosystem yang dihadirkan Samsung, Gear 360. Kini, Gear 360 sudah masuk ke generasi kedua, dan hadir dengan desain yang lebih ringkas dan mudah digunakan.

wp image 127370438.

Samsung mengundang Ahmad Zamroni, Chief Photo Forbes Indonesia, untuk berbagi pengalaman terkait pembuatan konten 360° dengan Gear 360. Galaxy Ecosystem ini bisa dihubungkan dengan mudah ke Galaxy S8, dan aplikasi yang mendukungnya pun telah disediakan oleh Samsung. Berbagai kreasi konten 360° yang menarik bisa dibuat dengan efek-efek yang tersedia, yang membuat konten 360° tidak hanya berupa konten panorama saja, tetapi juga hadir dengan berbagai pola yang menarik.

Dex: Desktop Experience di Galaxy S8/S8+

wp image 916179587

Satu fitur menarik yang telah didukung oleh Galaxy S8/S8+ adalah desktop like experience yang didukung oleh Galaxy Ecosystem Dex. Dengan menghubungkan Dex ke monitor dan keyboard/mouse, dan meletakkan smartphone ke unit Dex, pengalaman yang berbeda akan dapat dirasakan. Pengguna akan mendapat ruang tampilan yang lebih besar, sembari memanfaatkan aplikasi-aplikasi untuk berbagai kebutuhan.

Menggali Fitur Ekstra dari Galaxy S8

Selain memanfaatkan Galaxy Ecosystem, smartphone Galaxy S8/S8+ sendiri punya banyak fitur menarik yang berpotensi mendukung pengalaman penggunaan yang lebih baik. Untuk sesi ini, Samsung mengundang Dedy Irvan, dari tim Jagat Review, untuk menjelaskan mengenai beberapa fitur dari Galaxy S8 dana Galaxy S8+ yang agak “terlupakan”. Salah satu fitur menarik yang hadir adalah Secured Folder. Fitur ini dulunya bernama “KNOX”, membuat penggunanya mendapatkan “akun kedua” untuk berbagai data dan aplikasi, yang hadir dengan fitur keamanan yang lebih tinggi, dan membuat pengguna juga punya akses ke berbagai aplikasi dengan akun yang berbeda dengan akun utama.

wp image 538040804.

Galaxy S8 dan Galaxy S8+ juga hadir dengan fitur WiFi Sharing, yang bisa membuat smartphone menjadi seperti sebuah repeater untuk WiFi di mana perangkat sedang terhubung. Ada juga fitur Download Booster yang mendorong kecepatan download dengan membuat WiFi dan seluler bekerja sama untuk mendownload file. Kedua smartphone flagship Samsung ini juga hadir dengan dukungan NFC dan WiFi 5 GHz yang merupakan fitur modern yang banyak berguna saat ini.

Sisi kamera dari Galaxy S8/S8+ pun juga diulas. Kamera dari smartphone kelas flagship Samsung sudah dikenal punya kualitas yang baik, tetapi, tidak banyak yang tahu fitur ekstra yang dihadirkan oleh Samsung. Salah satu yang cukup menarik adalah floating shutter, di mana tombol shutter kamera bisa diatur posisinya sesuai keinginan penggunanya, dengan posisi yang bisa menyesuaikan dengan posisi jari tangan. Ada juga fitur adaptive focus yang bisa membantu para pengguna mendapatkan fokus sesuai apa yang mereka inginkan.

Berbagai kemapuan ekstra dari Galaxy S8/S8+ ini, baik dari Galaxy Ecosystem maupun dari fitur ekstra yang ada, bisa membuat smartphone ini menawarkan nilai lebih bagi pengguna. Untuk para pengguna Galaxy S8/S8+ yang sering memanfaatkan perangkat sebagai pendukung produktivitas mereka, hal-hal ini akan menambah kenyamanan para pengguna. Hal-hal ini tentunya sesuai dengan posisi Galaxy S8/S8+ sebagai produk flagship dari Samsung saat ini.

Load Comments

Reviews

April 29, 2022 - 0

Review itel Vision 3: Baterai Besar + Charger 18W, Harga Rp 1,1 Jutaan

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal brand itel. Ini…
April 29, 2022 - 0

Membahas MediaTek Dimensity 9000: Chipset Terbaik MediaTek untuk Smartphone Kelas Premium!

SoC/prosesor/chipset ini memang sengaja dibangun untuk menjadi dapur pacu smartphone…
April 28, 2022 - 0

Gaming Pakai MediaTek Helio G96: Sekencang Apa? (feat. Redmi Note 11 Pro)

MediaTek Helio G96 dikenal sebagai SoC terbaik dari Helio G…
April 26, 2022 - 0

Review Samsung Galaxy M33 5G: Kamera 4K, Performa Lebih Tinggi

Kita sudah melihat ada banyak smartphone yang diluncurkan dalam 4…

Accessories

February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…
October 26, 2021 - 0

Review Vivo TWS 2 ANC & Vivo TWS 2e

Bertepatan dengan perilisan Smartphone Vivo X70 Pro, Vivo juga meluncurkan…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…

Wearables

October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…