Review Nokia 5.1 Plus: Harga Rp. 2 Jutaan, Masihkah Layak Bersaing?

Author
Irham
Reading time:
May 1, 2019

Nokia 5.1 Plus mungkin menjadi satu produk Nokia yang paling banyak direkomendasikan oleh para netizen saat seseorang mencari produk smartphone Nokia terbaru. Ya, untuk smartphone yang satu ini Nokia memang bisa dibilang memberikan spesifikasi yang paling menarik dari semua line-up menengah ke bawah mereka.

Perangkat ini sendiri sebenarnya telah dirilis Nokia secara global di akhir tahun 2018, dan baru masuk di Indonesia di awal 2019. Kami berkesempatan menguji produk Nokia 5.1 Plus meskipun agak sedikit terlambat untuk merilis tulisan ini, namun tentunya kita ingin mengetahui apakah smartphone ini masih layak dimiliki, di tengah rivalitas smartphone kelas menengah kebawah yang cukup ramai. Ingin tahu lebih lanjut mengenai produk yang satu ini, simak ulasan kami berikut ini!

Desain

Nokia 5.1 Plus memiliki layar dengan ukuran yang tidak terlalu besar yaitu 5,8 inci. Ukurannya paling cocok untuk pengguna yang senang dengan smartphone dengan layar yang tidak terlalu besar. Perangkat ini memiliki material body kaca, dengan kontur 2,5D dan material frame berbahan aluminium. Seperti perangkat Nokia pada umumnya, Nokia 5.1 Plus terasa sangat padat dan kokoh dalam genggaman. Pilihan warna yang ditawarkan juga simple namun elegan, seperti salah satunya yang kami uji saat ini yaitu berwarna Baltic Sea Blue. Disamping dua warna lainnya yaitu Glacier White dan Night Black.

11 Nokia 5.1 Plus 2 Nokia 5.1 Plus

Dengan penampang bagian belakang menggunakan material kaca, tentu saja perangkat ini terasa licin digenggaman. Ya, perangkat ini bahkan bisa dibilang terasa sangat licin di dalam genggaman. Sehingga pengguna perlu berhati-hati saat menggenggam. Sayangnya, perangkat ini belum dilengkapi dengan jelly case pada paket penjualannya. Penguna perlu mencari aksesoris cover jika ingin perangkat ini lebih aman digenggaman.

8 Nokia 5.1 Plus

Disamping ergonominya yang sedikir beresiko karena licin dalam genggaman, perangkat ini punya tampilan yang cukup orisinil. Tanpa banyak mengikut desain smartphone yang kebanyakan tren saat ini, Nokia 5.1 Plus punya gayanya tersendiri. Seperti penempatan kamera dan fingerprint di bagian tengah dan juga notch yang terlihat lebih lebar.

9 Nokia 5.1 Plus

Logo Nokia dengan pede terpampang di bagian bezel depan perangkat yang terlihat tebal dan juga di bagian belakang. Di bagian belakang, dual kamera diletakan secara vertikal bertumpuk dengan sensor fingerprint.

3 Nokia 5.1 Plus

Tombol volume dan power terletak di sisi bagian kanan. Sedangkan di sisi bagian kiri terdapat tray SIMCard yang terpasang hybrid dengan microSD. Dibagian bawah terdapat slot USB Type C dan Grill Speaker. Type C bisa dibilang sebagai sebuah keunggulan untuk smartphone di harga 2 jutaan ini, dibanding para rivalnya yang masih menggunakan microUSB. Sementara di sisi bagian atas terdapat lubang jack 3,5mm dan microphone sekunder.

5 Nokia 5.1 Plus 4 Nokia 5.1 Plus 6 Nokia 5.1 Plus 7 Nokia 5.1 Plus 12 Nokia 5.1 Plus

Spesifikasi

Seperti yang kami informasikan di awal, spesifikasi Nokia 5.1 Plus memang terbilang paling menarik dibanding line up Nokia yang lain. Dimana smartphone ini telah dibekali layar 5,8 inci IPS beresolusi HD+ 1520x720p. SoC yang digunakan pada smartphone ini adalah MediaTek Helio P60 dengan clock speed sedikit diturunkan menjadi 1.8GHz (Octa-core 4×1.8 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53 + GPU Mali-G72 MP3). Tampaknya Nokia ingin mengejar efisiensi daya untuk produknya yang satu ini. Padahal kita ketahui Helio P60 sebenernya mampu bersaing dengan SoC sekelas Snapdragon 660.

CPUZ

Nokia 5.1 Plus dibekali dengan kamera utama dual sensor, 13 MP F/2.0 + 5MP. Sedangkan untuk kamera depannya dibekali sensor 8MP. Untuk perangkat yang kami uji memiliki kapasitas RAM 3GB dan internal storage 32GB. Perangkat ini ditenagai baterai dengan kapasitas yang tidak terlalu besar yaitu 3060mAh. Bahkan terbilang kecil dibandingkan dengan kebanyakan smarpthone saat ini. Namun Nokia tetap menjanjikan daya tahan baterai yang baik meski dengan kapasitas yang tidak terlalu besar tersebut.

Nokia 5.1 Plus juga mengandalkan sistem operasi Android One dengan basis Android Pie 9.0. Dengan sistem operasi asli dari Google, Nokia menjanjikan keamanan lebih dengan adanya patch security yang update lebih awal. Selain itu terdapat fitur unggulan seperti Google Assistant dan Google Lens, dan juga penyimpanan lebih besar lewat Google Photos yang semuanya sudah terpasang secara pre-installed.\

OSAndroidOne

Untuk sensor, cukup lengkap dimana Nokia 5.1 Plus menyediakan sensor seperti Accelerometer, Ambience Light, Compass, Proximity hingga Gyroscope. Untuk konektivitas, perangkat ini mendukung jaringan selular 4GLTE dengan dual SIM yang tersedia secara hybrid, jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac hingga FMRadio. Namun sayangnya untuk konektivitas NFC yang belum tersedia di produk yang satu ini. Sementara untuk sistem keamanan, tersedia sensor fingerprint, namun belum tersedia face unlocked. Untuk sensor fingerprint smartphone ini bisa dibilang sangat responsive, dan juga memiliki akurasi yang tinggi. Bahkan setup pertama fingerprint bisa dilakukan hanya sekitar 5 kali sentuhan.

Untuk sistem suara, speaker Nokia 5,1 plus bisa dibilang  memiliki suara yang sangat memuaskan. Untuk memutar audio, suara terdengar jernih dan juga memiliki equalizer yang terdengar seimbang. Tidak terdengar pecah bahkan saat volume yang tinggi. Selain itu untuk kebutuhan multimedia juga sudah dibekali dengan fitur Dolby Atmos, yang membuat suaranya terdengar lebih megah.

Pada paket penjualannya Nokia 5.1 Plus, dibekali dengan adaptor charger dengan output standar yaitu 5V/2A, kabel USB Type C, buku panduan dan kartu garansi, sim ejector, serta headset. Ketersediaan headset menjadi nilai lebih dari paket penjualan Nokia 5.1 Plus, meskipun aksesoris casing bawaan tidak tersedia dan menjadi kekurangan dari sisi paket penjualan.

10 Nokia 5.1 Plus
Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…