Hands-On Smartwatch: Fitbit Versa 2

Reading time:
September 30, 2019

Spesifikasi dan Penggunaan

Secara spesfikasi, Fitbit Versa 2 tampaknya dirancang sebagai smartwatch yang komplit dan memang ditujukan untuk para pengguna yang gemar berolahraga. Terlihat dari beberapa spesifikasi yang diusungnya seperti 3-axis accelerometer, sensor detak jantung, sensor SpO2 dan Altimeter. Semua spesifikasi tersebut tentunya ditujukan untuk membantu pengguna mengukur langkah atau lari, detak jantung, kadar oksigen dalam darah dan mengukur ketinggian. Menariknya, smartwatch ini telah dilengkapi pengaturan untuk latihan, seperti lari, bersepeda, berenang, treadmill, angkat beban dan senam lainnya. Terdapat stopwatch, baik hitung maju maupun mundur untuk bisa digunakan ketika berolahraga. Agar memudahkan penggunaannya, tentu saja pengguna harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Fitbit yang tersedia di Google Play Store atau iOS App Store. 

Untuk lebih memberikan kenyamanan saat digunakan, Fitbit menyertakan Spotify di dalam Fitbit Versa 2 ini. Pihak Fitbit tampaknya sangat mengerti akan kondisi bahwa biasanya para penggiat olahraga selalu ditemani musik saat berlatih. Untuk menghubungkan Spotify pada smartwatch ini, Anda harus memutar lagu di Spotify terlebih dahulu di smartphone. Lalu aktifkan Spotify pada smartphone (setelah login) dan Spotify di smartwatch pun akan otomatis melakukan sinkronisasi. Anda pun dapat melakukan pengaturan Next/Previous, Play dan juga mengganti album favorit melalui Fitbit Versa 2 ini.

 

Smartwatch ini juga turut dilengkapi dengan aplikasi bawaan Strava. Aplikasi ini sudah terpasang di dalam Fitbit Versa 2 dan harus dihubungkan terlebih dahulu ke aplikasi strava pada smartphone yang hendak menggunakannya. Sebagai tambahan lain, Fitbit Versa 2 ini tergolong memiliki konektvitias wireless yang lengkap, seperti Bluetooth, WiFi dan NFC. Maksimal jarak antara Fitbit Versa 2 dengan smartphone saat terhubung yaitu sekitar 10 meter. Tersedia pula microphone yang berada di sisi kanan smartwatch untuk menggunakan fitur Alexa dari Amazon yang sudah terintegrasi di dalam jam tangan pintar ini. Sayangnya layanan Alexa di Indonesia saat ini belum tersedia, sehingga kami tidak dapat mengujinya. Kehadiran fitur NFC pada Fitbit Versa 2 ini juga ditujukan untuk fitur Wallet atau Fitbit Pay untuk memudahkan pembayaran. Layanan Fitbit Pay sendiri dikatakan dapat dihubungkan ke kartu kredit jenis Visa atau MasterCard. Akan tetapi, layanan ini belum dapat diuji karena pihak Fitbit belum bekerjasama dengan pihak Bank di Indonesia.

Soal baterai, sayangnya Fitbit tidak menyebutkan berapa kapasitas yang dimiliki smartwatch ini. Sang produsen hanya menyebutkan bahwa baterai yang digunakan Fitbit Versa 2 ini tipe Lithium-polymer yang diklaim mampu memberikan daya hingga 5+ hari. Saat kami mengujinya, baterai pada smartwatch ini sanggup menyuplai daya hingga 7 hari pada penggunaan dan tingkat kecerahan layar normal dan terhubung ke smartphone.

Untuk melakukan pengaturan pengubahan tampilan jam pada Fitbit Versa 2 ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasinya di smartphone. Fitbit menyediakan beragam model menarik tampilan jam, ada yang tersedia secara gratis dan berbayar.

Load Comments

Reviews

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Uji Performa Seperti biasa pada review Infnix Note 8 ini,…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Hasil Uji Performa Untuk menguji performa dari Vivo Y20s, kami…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

Uji Performa Benchmark AnTuTu 7 AnTuTu 8 Geekbench 4 Geekbench…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Cara Pemasangan Adapun cara memasangkan smartphone di gimbal dapat dilakukan…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Pairing & Kontrol Melakukan pairing ke perangkat earphone TWS QCY…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Cara Pemasangan Adapun cara memasangkan smartphone di gimbal dapat dilakukan…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Pengujian Charger Baseus – Smartphone Dalam menguji seluruh charger Baseus…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Pairing & Kontrol Melakukan pairing ke perangkat earphone TWS QCY…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Pengalaman Penggunaan Sebelum membahas mengenai fitur-fitur kebugaran, kami akan membahas…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Pengalaman Penggunaan Pairing & Kontrol Untuk melakukan pairing terbilang mudah,…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Fitur Unggulan Galaxy Watch3 telah dilengkapi dengan dukungan Watch Faces…