Review Nokia 2.2: Cari Aman di Harga Rp. 1 Jutaan

Author
Irham
Reading time:
October 12, 2019

Tahun 2019, Nokia masih tetap berjuang untuk tetap eksis di tengah pasar smartphone tanah air yang kian ramai dengan beragam smartphone terbaru yang terbaru yang terus bermunculan. Nokia melalui produk terbarunya yaitu Nokia 2.2 hadir meramaikan pasar smartphone di kelas harga Rp. 1 jutaan.

1 Nokia 2.2

Hadir sebagai suksesor dari Nokia 2, Nokia 2.2 kembali mencoba menawarkan keunggulan dari sistem operasi yang simpel dengan mengusung OS Android One. Selain itu dengan Android One, Nokia juga menjanjikan sistem keamanan yang lebih baik dengan update security patch yang lebih cepat.

Namun apakah keunggulan tersebut akan mampu menarik hati konsumen di Indonesia. Apa ada keunggulan lain yang dimiliki oleh Nokia 2.2, simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Desain

Desain Nokia 2.2 masih dengan tampilan yang sederhana, dengan ukuran yang juga tidak begitu besar. Smartphone ini hadir dengan layar berukuran 5,71 inci HD+ dengan Meski bezelnya masih terlihat besar namun kini smartphone initelah menggunakan layar dengan rasio 19:9, dan juga nampak notch di bagian atasnya dan juga ear piece speaker. Pada notch tersebut terdapat selfie kamera atau kamera depan.

3 Nokia 2.2

Kali ini durabilitas dari perangkat smartphone Nokia 2.2 agak berkurang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang menggunakan material metal pada bagian frame. Nokia 2.2 hanya menggunakan material Polycarbonate pada keseluruhan body. Namun juga untuk material polycarbonate yang digunakan terbilang baik, dimana smartphone tetap terlihat kokoh.

4 Nokia 2.2

Nokia 2.2 juga mengusung kembali baterai yang dapat dilepas, yaitu dengan membuka backcase perangkat. Ini menjadi plus-minus untuk Nokia 2.2, karena dengan baterai yang dapat dilepas, pengguna dapat mudah menggantinya apa bila baterai sudah mengalami kerusakan. Disisi lain, desain baterai removable sudah ketinggalan jaman untuk tren smartphone saat ini.

12 Nokia 2.2

Untuk tombol dan slot, Nokia 2.2 memiliki tombol power dan volume di sisi bagian kanan. Sementara di sisi bagian kiri, terdapat tombol tambahan yaitu tombol untuk Google Assistant. Cukup unik, karena Nokia menambahkan tombol khusus untuk Google Assistant yang, apalagi di smartphone entry level seperti ini.

7 Nokia 2.2 8 Nokia 2.2

Di bagian atas terdapat lubang jack 3,5mm untuk audio, sedangkan dibagian bawah terdapat slot MicroUSB untuk transfer data dan juga pengisian daya serta microphone. Di balik cover bagian belakang, terdapat dua buah slot SIM Card, dan satu slot MicroSD.

6 Nokia 2.2 5 Nokia 2.2

Secara keseluruhan desain yang ditawarkan oleh Nokia 2.2 memang tidak terlalu “trendy” jika dibandingkan dengan beberapa smartphone terbaru saat ini. Namun untuk ergonomi, smartphone dengan layar yang kecil ini akan cocok ditangan pengguna yang juga memiliki telapak tangan tidak terlalu besar. Selain itu smartphone ini juga tidak terasa licin di tangan.

Spesifikasi

Selain mengusung layar 5,71 inci dengan resolusi HD+, Nokia 2.2 ditenagai dengan dapur pacu SoC MediaTek Helio A22 (4X 2.0 GHz Cortex-A53 + GPU PowerVR GE8320). Smartphone ini juga didukung dengan RAM yang kapasitasnya cukup besar yaitu 3GB. Sedangkan internal storage yang tersedia juga cukup besar yaitu 32 GB. Untuk penyimpanan eksternal pengguna bisa menambahkan hingga 256GB menggunakan MicroSD.

CPUZ

Untuk kebutuhan kamera, smartphone ini juga dibekali dengan kamera utama 13MP f/2.2 dan lampu LED Flash. Cukup disayangkan smartphone ini masih dibekali dengan single camera, disaat persaingan smartphone saat ini cukup ketat bahkan beberapa telah menghadirkan tiga hingga empat kamera. Sedangkan untuk kamera selfienya, smartphone ini dibekali dengan kamera 5MP F/2.2

11 Nokia 2.2 9 Nokia 2.2

Adapun kapasitas baterai yang tersedia, Nokia 2.2 dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Nokia 2.2 tentunya sudah mendukung jaringan 4GLTE di kedua slot SIMCard, serta konektivitas Wi-Fi b/g/n 2,4GHz dan Bluetooth 4.2. Andai saja smartphone ini memiliki konektivitas NFC seperti saudaranya yaitu Nokia 3.1 Plus, tentu akan menjadi daya tarik utama smartphone ini dikelas harganya yang berada di harga Rp. 1 jutaan.

Android One

Nokia bermain aman dengan menghadirkan OS Android One dengan basis Android 9 Pie. Android One pastinya akan lebih ringan untuk dijalankan, apalagi untuk smartphone dengan spesifikasi entry level seperti Nokia 2.2. Beberapa fitur yang tersedia di OS ini seperti Google Lens, Digital Wellbeing, Mutiple User, dan tentunya Google Asisstant.

Adapun untuk fitur keamannya, smartphone ini hanya dibekali dengan pemindai biometrik Face Recognition. Sayangnya lagi responsivitas pemindai wajah ini masih tergolong lamban, membutuhkan waktu lebih dari satu detik. Untuk sensor, sayangnya smartphone ini juga minim akan sensor. Hanya ada sensor Porximity, Ambience light, Pedometer dan Accelerometer. TIdak ada magnetik sensor dan juga Gyroscope. Tidak ada pula sensor fingerprint.

Pada paket penjualannya, smartphone Nokia 2.2 dibekali dengan paket dokumen, adaptor charger, kabel MicroUSB, baterai dan juga headset.

17 Nokia 2.2 14 Nokia 2.2 15 Nokia 2.2 13 Nokia 2.2 16 Nokia 2.2
Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…