Review Advan NASA: Smartphone Rp. 700 Ribuan, Buat Sosmed dan Chatingan!

Author
Irham
Reading time:
November 30, 2019

Awal bulan November lalu, Advan kembali meluncurkan produk smartphone terjangkau mereka di tanah air yaitu Advan NASA. Ditujukan untuk kalangan muda yang hobi bersosial media, Advan memberikan julukan pada produk barunya ini sebagai Sosial Media Hero.

Produk ini menyasar segmen pasar smartphone yang  minim persaingan, yaitu smartphone dengan harga dibawah Rp. 1 juta. Advan NASA hadir dengan badnerol harga yang cukup terjangkau yaitu Rp. 700 ribuan.

Simak ulasan lengkap kami untuk produk entry level murah besutan produsen lokal Advan berikut ini!

Desain

Advan NASA memiliki desain yang sangat sederhana, seperti awal kemunculan smartphone Android yaitu dengan rasio layar 16:9. Masih terlihat tebal bezel di bagian atas dan bawah, tidak seperti smarthone kekinian yang sudah menggunakan rasio layar berukuran 20:9.Pada bagian depan layar telah terpasang film pelindung, guna menjaga layar aman dari goresan secara langsung.

1 Advan NASA

Ukurannya juga tidak besar, smartphone ini memiliki layar berukuran 5,2 inci dengan resolusi 540×960. Material body yang digunakan tentu saja menggunakan bahan poly carbonate, dan masih mengusung desain dengan casing belakang dan baterai yang dapat dilepas. Secara presisi, bodynya memiliki ukuran 71.9x 145 x 8.5mm. Smarthone ini terasa ringan dalam genggaman.

2Advan NASA 3 Advan NASA

Warna yang kami uji yaitu Hijau dengan finsihing yang berkilau. Warna lainnya yang tersedia yaitu warna Biru dan Hitam. Di penampang bagian depan layar, selain layar berukuran 5,2 inci terdapat pula tombol yang terdapat di bezel bagian bawah. Sayangnya tombol ini tidak memiliki fungsi sebagai fingerprint, melainkan hanya tombol biasa yang berguna untuk fungsi home.

4 Advan NASA

 

6 Advan NASA

Di bagian belakang terdapat kamera 5MP yang terletak di tengah atas. Di bawah modul kamera terlihat logo Advan dengan posisi vertikal. Di bagian bawah kiri terdapat grill speaker yang menghadap ke penampang bagian belakang. Posisi ini sedikit kurang menguntungkan bagi pengguna, karena saat smartphone di letakan dengan layar menghadap keatas, bagian grill speaker akan tertutup sehingga suara akan terdengar pelan.

5 Advan NASA 7 Advan NASA

Untuk slot dan tombol, tombol power dan volume terdapat di sisi bagian kiri. Di sisi bagian atas terdapat slot MicroUSB dan juga lubang jack 3,5 mm. Sedangkan di sisi bagian bawah terdapat microphone. Untuk slot SIMCard dan microSD tentunya berada di bagian dalam body belakang perangkat. Tersedia dua slot SIMcard dengan tipe Micro dan slot microSD secara terpisah.

Spesifikasi

Smartphone dilengkapi dengan spesifikasi yang mungkin terbilang minim. Maklum, smartphone ini dipasarkan dengan harga kurang dari Rp. 1 juta dengan menjanjikan kinerja sekedar mampu mengakomodir kebutuhan komunikasi pengguna.

Advan NASA dibekali dengan SoC Spreadtrum SC9832E (Quad Core Cortex A53 1.4GHz GPU Mali T820). Untungnya kapasitas RAM dan storagenya cukup besar untuk harga yang ditawarkan yaitu RAM 2GB dan internal storage 16 GB.

AIDA 64 1

Untuk kebutuhan fotografi, smartphone ini dibekali dengan kamera utama 5MP yang juga dilengkapi dengan lampu LED flash. Sedangkan untuk kamera selfie, smartphone ini dibekali dengan kamera selfie.

9 Advan NASA

Kapasitas baterai yang tersedia untuk Advan NASA tidak begitu besar, yaitu 2450mAh. Namun mengingat smartphone ini juga hanya menggunakan layar 5,2 inci dan resolusi rendah, tentunya akan lebih efisien untuk kebutuhan daya. Sedangkan untuk pengisian dayanya, smartphone ini dibekali dengan charger 5V/1A.

Untuk keamanan, smartphone ini dibekali dengan FaceID. FaceID bekerja cukup responsif, namun sayangnya hanya saat berada di kondisi ruangan yang terang. Belum ada pula fitur fingerprint untuk Advan NASA.

Sedangkan untuk konektivitas, smartphone ini sudah mendukung jaringan selular 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth 4.2. Tersedia pula FM Radio untuk kebutuhan hiburan pengguna. Sedangkan untuk sensornya, hanya tersedia sensor accelerometer, Proximity dan ambience light. Belum ada sensor Gyro dan juga compass untuk bermain games ataupun pemetaan lokasi yang lebih akurat.

IDOS 9 Android Pie 9

Advan NASA berjalan menggunakan sistem operasi IDOS 9S12 dengan basis Android 9.0 Pie. Yang kami suka di IDOS versi terbaru ini, tidak banyak aplikasi bloatware yang memenuhi beranda dan mengurangi performa smartphone. Beberapa aplikasi yang tersedia secara pre-install hanya beberapa aplikasi Google dan aplikasi penting seperti Pesan, Telepon, Tools, dan Browser. Pengguna juga dapat menggunakan navigasi gesture sebagai pengganti tombol kapasitif pada layar.

Yang cukup mengaggumkan untuk smartphone ini juga ada pada speaker handset. Untuk harga Rp.700 ribuan, speaker pada perangkat tergolong baik. Tidak terdengar pecah atau sember seperti smartphone entry level pada umumnya. Kualitas speaker smartphone ini mungkin bisa dibandingkan dengan smartphone kelas harga Rp.2 3 jutaan lainnya.

10 Advan NASA

Pada paket penjualannya, smartphone ini dilengkapi dengan paket dokumen, jellu case, adaptor charger serta kabel microUSB.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…