Hands-On Smartwatch: Advan Start Go S1

Author
Friska
Reading time:
March 5, 2020

Aplikasi Penunjang (Android)

Untuk bisa menghubungkan perangkat wearable ini dengan perangkat mobile lainnya, membutuhkan satu aplikasi yang harus diinstalasi bernama “VeryFitPro”. Aplikasi yang bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store untuk pengguna Android ini memiliki standar aplikasi pembantu perangkat wearable atau smartwatch pada umumnya. Aplikasi bisa dihubungkan dengan mudah ke Advan Star Go S1 menggunakan konektkvitas Bluetooth. Setelah dihubungkan, pengguna bisa melakukan sinkronisasi dengan perangkat wearable, melihat berapa persen sisa baterai dari perangkat, hingga mengatur alert atau notifikasi yang ingin ditampilkan pada layar smartwatch.

Notifikasi yang bisa diperlihatkan oleh smartwatch melalui aplikasi ini terdiri dari mulai notifikasi panggilan telepon, pesan masuk, notifikasi dari ragam aplikasi chatting atau media sosial yang telah diatur lewat aplikasi, hingga pemberitahuan kapan pengguna smartwatch harus berdiri dari melakukan gerak tubuh karena sudah duduk terlalu lama. Cukup menariknya, jika smartphone Anda memiliki aplikasi musik misalnya Spotify, smartwatch bisa mendeteksi dan pengguna juga bisa mengatur secara langsung lewat smartwatch alih-alih terus-menerus mengecek dari smartphone ketika ingin mengganti lagu atau melakukan pause/play.

Data yang direkam oleh aplikasi ini dibagi dalam tiga tab terpisah, di mana tab pertama memperlihatkan aktivitas olahraga atau gerak dari pengguna, aktivitas tidur, serta aktivitas detak jantung. Data yang dijabarkan dalam masing-masing tab ini tergolong cukup lengkap, di mana pengguna bisa melihat data mulai dari jumlah langkah yang dilakukan setiap harinya, berapa jumlah kalori yang terbakar, jarak tempuh yang telah dicapai, berapa lama tidur nyenyak atau ringan, hingga rata-rata detak jantung yang dialami oleh pengguna sepanjang hari.

Secara keseluruhan, walau mungkin tidak memiliki UI yang menarik dibandingkan dengan aplikasi penunjang untuk smartwatch pada brand yang lebih premium, VeryFitPro untuk Advan Start Go S1 ini memiliki kinerja dan rekam data yang baik, ditambah sinkronisasi yang juga tidak sulit dan cukup akurat.

Kesimpulan

Dengan membawa nama Advan, Start Go S1 ini termasuk smartwatch yang berhasil menyita perhatian kami sebagai penguji. Dari segi desain, harus diakui bahwa hampir tidak ada perasaan orisinil yang didapatkan karena masih mirip dengan bentuk smartwatch persegi panjang dari brand lain seperti Apple Watch atau Fitbit Versa. Namun demikian, desain seperti ini yang justru akan lebih diminati oleh kaum Hawa karena bentuk dan diameter dari jam tangan yang tidak terlalu besar, sehingga terasa pas dipakai oleh wanita sekalipun. Pilihan warna strap juga lebih beragam dengan tiga pilihan warna, membuat smartwatch ini akan terasa lebih personal. Ketahanannya terhadap air juga termasuk jagoan, dipadukan dengan daya tahan baterai yang lama hingga lebih dari dua minggu waktu standby, membuat pengguna tidak perlu repot harus terus-menerus melakukan pengisian ulang. Agak disayangkan, Watch Face atau tampilan utama dari layarnya tidak memiliki variasi yang bisa dikustomisasi sendiri, walau ini artinya bahwa layar utama tidak akan memakan kapasitas baterai terlalu besar karena kesederhanaannya.

Sinkronisasi dengan aplikasi pendukung “VeryFitPro” juga lancar tanpa terasa adanya kendala ketika dioperasikan. Ada sedikit delay yang terasa ketika penguji mencoba mengontrol musik lewat smartwatch yang digunakan, tapi secara keseluruhan tidak ada masalah dalam penggunaannya. Notifikasi yang ditampilkan juga cepat masuk ke dalam smartwatch, hanya saja sayangnya layar utama dari smartwatch Start Go S1 ini tidak mampu menampilkan keseluruhan pesan sehingga ada bagian yang terpotong jika pesan masuk terlalu panjang. Tapi untuk sekedar memberitahu untuk kemudian diatur kembali lewat smartphone, notifikasi masuk di smartwatch ini bisa menjadi alat bantu yang baik.

Sebagai smartwatch yang digunakan sebagai alat bantu aktivitas gerak atau olahraga, hingga ikon untuk fashion, dibanderol harga Rp 600 ribuan, Advan Start Go S1 ini bisa menjadi alternatif para pengguna wearables dalam mencari sebuah smartwatch berfungsi lengkap yang memiliki daya tahan baterai panjang, serta memiliki ketahanan air hingga 50 meter yang baik.

Key Spec:

BrandAdvan Start Go S1
Layar1,3 inch 240×240 pixels
Strap Size240 x 16 x 11.0 mm
Baterai210mAh
Fitur– Dynamic Heart rate Monitoring
– 14 sports modes tracking (default 8 kinds: walking, running, cycling, treadmill, hiking, fitness, basketball, badminton; APP has six more options: tennis, soccer, climbing, spinning, yoga, dance)
– Women Health
– Music Control
– Breath Guide
– OS support iOS & Android
– IP5ATM
HargaRp 699.000,-
Load Comments

Reviews

February 15, 2021 - 0

Review Infinix Hot 10 Play: Baterainya Jagoan!

Uji Performa Untuk pengujian performa pada review Infinix Hot 10…
February 4, 2021 - 0

Review Oppo Reno5 5G: Smartphone 5G Termurah Saat Ini

Uji Performa Untuk pengujian performa pada review Oppo reno5 5G…
January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Uji Performa Untuk pengujian performa pada review Poco M3 ini, seperti biasa…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Pengujian Kamera Dengan kamera utama terdiri dari setup 4 kamera…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Pairing & Kontrol Melakukan pairing ke perangkat earphone TWS QCY…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Cara Pemasangan Adapun cara memasangkan smartphone di gimbal dapat dilakukan…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Pengujian Charger Baseus – Smartphone Dalam menguji seluruh charger Baseus…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Kualitas suara Perlu diingat, pengujian kualitas suara akan sangat subyektif,…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Casio G-Shock GA-900 Series: 6 Pilihan yang Kekar dan Industrial…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Pairing & Kontrol Melakukan pairing ke perangkat earphone TWS QCY…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Pengalaman Penggunaan Sebelum membahas mengenai fitur-fitur kebugaran, kami akan membahas…