Review ColorOS 7.2 di Oppo Reno4: Cantik Luar Dalam dan Kencang

Author
Friska
Reading time:
August 20, 2020

ColorOS 7.2 Berbasis Android 10, Making Kencang dan Ringan

ColorOS terbaru yang ada pada Oppo Reno4 kali ini memiliki intergrasi yang semakin banyak diterapkan dengan teknologi AI, misalnya seperti AI-enhanced Smart Sensor, AI App Preloading, serta beragam peningkatan AI dari segi kameranya.

ai smart sensor

AI-enchanced Smart Sensor ini sendiri merupakan fitur terkini yang dihadirkan pertama kali pada Oppo Reno4 untuk penjagaan privasi yang lebih baik. Misalnya seperti Anti Peeping, di mana ketika sensor mendeteksi adanya wajah selain penggunanya yang tengah melihat ke arah layar, sensor akan segera “menutup” isi notifikasi yang masuk sehingga tidak bisa terbaca oleh orang selain pengguna tersebut.

AI-enchanced Smart Sensor ini juga memiliki dukungan fitur Air Gesture, di mana memungkinkan pengguna untuk bisa mengontrol layar utamanya tanpa perlu menyentuh secara langsung. Dengan Air Gesture, pengguna hanya perlu menempatkan tangan di depan layar dengan jarak sekitar 20-40 cm untuk bisa menggunakannya. Adapun Air Gesture atau Control yang bisa dilakukan lewat Oppo Reno4 ini termasuk di antaranya Air Scrolling dan Air Answer. Aplikasi yang mendukung fitur Air Gesture ini memang masih terbatas, seperti TikTok, YouTube, Instagram dan Facebook, tetapi tidak menutup kemungkinan ke depannya akan semakin banyak aplikasi yang dapat mendukung fitur ini.

Selain itu, Smart Sensor ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur Smart Rotation, di mana fungsi ini secara otomatis akan memutar orientasi layar ponsel sesuai posisi wajah. Tidak ketinggalan juga terdapat Smart Always-on Display/Adaptive Sleep yang juga memungkinkan layar untuk tetap menyala dan tidak meredup otomatis ketika masih mendeteksi wajah penggunanya atau masih digunakan.

IMG 8746

Fitur lain yang dihadirkan untuk ColorOS 7.2 adalah Oppo Lab, di mana ini adalah sebuah platform untuk memungkinkan engineer Oppo dan developer untuk bekerja sama mengembangkan berbagai fitur inovatif untuk Oppo. Lewat Oppo Lab, pengguna bisa menguji coba beragam fitur-fitur yang belum resmi diluncurkan dan masih dalam status pengembangan, sehingga para pengguna bisa memberikan feedback terhadap fitur-fitur yang berada dalam status pengembangan lebih lanjut tersebut.

Hal lain yang juga dihadirkan pada ColorOS 7.2 ini adalah Gravity Wallpaper. Dengan menggunakan Gravity Wallpaper, maka wallpaper yang dipasang pada Oppo Reno4 ini bisa mengikuti pergerakan penggunanya secara lebih dinamis, sehingga tampilan Oppo Reno4 ini bisa menjadi lebih menarik. Selain itu, terdapat Artist Wallpaper Project di mana fitur ini menggabungkan kerja sama dari lebih dari 15 seniman di seluruh dunia untuk berkolaborasi menciptakan wallpaper yang unik dan bisa dipilih oleh para pengguna secara gratis.

charging time vid play 1

ColorOS 7.2 juga memiliki Super Power Saving Mode yang akan membuat manajemen daya tahan baterai pada Oppo Reno4 akan semakin lebih efisien dan tahan lebih lama. Mode ini akan memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan smartphone menjadi sangat simpel dengan layar hitam serta bisa mengatur akses cepat aplikasi hingga 6 buah aplikasi pada tampilan layar utamanya. Tak hanya itu, terdapat juga fitur Super Nighttime Standby yang memungkinkan perangkat untuk “belajar” pola tidur kita dan mengoptimalisasikan daya tahan baterai menjadi lebih efisien ketika ditinggal tidur.

hasil benchmark

Kemudian, terdapat fitur AI App Preloading yang memungkinkan perangkat untuk mempelajari aplikasi apa saja yang paling sering digunakan dan dibuka, untuk kemudian otomatis di-load di background sehingga membuka aplikasi tersebut menjadi lebih ringan dan cepat. Untuk fitur AI App Preloading ini, sayangnya hanya bisa maksimal 5 aplikasi yang bisa dikerjakan secara otomatis. Untuk memudahkan penggunaan one-hand, terdapat fitur Icon Pull Down Gesture di mana kumpulan icon pada layar utama akan “mengecil” di pojok kiri atau kanan bawah layar sehingga memudahkan penggunaan one-hand.

ColorOS 7.2 ini turut menghadirkan Quick Return Bubble yang akan berfungsi lebih maksimal pada gaming. Quick Return Bubble ini akan memberikan icon “melayang” pada layar, sehingga pengguna bisa melihat informasi misalnya waktu timer untuk matching pada PUBGM selanjutnya, sembari membuka aplikasi lain sambil menunggu waktu selesai. Ketika waktunya hampir tiba, pengguna bisa langsung menekan icon tersebut untuk kembali ke dalam aplikasi gaming tanpa harus loading awal lebih dulu.

Simak pembahasan lebih lengkap kami terkait ColorOS 7.2 pada Oppo Reno4 ini pada video berikut ini:

Load Comments

Reviews

June 24, 2022 - 0

Tes Kamera dan Preview POCO F4

Kalian masih ingat Poco F3? Sang pembunuh Flagship Killer tahun…
June 21, 2022 - 0

Review Infinix Note 12: Rp 2,8 Juta Dapat AMOLED, Storage 256GB, SoC Kencang, dan Desain Keren

Infinix Note Series, ini biasanya dikenal sebagai smartphone kelas menengah…
June 13, 2022 - 0

Review Infinix Note 12 VIP: Desain dan Fitur Premium dengan Charger 120W di Harga 3 Jutaan

Uji Performa Benchmark AnTuTu 8: 298821 AnTuTu 9: 353380 Geekbench…
June 9, 2022 - 0

Tes 11 Game Dengan Snapdragon 778G: Feat Samsung Galaxy A73 5G

Snapdragon 778G sudah sering kami uji. Akan tetapi, banyak yang…

Accessories

February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Penggunaan Pairing Untuk melakukan Pairing sebenarnya cukup mudah. Pengguna cukup…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Uji Performa Sebelum menguji menggunakan benchmark dan smartphone spesifik yang…
October 26, 2021 - 0

Review Vivo TWS 2 ANC & Vivo TWS 2e

Penggunaan Pairing Untuk melakukan Pairing caranya tergolong sederhana. Jika unit TWS…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…

Wearables

June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…