in: News | August 28, 2020 | by: Friska

(VIDEO) Membahas Teknologi 5G: Apa Untungnya Menggunakan 5G di Indonesia?

Dalam beberapa bulan belakangan ini, beragam brand smartphone mulai gencar mengeluarkan produk smartphone terbaru mereka yang sudah mendukung teknologi 5G. Realme juga termasuk salah satu yang turut menghadirkan perangkat mobile dengan dukungan 5G mereka secara resmi di Indonesia, dengan meluncurkan realme X50 Pro dengan Snapdragon 865.

Namun 5G sendiri itu apa, sih? Seperti apa kerja dan aktivitas di dunia ketika sudah menggunakan teknologi ini secara luas? Dan kenapa masih banyak dari sebagian masyarakat yang lebih skeptis dan masih pesimis dengan teknologi 5G ketimbang menerimanya dengan tangan terbuka?

Kali ini, kami dari Jagat Review akan membahas tentang 5G itu sendiri, serta apa manfaatnya untuk masyarakat terutama di Indonesia.

Teknologi 5G, Perjalanan yang Panjang

 

Perjalanan untuk bisa mencapai teknologi 5G memang sangat panjang. Mulai dari teknologi 1G sejak tahun 1980an, perkembangan teknologi terutama di bidang komunikasi suara secara mobile sudah berkembang sangat pesat hingga akhirnya di tahun 2010an, mayoritas dunia sudah bisa menikmati kecepatan 4G, dengan 5G sendiri akhirnya sudah mulai aktif secara publik di tahun 2020 ini untuk sejumlah wilayah dan negara tertentu.

Perkembangan teknologi seluler yang kemudian berekspansi menjadi broadband ini kemudian memberikan transformasi digital terhadap gaya hidup para masyarakat modern saat ini, seperti peralihan menonton televisi menjadi lebih memilih menonton video di YouTube secara online, atau bahkan belanja pun sekarang juga banyak yang memilih untuk mengakses e-commerce atau toko online.

Teknologi seluler generasi ke-5 ini sudah mulai meluas di setidaknya 30 lebih negara dalam waktu 6 bulan terakhir, yang tentu saja akan menawarkan kecepatan yang lebih tinggi ketimbang 4G.

Di Indonesia, sejumlah smartphone yang mendukung 5G sudah mulai bermunculan secara resmi, walau jarinagn 5G sendiri memang belum resmi hadir di Tanah Air hingga saat ini. Namun demikian, bukan hal yang tidak mungkin jika dalam beberapa waktu ke depan, Indonesia bisa turut menikmati kecepatan 5G tersebut, bukan? Sehingga tidak ada salahnya bagi para brand smartphone ini untuk mulai “start” lebih dulu untuk memberikan beragam perangkat yang dapat mendukungnya.

Salah satu perangkat 5G ready yang akan hadir di Indonesia adalah realme X50 Pro, di mana smartphone ini telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 fabrikasi 7nm, serta mengusung modem 5G di dalamnya. Tentunya, keberadaan smartphone ini akan penting ketika 5G sudah ada di Indonesia nantinya.

Keuntungan Jaringan 5G

Jaringan 5G tentunya akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G yang saat ini masih belum merata jaringannya di Indonesia. Tapi seberapa cepat dan apa keuntungannya ketika 5G sudah resmi bisa digunakan oleh masyarakat?

Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Latency rendah
2. Daya tampung jaringan lebih besar
3. Kecepatan transfer tinggi

Sehingga secara teoritis, hal-hal menyangkut hiburan seperti misalnya Cloud Gaming akan jauh lebih nyaman untuk digunakan. Selain itu, kendali jarak jauh seperti menggunakan Drone 5G juga akan lebih mudah digunakan, sementara misalnya dari segi medis, seorang dokter mungkin saja bisa melakukan operasi dengan kendali tangan robot jarak jauh tersebut tanpa ada hambatan lag apapun.

Tentu saja berbagai hal lain di beragam sektor pun akan lebih terbantu dengan keberadaan 5G ini, karena limitasi yang ada pada 5G berbeda dengan limitasi yang dapat digunakan dengan 4G sekarang ini. Untuk lebih lengkapnya, simak video pembahasan tentang 5G kami yang terbaru berikut ini:

: , ,

COMMENTS