Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Author
Irham
Reading time:
September 28, 2020

Pengalaman Penggunaan

Sebelum membahas mengenai fitur-fitur kebugaran, kami akan membahas salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Mi Smart Band 5 yaitu custom wallpaper. Sebenarnya fitur ini sudah tersedia sejak perangkat Mi Smart Band 3, dimana Pengguna bisa memilih sendiri wallpaper yang mereka inginkan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Mi Fit.

Review Mi Smart Band 5 - mi Fit

Seperti biasa, pengguna perlu memasangkan smartband ke smartphone dengan menggunakan koneksi bluetooth. Setelah itu instal aplikasi Mi Fit dan lakukan sinkronasi dengan perangkat. Untuk mengganti wallpaper, masuk ke menu “Store” lalu pilih opsi Custom yang ada di bagian atas. Ada beberapa tampilan jam dan notifikasi kebugaran yang bisa kita pilih sebelum memilih background wallpaper.

Setelah memilih tampilan, lalu tambahkan gambar background yang kalian suka dengan opsi yang ada di bagian bawah. Lalu kemudian lakukan kembali sinkronasi antara smart band dengan aplikasi Mi Fit pada smartphone, untuk mengubah tampilan wallpaper dan selesai.

Review Mi Smart Band 5

Selain itu, pada aplikasi Mi Fit kita juga melakukan pengaturan pada smartband. Salah satunya yang cukup penting yaitu fitur Wake Up, dimana pengguna hanya perlu mengangat pergelangan tangan untuk melihat info pada layar. Caranya yaitu masuk ke menu My Device, lalu piliha nama perangkat, dan klik opsi “Lift Wirst to View Info”.

Tracker

Untuk fitur tracker atau pelacakan, perangkat ini memiliki beberapa opsi baru diantaranya penambahan kategori Workout, Stress Level, dan Breathing. Smartband ini juga memiliki fitur aplikasi PAI, dimana pengguna bisa mengatur target-target dalam aktivitas kebugaran mereka.

Secara default fitur-fitur pelacakan yang tersedia ini diaktifkan secara manual, dimana pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan fungsi tracker sebelum memulai aktivitas. Misalnya untuk aktivitas workout, sebelum melakukan aktivitas bersepeda, pengguna harus membuka fitur dan memulai melakukan pelacakan.

Setelah aktivitas berakhir, pengguna juga harus menekan tombol end pada perangkat smartband. Namun pengguna bisa melakukan pelacakan secara otomatis, yaitu dengan mengaktifkan “Detect Activity” yang ada pada menu Settings. Dengan mengaktifkan fitur ini, smartband akan secara pintar mengenali aktivitas yang sedang dilakukan oleh pengguna.

Kami mencoba mode Workout>Walking, untuk menguji akurasi pelacakan perangkat ini. Kami membandingkan dengan smartband lain untuk mengetahui apakah jumlah pelacakan langkahnya cukup akurat.

Ternyata diantara kedua smartband yang kami gunakan menunjukan jumlah langkah yang masih relatif tak jauh berbeda. Hanya ketiga smartband ini memiliki perbedaan sekitar 100 langkah, dan Mi Smart Band 5 menampilkan angka yang ada di pertengahan.

Fitur Stress Level tampaknya cukup dibutuhkan oleh pengguna apalagi disaat melakukan aktivitas WFH seperti sekarang ini. Jangan sampai bekerja berlebihan hingga stress yang nantinya bisa mengurangi daya tahan tubuh. Dengan memanfaatkan fitur stress level, kita bisa mengetahui kapan kita perlu berisitrahat.

review Mi Smart Band 5
HR
review Mi Smart Band 5
Stress level

Fitur ini mirip dengan Heart Rate, yaitu pengguna cukup menekan tombol Stress Level dalam kondisi berdiam untuk mengijinkan smartband melakukan pemindaian level stress pada pengguna. Fitur ini juga memanfaatkan sensor HR untuk mengambil data sekitar 1-2 menit, yang nantinya menentukan apakah stress level pengguna sedang tinggi atau tidak. Sedikit berbeda dengan pengukuran Heart Rate, yaitu hanya pada durasi yang mungkin lebih lama.

Baca Juga: Mi TV Stick Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp 400 Ribuan

Selain Stress level, ada juga fitur Breathing, yang berfungsi untuk merelaksasi pengguna. Setelah mengetahui stress level, kita tentunya perlu melakukan sesuatu agar mengurangi stress level kit. melakukan pernafasan secara teratur selama beberapa detik, cukup efektif menurunkan stress level. Dengan fitur ini, pengguna akan diberi instruksi untuk melakukan pernapasan inhale dan exhale secara berulang selama beberapa kali.

Mi Smart Band telah mendukung sertifikasi ketahanan air 5 ATM sehingga kita tidak perlu khawatir saat menggunakannya untuk aktifitas sehari-hari seperti mandi mencuci tangan dan lain-lain, karena perangkat ini bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 50 meter.

Baterai

Daya tahan baterai yang ditawarkan terbilang cukup awet. Untuk pemakaian sehari-hari dimana smartphone terkoneksi dengan smartphone, smartband ini bisa bertahan sekitar 10 hari. Yaitu dengan rata-rata konsumsi baterai sekitar 10% per-hari saat pengujian review Mi Smart Band 5 ini.

review Mi Smart Band 5

Sementara untuk pemakaian tanpa terhubung smartphone, smartband ini bisa bertahan dengan masa pakai sekitar 20 hari. Untuk penggunaan dengan mengaktifkan pendeteksi aktivitas, smart band ini akan memiliki konsumsi baterai yang lebih banyak.

review Mi Smart Band 5

Sedangkan untuk pengisian dayanya, smartband ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk pengisian daya. Pengisian ini terbilang standar untuk perangkat wearable. Tentunya karena belum didukung dengan modul pengisian daya cepat, untuk perangkat-perangkat yang ukurannya yang kecil seperti ini. Pengisian daya menggunakan pin pogo magnetik.

Load Comments

Reviews

April 13, 2021 - 0

Review vivo X60 Pro: Performa Kencang, Kamera Keren!

Spesifikasi vivo X60 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia yang…
April 13, 2021 - 0

(VIDEO) Review realme 8 Pro: 108MP, Tipis, Ringan, Baterai Awet, Performa Kencang

Realme baru saja menghadirkan generasi terbaru dari lini angkanya, yaitu…
April 12, 2021 - 0

Benchmark Snapdragon 860: HP Murah Jadi Super Kencang

Bulan Maret 2021 kemarin, Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset kelas atas…
April 9, 2021 - 0

(VIDEO) Preview Video 4K60 vivo X60 Pro: Stabil dan Detail Tinggi

Vivo baru saja mengumumkan secara resmi kehadiran dari dua produk…

Accessories

April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 29, 2021 - 0

Review 1More Stylish BT Pro: Earphone Neckband, Suara Oke

Pengalaman Penggunaan Pemasangan/Pairing Untuk melakukan pemasangan atau pairing dengan perangkat…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Pairing & Kontrol Melakukan pairing ke perangkat earphone TWS QCY…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Cara Pemasangan Adapun cara memasangkan smartphone di gimbal dapat dilakukan…

Wearables

April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

Pengalaman Penggunaan Sebelum menggunakan smartwatch tentunya kita terlebih dahulu harus…
March 9, 2021 - 0

(Video) Review TWS Panasonic RZ-S500W / RZ-S300W

Di antara sekian banyak merk TWS, siapa menyangka jika nama…