Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Author
Irham
Reading time:
November 28, 2020

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini kami kedatangan produk lain yang masih dari seri Vivo V20 yaitu Vivo V20 SE. Produk ini adalah varian yang lebih terjangkau, namun tetap menawarkan desain yang istimewa.

Produk ini ditawarkan Vivo untuk pengguna yang mencari smartphone dengan desain stylish dan performa yang handal untuk beragam produktivitas pengguna. Apalagi untuk unit Vivo V20 SE yang kami review ini adalah varian warna baru yaitu Aqua Marine Green.

Penasaran dengan produk yang satu ini, langsung saja simak review Vivo V20 SE berikut ini.

Desain

Seperti seri Vivo V20 standar, perangkat ini juga menawarkan desain Sleek Magical Design, yaitu  bodi yang tipis dan juga ringan, serta memiliki ergonomi yang pas di genggaman tangan. Bodi bagian belakang memiliki kontur 3D Curvers dengan high quality material yang mendukung kenyamanan saat digunakan.

Review Vivo V20 SE

Adapun warna Aqua Marine Green ini terinspirasi dari warna laut yang membawa nuansa positif, sesuai tema “Color Your Day” dan “Beauty of Nature”. Opsi warna sebelumnya yang tersedia yaitu Gravity Black & Oxygen Blue. Tentunya ini menjadikan body bagian belakang perangkat Vivo V20 SE ini benar-benar terlihat berkelas.

Review Vivo V20 SE

Sedangkan untuk panel bagian depan, desainnya masih seperti pada smartphone kebanyakan yaitu dengan notch berbentuk waterdrop di bagian depan. Bezelnya terlihat tipis di sisi atas, kanan dan kiri, namun masih sedikit tebal di bagian bawah.

Untuk ukuran dimensinya yaitu 161 x 74.08 x 7.83 mm, dengan bobot sekitar 171 gram. Ini tentunya cukup tipis dan juga ringan di tangan.

Review Vivo V20 SE

Tombol dan slot yang tersedia, untuk Power tombol Volume Up/Down berada di sisi bagian kiri. Sementara untuk sisi atas, terdapat micrphone dan juga SIM Tray, dengan konfigurasi Non-hybrid yaitu 2 Nano SIM + Micro SD.

Sisi bagian kiri tampak kosong, sedangkan di bagian bawah terdapat jack Audio 3,5mm, Microphone, USB type C dan Speaker.

Pada paket penjualannya smartphone ini disertai dengan aksesoris diantaranya 33W FlashCharge, Kabel USB Type C, Headset, Soft case, SIM card ejector, dan Paket dokumen. Ada juga screen protector yang sudah terpasang di unit smartphone.

Spesifikasi

Spesifikasi yang ditawarkan oleh Vivo V20 SE terbilang cukup menarik, terutama untuk pengguna yang lebih mengutamakan tampilan, karena perangkat ini sudah dilengkapi dengan panel  berjenis AMOLED denan ukuran 6.44 inci dan resolusi FHD+ (2400 x 1080p).

Sementara tingkat cangkupan warna yang ditawarkan juga sudah tinggi yaitu Color Gamut P3/Color Saturation 103% NTSC. Layar ini masih dengan refresh rate 60Hz, dan juga dibekali dengan tekonologi Screen Touch ID.

Di bagian dapur pacunya, Vivo V20 SE mengandalkan SoC Snapdragon 665. SoC ini mengusung konfigurasi CPU Octa-Core (4x Kryo 260 Gold (turunan Cortex A73) 2.0 GHz + 4x Kryo 260 Silver (turunan Cortex A53) 1.8 GHz) dan GPU GPU Adreno 610. Snapdragon 665 juga memiliki ISP Spectra 165 dan DSP Hexagon 686.

Baca Juga: Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020? 

Kapasitas memori yang tersedia yaitu RAM 8 GB dan storage internal sebesar 128 GB. Dengan kapasitas memori RAM dan storage yang besar ini tentunya pengguna bisa melakukan multitasking dengan lancar serta menyimpan file foto dan video dengan ruang yang cukup luas. Pengguna masih bisa menambah media penyimpanan dengan slot MicroSD yang tersedia.

Untuk kamera, Vivo V20 SE memiliki kamera selfie 32 MP dengan aperture f/2.0 (Fixed Focus) yang mendukung perekaman video to 1080p30. Fitur-fitur yang tersedia seperti Super Night Selfie, Selfie Softlight Band, dan Professional Portait Mode.

Review Vivo V20 SE

Lalu di bagian belakang terdapat main camera 48 MP Rear Camera, f/1.8, Auto Focus, 8 MP Super Wide-Angle (120°, atau 108° tanpa distorsi) & Super Macro (Fokus dari jarak 2.5 cm) f/2.2, Auto Focus, serta 2 MP Depth Camera, f/2.4, Fixed Focus. Kamera ini dilengkapi dengan Rear Flash, dengan kemampuan perekaman video up to 4K30 atau 1080p60. Fitur-fitur yang tersedia diantaranya yaitu Pro Mode Ultra Stable Video, Video Face Beauty, dan AI Scene Recognition.

Kapasitas baterai yang tersedia mungkin tidak begitu besar yaitu 4100mAh, tentunya karena perangkat ini sendiri mengusung desain yang tipis, sehingga harus mengkompromikan kapasias baterainya. Sedangkan untuk pengisian dayanya, smartphone ini sudah didukung dengan adaptor charge 33W Flash Charge.Review Vivo V20 SE

Smartphone ini berjalan dengan basis sistem operasi FunTouch OS 11 (Android 10). Dengan antarmuka tersebut, smartphone ini memiliki beberapa fitur-fitur unggulan diantaranya.

  • Multi-Turbo: optimasi dari sisi software dan hardware untuk performa smartphone (AI Turbo, Net Turbo, Game Turbo, Cooling Turbo, Center Turbo, dan ART++ Turbo)
  • Ultra Game Mode: memaksimalkan performa hardware saat gaming dan mengurangi atau menghilangkan gangguan dari notifikasi, telepon, dll
  • Ear-Customized Sound Effect: menyesuaikan sound profile yang dipakai saat menggunakan headset dengan profile umum sesuai umur pengguna
  • Dynamic Effects: mengganti efek yang muncul di layar saat beberapa hal dilakukan, misalnya saat kabel USB terpasang, saat charging, fingerprint unlock, face unlock, dll.
  • Jovi Smart Scene: berbasis Jovi yang merupakan AI Assistant dari vivo, ada banyak fitur yang ditawarkan di Jovi Smart Scene ini, seperti reminder untuk minum air secara berkala, rata-rata waktu penggunaan, layar sudah menyala berapa lama, penggunaan terus-menerus sudah berapa lama, dll.

Di bagian konektivitas, perangkat ini dilengkapi dengan konektivitas 4G, Wi-Fi 2.4 GHz & 5 GHz, Bluetooth 5.0, Radio FM, dan juga NFC. Sensornya lengkap, ada accelerometer, ambient light sensor, proximity sensor, gyroscope, e-compass. Begitu pula dengan sistem keamanan biometrik yaitu Screen Touch ID dan Face Unlock.

Untuk beberapa fitur lain seperti Widevine untuk resolusi tinggi di Netflix, perangkat ini telah mendukung hingga resolusi FHD , namun belum mendukung untuk resolusi HDR. Begitu pula dengan YouTube, perangkat ini juga belum mendukung hingga HDR.

Menariknya, smartphone ini juga memiliki fitur wifi sharing, dimana kita bisa membagikan koneksi wi-fi yang terhubung ke smartphone, ke perangkat lainnya.

Load Comments

Reviews

July 15, 2024 - 0

Review Baseus Bowie E19: TWS Terjangkau, SUPERBASS KENCANG!

TWS Terjangkau ini tahan air IPX5, Fitting-nya mantep, baterainya awet,…
July 12, 2024 - 0

Preview Samsung Galaxy Z Flip6: Upgrade Signifikan! Smartphone Flip Terbaik 2024?

Selain Samsung Galaxy Z Fold6 yang diluncurkan dalam acara Samsung…
July 12, 2024 - 0

Samsung Galaxy Z Fold6: HP Lipat TERBAIK 2024?

Ya, Jagat Review lagi di Paris untuk membahas Samsung Galaxy…
July 5, 2024 - 0

Review POCO M6: Smartphone POCO Terlengkap dan Elegan di Harga Rp 2 JT!

POCO lagi-lagi datang dengan smartphone terjangkau dengan spesifikasi keren. Dengan…

Accessories

June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…