Tips Foto Produk Mudah, Pakai Samsung Galaxy A21s

Author
Irham
Reading time:
December 28, 2020

Dimasa pandemi saat ini, kecenderungan masyarakat untuk berbelanja online meningkat dengan sangat pesatnya. Tak hanya dari sisi konsumen, hal tersebut juga diiringi dengan meningkatnya jumlah produsen maupun penjual yang memasarkan produknya secara online.

Momentum ini tentunya menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan konten “jualan” mereka agar lebih menarik di mata konsumen. Namun seringkali konten jualan yang baik hanya bisa didapatkan menggunakan perangkat profesional yang mendukung, seperti kamera DSLR/mirroless dan lain sebagainya. Padahal dengan memanfaatkan kamera smartphone secara maksimal saja sebenarnya kita bisa membuat konten produk untuk jualan online dengan baik.

tips foto Produk dengan Galaxy A21s

Samsung menghadirkan Galaxy A21s terbaru, yang disebut memiliki tiga buah keunggulan yang menjawab kebutuhan tersebut. Spesifikasi yang ditawarkan cukup mumpuni yakni storage internal besar kini di 128 GB, RAM 6 GB yang juga tidak kalah besarnya, serta setup empat kamera yang terdiri dari 48MP F2.0, kamera Ultra-Wide 8MP F2.2, kamera Macro 2MP F2.4 dan Kamera Depth 2MP F2.4.

Belum lagi kapasitas baterai yang besar hingga 5000mAh, yang tentunya akan menunjang pemakaian seharian. Dengan semua keunggulan, Samsung Galaxy A21a tentunya dapat memberikan kemampuan serta hasil kualitas konten yang dibuat dengan lebih maksimal dan menarik untuk dilihat.

Nah berikut ini ada beberapa tips foto produk yang lebih maksimal hanya menggunakan smartphone Galaxy A21s, yang mungkin bisa kalian terapkan untuk produk jualan online kalian. Simak tipsnya berikut ini!

Cari Background yang Pas

Sebelum memulai untuk memotret produk menggunakan kamera smartphone, pastikan kamu memilih backround yang pas dan sesuai dengan produk tersebut. Usahakan pilih latar belakang yang polos dan tidak terlalu ramai dengan objek benda-benda sehingga tidak mengganggu fokus perhatian dari produk yang ingin kita ekspos.

Tips foto produk

Selain itu sesuaikan dengan warna dari produk yang ingin kita foto. Sesuaikan warna yang sama dengan produk yang kita foto, agar foto terlihat lebih tematik. Gunakan warna-warna netral seperti hitam atau putih, agar lebih memudahkan saat mengedit foto. Atau kalian juga bisa memilih background dari warna natural seperti kayu, rerumputan atau bebatuan.

Pencahayaan yang Baik

Dalam fotografi, pencahayaan yang baik tentunya sangat diwajibkan baik menggunakan perangkat kamera DSLR, smartphone atau kamera apapun. Dengan pencahayaan yang baik, tentunya gambar yang dihasilkan akan memiliki detail yang lebih baik dan juga jauh dari noise.Tips foto produk

 

Gunakan lampu foto studio untuk memastikan kamu mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Tentunya dengan lampu studio, kamu bisa mengatur kecerahan lampu sesuai yang dibutuhkan. Atau jika lampu studio masih terlalu menguras budget untuk membelinya, kamu bisa menggunakan studio mini yang saat ini juga banyak tersedia di pasaran.

Pencahyaan yang baik juga bisa kamu dapatkan dari cahaya matahari saat pagi atau sore hari. Jadi sebaiknya kamu melakukan foto di luar ruangan. Kamu tak perlu repot-repot menggunakan lampu foto untuk mendapatkan cahaya yang cukup. Namun pastikan arah bayangan yang jatuh tidak mengganggu tampilan foto produk.

Pakai Resolusi Tertinggi

Pastikan saat memotret produk kamu menggunakan resolusi tertinggi dari kamera smartphone kamu. Jangan gunakan zoom saat memotret karena akan mengurangi detail dari foto yang dihasilkan. Jika perlu memotret dengan tampilan yang lebih besar, cukup dekatkan kamera ke objek yang ingin difoto dan tetap dalam jangkauan fokus kamera.

Tips foto produk

Smartphone dengan resolusi kamera yang besar tentu akan lebih menguntungkan saat digunakan memotret karena akan mendapatkan detail yang lebih baik. Samsung Galaxy A21s memiliki kamera 48MP yang tentunya sangat cukup untuk kebutuhan foto produk kamu. Gunakan mode 48MP yang ada di Samsung Galaxy A21s saat memotret, sehingga hasil foto kamu akan memiliki detail yang lebih tinggi dan maksimal.

Tambahkan Properti Pendukung

Foto produk dengan background yang polos mungkin membuat foto kurang menarik. Kamu bisa menambahkan beberapa properti pendukung yang tentunya sesuai dengan produk kamu.

Tips foto produk

Misalnya saat foto makanan, kamu bisa menambahkan properti seperti alat-alat dapur di sekitarnya. Atau saat kamu memotret produk minuman, kamu bisa menambahkan beberapa properti seperti biji kopi, buah-buahan dan lain sebagainya. Ini tentunya juga akan membuat foto kamu terlihat lebih estetik.

Gunakan Pro Mode Jika Diperlukan

Jika kamu cukup berpengalaman menggunakan mode Pro di smartphone, kamu tentunya akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Salah satunya yaitu pengaturan White Balance, yang akan membuat warna pada foto kamu menjadi stabil dan tidak berubah-ubah.

Tips foto produk

Apalagi jika kamu memotret di luar ruangan yang mengandalkan sinar matahari yang tentunya dapat berubah-ubah sesuai cuaca. Dengan mengatur White Balance, kamu bisa mendapatkan temperatur warna yang stabil meskipun cahaya matahari berubah ubah.

Beberapa pengaturan lainnya yang tersedia pada Mode Pro di Samsung Galaxy A21s adalah pengaturan ISO dan juga Exposure. Sayangnya smartphone ini belum menyediakan pengaturan manual untuk shutter speed, semoga saja Samsung menghadirkannya pada pembaruan perangkat lunak di waktu mendatang.

Gunakan Tripod

Agar memudahkan kamu mengambil foto yang fokus dan tidak blur, sebaiknya kamu menggunakan tripod saat memotret. Dengan demikian smartphone kamu tidak mengalami guncangan saat memotret.

Tips foto produk

Ini juga memudahkan saat kamu ingin mengambil gambar dengan shutter speed dan iso yang lebih rendah. Dengan shutter speed rendah, tentunya perangkat smartphone yang kamu gunakan harus benar-benar dalam keadaan diam tanpa guncangan agar menghindari blur. Untuk itu, tripod sangat diperlukan saat memotret.

Edit Foto sesuai Kebutuhan

Setelah selesai memotret produk yang kamu inginkan, kamu bisa mengeditnya menggunakan aplikasi smartphone. Beberapa aplikasi yang cukup populer digunakan seperti Adobe Lightroom, PicsArt, Snapseed, dan banyak lagi.

Tips foto produk online shop

Pastikan kamu tidak terlalu banyak mengedit foto produk yang telah kamu ambil tadi. Selain akan membuatnya terlihat norak, wujud produk yang kamu foto akan berbeda dari aslinya jika teralu banyak mengalami editing. Jadi, cukup edit foto sesuai kebutuhan, seperti mengatur Brightness, Contrast, Highlight dan Shadow.

Ubah Nama File Foto Sebelum di Upload

Sebelum mengunggahnya ke e-commerce atau platform lain, pastikan kamu juga telah mengubah nama file foto produk tersebut, sesuai nama produk yang ingin kamu pasarkan . Ini akan memudahkan produk kamu untuk ditemukan pada kolom pencarian.

Selain itu jangan lupa juga mengisi deskripsi sesuai dengan produk yang ingin kamu pasarkan, agar pembeli lebih mudah mengetahui apa saja keunggulan dari produk kamu tersebut.

Hasil foto menggunakan kamera Samsung Galaxy A21s

Nah, itulah tadi tips mudah foto produk menggunakan kamera smartphone. Berbekal kamera mumpuni dengan sensor 48MP yang diusung Galaxy A21s, smartphone ini memang terbukti bisa diandalkan untuk kebutuhan pembuatan konten minimalis seperti foto produk. Jadi tak perlu lagi ragu untuk memulai konten jualan kamu sekarang juga.

Semoga tips foto produk ini bisa bermanfaat untuk kalian!

Load Comments

Reviews

January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 14, 2020 - 0

Review Smartphone Vivo Y51: Solusi Smartphone Serba Bisa!

Vivo baru saja meluncurkan salah satu produk terbarunya yang berada…
December 11, 2020 - 0

Review Mi 10T Pro: Murah, Tapi Beneran Flagship

Di pertengahan awal tahun 2020 lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…