Blibli Gelar Travel & UMKM Fest, Dukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Author
Irham
Reading time:
April 23, 2021

Dalam upaya mendukung bangkitnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air selama pandemi, Blibli menggelar program Blibli Travel & UMKM Fest. Lewat program ini Blibli berinovasi dengan menghimpun pelaku wisata dan ekonomi kreatif lokal di ekosistem berbasis teknologi Blibli. Langkah ini juga merupakan dukungan Blibli terhadap pemerintah melalui Kemenparekraf, yang juga tengah bergerak memulihkan pariwisata di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Blibli Travel & UMKM Fest

Program Blibli Travel & UMKM Fest yang berlangsung tanggal 16 hingga 30 April 2021. Sebanyak lebih dari 90.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif berpartisipasi dalam program ini, termasuk asosiasi dan seller di bidang perjalanan wisata, perhotelan dan desa wisata untuk menghadirkan berbagai destinasi dan paket wisata menarik bagi pelanggan.

Baca Juga: Blibli Kolaborasi dengan Jangkau, Untuk Kemudahaan Berdonasi

 “Saat ini pemerintah tengah melakukan berbagai strategi untuk mendorong kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, diantaranya melalui program Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja dan Bangga Buatan Indonesia, dimana kolaborasi antar pihak sangat dibutuhkan, termasuk dari platform e-commerce seperti Blibli yang dapat mengakselerasi transformasi digital Indonesia,” tegas Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

CEO Blibli, Kusumo Martanto menjelaskan bahwa sejak awal pandemi, Blibli telah bergerak cepat untuk mendukung pemerintah dan asosiasi pariwisata melalui transformasi digital bersama para pelaku wisata dan UMKM yang ada di ekosistem Blibli.

‘’Kolaborasi kami dengan asosiasi dan seller pariwisata serta ekonomi kreatif, telah membantu kami untuk mengkurasi pilihan destinasi wisata dan paket wisata yang menarik serta aman bagi pelanggan. Melalui Blibli Travel & UMKM Fest ini pun kami berharap para pelaku di industri pariwisata dan ekonomi kreatif dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi demi  menjangkau pasar pelanggan yang lebih luas, yang juga sesuai dengan transformasi digital yang pemerintah inginkan terjadi di setiap industri untuk mengantisipasi Revolusi Industri 4.0, ” ujarnya.

Blibli Travel & UMKM Fest

Di tengah pandemi, Blibli menyaksikan bahwa semakin banyak pemain industri tour and travel berpindah ke platform online. Membandingkan performa  kuartal 1 2021 dengan periode sama di 2020, jumlah seller meningkat sebesar 50% yang menunjukkan bahwa pemain tour and travel banyak berekspansi ke kanal e-commerce untuk menjangkau pasar. Masuknya para seller baru ini mendongkrak jumlah produk wisata meningkat sebesar 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Produk wisata yang ditawarkan pun menjadi variatif, seperti Virtual Tour hingga Kupon Perjalanan.

Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku di industri pariwisata yang menyadari pentingnya transformasi digital untuk bertahan di tengah pandemi. Blibli pun turut memberikan wadah bagi para pelaku di industri pariwisata serta ekonomi kreatif lokal dengan hadirnya kategori Galeri Indonesia, di mana kategori ini juga mengalami pertumbuhan 7 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Ini Harga Vivo X60 dan X60 Pro 

“Program ini juga menjadi wadah kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan asosiasi pariwisata seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia, Astindo dan Asosiasi Experiential Learning Indonesia, AELI, serta industri perhotelan yang tergabung dalam jaringan hotel mancanegara dan hotel seperti TAUZIA Hotels yang menyediakan opsi staycation dengan jaminan penerapan sertifikasi CHSE,” Ujar  Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital, Automotive & Travel Category, Blibli.

Lay juga menyorot paket experiential tourism yang turut hadir di program Blibli Travel & UMKM Fest, yang disediakan oleh sejumlah pelaku UMKM di berbagai desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. “Paket wisata seperti ini menjadi kesempatan bagi UMKM yang ada di daerah wisata untuk tetap mengeksplorasi berbagai bentuk produk wisata lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kegemaran pelanggan,” tutup Lay.

Untuk menambah keseruan pelanggan di program Blibli Travel & UMKM Fest, diadakan pula rangkaian promo spesial seperti Flash Deals, exclusive Brand Deals hingga oleh-oleh khas lokal yang telah dikurasi. Untuk memperoleh informasi lebih detil tentang Blibli Travel & UMKM Fest dapat membuka tautan sebagai berikut Blibli.com/trvumkm-fest

Load Comments

Reviews

April 9, 2024 - 0

Review Samsung Galaxy A35 5G: Tampilan Premium, Fitur di-Upgrade

Smartphone ini hadir dengan desain yang premium! Layar Super AMOLED…
April 6, 2024 - 0

Review Suunto Race untuk Olahraga dan Pengguna Awam

Saya berasa dikerjain sama Suunto nih! Jam tangan sport ini…
April 2, 2024 - 0

Review itel RS4: HP 1 Jutaan Gaming KENCANG & LENGKAP

Lagi-lagi, itel membawa kejutan yang luar biasa! Yang satu ini…
March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…