Review Xiaomi Mi 11 Lite: Cantik! Paling Tipis dan Ringan

Author
Irham
Reading time:
June 22, 2021

Xiaomi telah meluncurkan perangkat Mi 11 Lite di tanah air, dimana perangkat ini menyasar segmen yang cukup concern dengan perpaduan antara teknologi dan lifestyle. Mi 11 Lite juga telah hadir di meja pengujian Jagat Review untuk kami merasakan langsung, pengalaman berbeda yang ditawarkannya sebagai smartphone kelas menengah yang memiliki tampilan premium.

review Mi 11 Lite

Mi 11 Lite menghadirkan smartphone kelas flagship paling tipis di Indonesia yang memadukan desain menawan dengan teknologi yang memukau. Dengan ketebalan hanya 6.81mm dan berat 157g, perangkat ini hadir dengan konfigurasi layar 6.55” Flat AMOLED DotDisplay, prosesor Qualcomm® Snapdragon 732G, dual speaker bersertifikasi Hi-Res Audio dan Hi-Res Audio Wireless, baterai besar 4.250mAh yang mendukung 33W fast-charging serta kamera utama 64 MP yang tersusun dalam sistem triple camera.

Nah, untuk kalian yang sudah penasaran dengan smartphone cantik nan powerful yang satu ini, simak review Mi 11 Lite berikut ini.

Isi Box

Di dalam box penjualan Xiaomi Mi 11 Lite, terdapat berbagai kelengkapan diantaranya:

  • Unit
  • Screen Protector sudah terpasang
  • Charger 33 W
  • Kabel USB-C, dengan aksen Orange di bagian portnya.
  • Clear case, uniknya case ini ada penutup Port USB-C nya.
  • Dokumen
  • Sim Ejector
  • Kartu ucapan terima kasih dari Alvin Tse (Country Director Xiaomi Indonesia)

Desain

Mi 11 Lite hadir sebagai produk yang menggabungkan teknologi dan fashion secara bersamaan. Meski hadir di kelas menengah, namun desain yang ditawarkan perangkat ini bisa dibilang masih membawa unsur premium dari line-up Flagshipnya, yaitu Mi 11 yang membuatnya terlihat berkelas dan elegan.

review Mi 11 Lite

Dari tampilan luarnya, Mi 11 Lite pun terkesan sangat Stylish dan keren, terutama yang warna yang kami review yang ini,  yaitu Peach Pink. Pilihan warna lain yang ditawarkan yaitu Bubblegum Blue dan Boba Black.

review Mi 11 Lite

Tidak hanya terlihat cantik, perangkat ini juga memiliki durabilitas yang cukup tinggi dimana pada pada permukaan layar telah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Sementara untuk bagian Back Cover, menggunakan kaca anti glare yang membuatnya semakin glamour. Untuk material Frame menggunakan polikarbonat.

review Mi 11 Lite

Mi 11 Lite juga menjadi smartphone yang paling tipis dan ringan yang pernah kami review di tahun 2021 ini. Dimensinya yaitu 160,53mm x 75,73mm x 6,81mm, dengan bobot hanya 157 gram. Xiaomi juga menegaskan kalau perangkat Mi 11 Lite cocok buat para pengguna wanita, yang membutuhkan perangkat yang ringan dan ramping, serta mudah digenggam oleh tangan mereka.

Untuk tombol dan port, Mi 11 Lite memiliki diantaranya:

Sisi-Sisi

  • Sisi Kanan: Arc Side Fingerprint Sensor + Power Button (jadi satu), Tombol volume up/down.
  • Sisi Atas: Infrared Blaster, Mic
  • Sisi Kiri: kosong
  • Sisi Bawah: Slot SIM-Card Hybrid, harus pilih mau Dual SIM atau Single SIM + 1 MicroSD, Mic, Port USB-C, Grill Speaker Stereo bagian bawah.
  • Sisi Belakang: Triple Camera, LED Flash
  • Sisi Layar: Kamera Selfie, Grill Speaker Stereo bagian bezel atas.

Bezel layar terbilang tipis dan nyaris simetris. Walaupun bodi setipis ini Xiaomi masih bisa menyematkan Stereo Speaker, yang kualitasnya terbilang cukup bagus, meskipun tidak terlalu istimewa.

Dan disini juga tidak ada headphone jack, hal ini bisa dimaklumi karena ketebalan smartphone ini tidak memungkinkan untuk itu, tapi paling tidak Xiaomi telah menyertakan adapternya pada paket penjualannya. Untuk sertifikasi tahan air dan debu (IP53 atau diatasnya), sayangnya Mi 11 Lite belum menyediakan itu.

review Mi 11 Lite

Begitu pula untuk LED Notif-nya tidak ada, tapi ada alternatif yang disediakan xiaomi dengan menggunakan layar. Bicara soal layar, perangkat ini menggunakan  panel 6.55 inci AMOLED DotDisplay dengan Resolusi: FHD+ (2400×1080 px). Layar ini juga memiliki Refresh Rate up to 90 Hz dengan Touch Sampling Rate 240 Hz, serta didukung Color gamut DCI-P3 dengan kedalaman warna 10 bit, dengan akurasi warna Delta E +- 0.55.

Tingkat kecerahannya yaitu up to 800nits, dengan dilengkapi 360° ambient light sensor. Karena menggunakan panel AMOLED, tentunya dia juga bisa Always On Display. Yang agak disayangkan, AoD disini dilimit menjadi 10 detik saja.

Spesifikasi

Xiaomi Mi 11 Lite ditenagai dengan SoC Snapdragon 732G (8 nm), yang tentunya juga sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan pengguna di segmen kelas menengah ini. Baik performa untuk keseharian, multitasking dan bermain game, cukup dapat diijalankan dengan optimal menggunakan SoC ini tanpa hambatan. Apalagi diatas kertas, SoC ini memiliki performa yang lebih baik dibanding Snapdragon 730G maupun 720G yang saat ini juga masih banyak digunakan di smartphone kelas menengah.

review Mi 11 Lite

SoC tersebut dipasangkan dengan RAM LPDDR4X serta UFS 2.2. Untuk unit yang kami review yaitu dengan konfigurasi 8GB/128GB, disamping varian lain yang tersedia yaitu  6 GB / 64 GB, 6 GB / 128 GB.

Kapasitas baterai yang ditawarkan yaitu 4250 mAh, dimana Xiaomi membekali Mi 11 Lite dengan adaptor pengisian daya cepat yaitu 33W Fast Charging. Sehingga pengguna tetap mendapatkan pengalaman smartphone kelas atas secara langsung, tanpa perlu lagi membeli adaptor fast charger secara terpisah.

review Mi 11 Lite

Untuk kamera, Mi 11 Lite menggunakan konfigurasi Triple camera dengan sensor utama yaitu 64 MP, f/1.79, Lensa 6P, Ultra Wide 8 MP, FoV 119°, f/2/2, serta Telemacro 5MP, f/2.4, Auto Focus 3-7cm. Kualitas perekaman untuk Main camera  yaitu  up to 4k 30 FPS, dan Ultra Wide/Macro up to 1080p 30 FPS. Sementara untuk kamera selfienya menggunakan sensor 16 MP, f/2.45, video up to 1080p 60 FPS.

Baca Juga: Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

review Mi 11 Lite

Untuk OSnya menggunakan basis Android 11, dengan antar muka MIUI 12.0.8.0. Saat pertama kali dinyalakan kita akan ditawarkan untuk install aplikasi-aplikasi yang ditawarkan oleh Xiaomi, ukurannya juga lumayan besar, jadi sebaiknya pengguna jangan terburu-buru saat menyiapkan smartphone di setup awal. Pastikan dulu kalian hanya menginstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Iklan? Sejauh ini belum terlihat, mungkin juga karena kami tidak menginstal banyak aplikasi saat awal setup.

review Mi 11 Lite

Di sisi sensor juga lengkap, mulai dari Proximity sensor, Ambient light sensor, Accelerometer , Gyroscope, Electronic compass, dan Linear motor. Lalu untuk konektivitasnya, perangkat ini masih menggunakan jaringan 4G, dan belum mendukung 5G untuk data selularnya. Sementara untuk WiFi menggunakan 2.4 / 5 Ghz, dan Bluetooth menggunakan versi 5.1. Oh iya, perangkat ini juga sudah menyediakan konektivitas NFC untuk berbagai keperluan pengguna.

Lalu di aspek keamanan, tersedia Side-mounted fingerprint dan Face Unlock untuk autentikasi biometrik pengguna.

Load Comments

Reviews

April 19, 2024 - 0

Review Huawei Band 9: Smartband Rasa Smartwatch dan Nyaman

Ini adalah Smartband terbaru dari Huawei di tahun 2024, yang…
April 9, 2024 - 0

Review Samsung Galaxy A35 5G: Tampilan Premium, Fitur di-Upgrade

Smartphone ini hadir dengan desain yang premium! Layar Super AMOLED…
April 6, 2024 - 0

Review Suunto Race untuk Olahraga dan Pengguna Awam

Saya berasa dikerjain sama Suunto nih! Jam tangan sport ini…
April 2, 2024 - 0

Review itel RS4: HP 1 Jutaan Gaming KENCANG & LENGKAP

Lagi-lagi, itel membawa kejutan yang luar biasa! Yang satu ini…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…