Review OPPO Reno6: Tipis, Ringan, Gaming Mulus, dan Kamera Mantap

Author
Irham
Reading time:
July 26, 2021

Kali ini kita telah kedatangan unit review OPPO Reno6, smartphone terbaru dari Reno series Oppo. OPPO hadir dengan Reno6 untuk mengisi pasar unik yang sebenarnya banyak peminatnya; yaitu Pengguna umum yang butuh smartphone dengan bodi tipis, ringan, penampilan keren, performa oke, dan kameranya bagus.

Review Oppo reno6

Smartphone ini menawarkan keseimbangan fitur dan kinerja, yang primer dibutuhkan oleh pengguna. Bukan sekadar kencang tapi berat atau bukan sekadar punya 5G tapi kehilangan banyak fitur kekinian.

Langsung saja kita simak review lengkap OPPO Reno6 berikut ini.

Paket penjualan

  • Unit smartphone
  • Screen Protector sudah terpasang
  • Charger 50W Flash Charge
  • Kabel USB Type C
  • Case
  • SIM card ejector
  • Paket dokumen

Desain

OPPO Reno6 hadir dengan desain Diamond Spectrum yang merupakan salah satu teknik pewarnaan yang dapat memproyeksikan jutaan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda.

Review Oppo reno6

Lima lapisan Diamond Spectrum pada OPPO Reno6 memiliki peranan berbeda, di antaranya lapisan reflektif yang dapat menghasilkan rangkaian warna layaknya pelangi, lapisan lensa fresnel yang dapat memproyeksikan spektrum warna beragam, atau lapisan akhir transparan yang dapat memperkuat berbagai refleksi warna pada lapisan sebelumnya.

Pewaranan ini membuat tampilan Reno6 terlihat elegan yang sangat tahan terhadap bekas sidik jari. Dua warna yang ditawarkan yaitu Aurora dan Stellar Black.

Untuk versi Aurora, memiliki dimensi 159.1 x 73.3 mm x 7.84mm. Sementara untuk Aurora Black memiliki ukuran 159.1 x 73.3 mm x 7.79mm. Bobotnya yaitu sebesar 173 gram.

Penempatan Port dan tombol, diantaranya yaitu:

  • Kanan: tombol power
  • Atas: mic
  • Kiri: SIM Tray Triple Slot, bisa Dual SIM + 1 MicroSD, tombol volume
  • Bawah: headphone jack, mic, port usb-c, speaker (Mono).

Oppo Reno6 mengusung layar dengan panel AMOLED berukuran 6,4 inci beresolusi 2400x1080FHD+, dengan rasio screen-to-body mencapai 91.7%. Layar ini memiliki punch hole untuk kamera selfie, dan memiliki rasio 20:9.

Review Oppo reno6

Untuk kebutuhan multimedia dan gaming, layar ini juga sudah cukup mumpuni, yaitu dengan refresh rate 90Hz, dan touch sampling rate 180Hz. Layar juga sudah memiliki sertifikasi SGS Eye Care Display, yang menjamin kenyamanan mata pengguna. Selain itu juga telah sertifikasi Netflix & Amazon Video HD Streaming.

OPPO Reno6 dilengkapi dengan 4 kamera utama yang diantaranya yaitu 64MP Main Camera F/1.7, 8MP 119° Wide Angle Camera F/2.2, 2MP Macro Camera (4cm) F/2.4 dan 2MP Mono Camera F/2.4. Sementar untuk kamera selfienya menggunakan sensor 44MP F/2.4.

Review Oppo reno6

Beragam fitur unggulan untuk kamera OPPO Reno6 diantaranya yaitu Bokeh Flare Video Portrait, AI Highlight Video, Portrait Beautification Video, Flash Snapshot, Ultra-Clear 108MP Image, dan AI Pallete.

Spesifikasi Dasar

Dari sisi dapur pacunya, perangkat ini mengandalkan SoC Snapdragon 720G yang dipasangkan dengan RAM berkapasitas 8GB serta storage 128GB. Akan tetapi, perangkat ini juga memiliki  teknologi RAM Expansion, yang memungkinkan smartphone untuk mengambil RAM tambahan dari storage RAM secara virtual.

Dengan spesifikasi tersebut, perangkat ini diklaim dapat memberikan performa yang maksimal, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk kebutuhan gaming pengguna.

Review Oppo reno6

Pengguna dapat menyesuaikan tiga tingkat ukuran ekspansi, yang berarti RAM 8GB OPPO Reno6 dapat dilengkapi dengan memori tambahan 2GB/3GB/5GB. Hal ini membuat Reno6 tetap berjalan dengan lancar dengan beberapa aplikasi yang berjalan bersamaan.

Review Oppo reno6

 

Sementara dari segi daya, dengan baterai 4310mAh dan pengisian daya cepat 50W, Reno6 dapat diisi hingga 100% dalam 45 menit, dan pengisian daya 5 menit akan memberi daya yang cukup untuk 3 jam pemutaran video berkelanjutan.

Baterai Reno6 dilengkapi fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby, dimana kedua fitur ini akan membantu memaksimalkan baterai terakhir ketika sangat dibutuhkan. Pengguna akan merasa aman ketika mengetahui masa pakai baterai terakhir dapat bertahan hingga menemukan tempat untuk mengisi daya.

Sensornya lengkap, mulai dari Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Light Sensor, dan Proximity Sensor. Perangkat ini berjalan menggunakan antar muka ColorOS 11.1, dengan sistem dasar Android 11.

Disamping itu, terdapat beberapa fitur menarik guna memaksimalkan pengalaman gaming pengguna. Tersedia di Color OS 11.1, fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Hyperboost 4.0, Fitur performance boost yang bekerja dengan teknologi AI Frame Adjustment untuk menjaga kestabilan frame rate saat ponsel mengalami panas pada mesin atau gangguan sinyal, sehingga pengguna tidak mengalami frame drop secara drastis hingga mengganggu pengoperasian.
  • Gaming Shortcut Mode, memungkinkan pengguna menjalankan game yang sering dimainkan secara instan tanpa harus menunggu loading screen, jadi si game akan dibiarkan terus aktif di background.
  • Bullet Screen Message memungkinkan pengguna melihat notifikasi dari aplikasi instant messaging saat in-game tanpa harus beralih aplikasi.
  • Game Focus Mode fitur yang menahan operasi aplikasi lain yang kemungkinan menghadang proses bermain, sehingga dapat membuat pengguna fokus ke sesi permainan.

Untuk konektivitasnya, perangkat ini masih menggunakan 4G, dengan dukungan Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5.0. Selain itu juga tersedia fitur NFC untuk kebutuhan modern saat ini.

OPPO Enco Air

Untuk urusan Audio dia sudah mendukung Dolby Atmos. Dan saat peluncuran Reno6, OPPO juga menghadirkan OPPO Enco Air, TWS terbaru dari OPPO.

Review OPPO Reno6

OPPO Enco Air menawarkan desain yang unik dengan penutup case/dock yang tampak transparan. Serta earpiece yang sangat ringan dengan bobot hanya 3,75 gram.

Dengan Crystal-Clear Vocal Quality | TWS OPPO Enco Air memiliki audio codec yang mendukung format AAC dan dilengkapi  dengan 12mm Dynamic Driver, yang berfungsi memperkuat detil suara dan menghasilkan bass yang lebih bertenaga. TWS ini juga punya AI Call Noise Reduction untuk meminimalisir suara bising atau lingkungan sekitar saat telpon.

Review Oppo reno6 34

Earpiece dari OPPO Enco Air mampu bertahan hingga 4 jam, namun case/dock-nya mampu bertahan untuk penggunaan/pengisian hingga total 24 jam dalam sekali charge.

Pengisian daya super efisien dari OPPO Enco Air memungkinkan pengisian case/dock selama 10 menit saja untuk penggunaan selama 8 jam. Oppo Enco Air juga telah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland High-Performance/Low Latency Certificate for True Wireless Earphones.

Load Comments

Reviews

September 23, 2021 - 0

Review Imou Ranger 2C: Dengan Sensor Pendeteksi Gerakan, Bisa Tanpa WiFi

Kali ini kami kembali kedatangan produk kamera monitoring dari Imou…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…
September 15, 2021 - 0

Video – Review Black Shark 4: Kencang, Minimalis

Akhirnya kami telah merampungkan pengujian review kami untuk produk smartphone…
September 14, 2021 - 0

Video – Review: Tecno Spark 7, Smartphone Harga Rp 1,3 Juta, Punya NFC

Setelah sebelumnya kami sempat melakukan review untuk produk Tecno Spark…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…