TikTok Prediksi Konsep Shoppertainment Mendominasi Periode Mega Sales

Author
Irham
Reading time:
July 23, 2021

TikTok, platform distribusi video singkat memprediksi konsep Shoppertainment atau belanja sambil mencari hiburan akan merajai tren pemasaran selama periode festival belanja atau Mega Sales. Tren ini hadir dari hasil insight tentang perilaku pengguna TikTok di Indonesia dalam berbelanja, khususnya selama masa tersebut. Insight dari TikTok ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi brand dan e-commerce untuk merangkul lebih banyak pelanggan selama periode Mega Sales, melalui platform video singkat.

Tiktok Shoppertainment Mega Sales

Periode Mega Sales tahun ini masih berlangsung di tengah kondisi pandemi dengan berbagai dampaknya. “Kondisi ini sangat menantang bagi para brand dan e-commerce untuk melihat kembali strategi yang selama ini mereka gunakan untuk menjangkau pelanggan. Strategi pemasaran di platform digital pun perlu menunjukkan bagaimana brand mengadaptasi perubahan tren, termasuk cara perilaku pelanggan mengkonsumsi konten digital,” kata Wiwy Sasongko, Executive Director, Retailer Vertical, NielsenIQ Indonesia.

Shoppertainment dan antusiasme belanja para pengguna TikTok

Prediksi tren Shoppertainment ini ditarik dari berbagai hasil survei terhadap ratusan pengguna TikTok di Indonesia yang berkaitan dengan perilaku belanja, termasuk bagaimana 1 dari 2 pengguna berbelanja sesuatu dan merasa terhibur dengan itu. Khusus menyambut Mega Sales, 78% dari responden tidak sabar menantikan periode ini tiba untuk mereka berbelanja, dan 66% sudah mulai melakukan perbandingan harga untuk produk incaran mereka, sebagai persiapan menuju Mega Sales.

Baca Juga: TikTok Gelar Program Pendidikan Gratis Bagi UKM dan IKM

Antusiasme pengguna TikTok terhadap periode Mega Sales tidak hanya berlaku untuk brand besar atau yang sudah dikenal, tapi juga bisa dimanfaatkan oleh brand baru. Sebanyak 80% responden merasa senang karena menemukan konten baru di TikTok, dan 78% dari responden justru membeli produk dari brand baru atau brand berbeda dari yang mereka sering gunakan. Bahkan 55% dari responden kerap melakukan pembelian spontan, meskipun sudah mempersiapkan daftar belanja.

Tiktok Shoppertainment Mega Sales

Interaksi kreatif antara brand dan pengguna TikTok juga terlihat dari sejumlah konten di tagar #RacunInTikTok dan #GaraGaraTikTok yang meraih total views lebih dari 3,5 miliar di TikTok. Jumlah tersebut memperlihatkan potensi konten TikTok sebagai cara baru bagi masyarakat untuk mencari rekomendasi berbelanja, sehingga brand bisa ditemukan oleh calon pelanggan di platform ini.

“Berangkat dari misi TikTok untuk membagikan kebahagiaan, secara alami, pengguna hadir di TikTok untuk mencari hiburan ataupun saling memberikan semangat – khususnya di masa seperti sekarang ini. Hal ini perlu diperhatikan oleh para brand agar tetap hadir di sisi konsumen di saat yang menantang ini melalui konten yang positif, informatif, serta menghibur – sesuai dengan ciri khas TikTok. Konsep Shoppertainment di TikTok hadir untuk memberikan kesempatan bagi para brand untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen,” kata Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia.

TikTok memungkinkan brand untuk lebih dekat dan terkoneksi dengan pengguna, sehingga periode Mega Sales menjadi lebih menyenangkan dan menghibur. Brand dapat melakukan pemasaran dengan konsep Shoppertainment di TikTok melalui berbagai fitur kreatif, seperti Branded Effects, Hashtag Challenges, dan Livestreams. Untuk informasi lebih lanjut dan mengetahu kabar terbaru mengenai TikTok Mega Sales, silahkan kunjungi: https://www.TikTokMegaSales.com.

Load Comments

Reviews

September 23, 2021 - 0

Review Imou Ranger 2C: Dengan Sensor Pendeteksi Gerakan, Bisa Tanpa WiFi

Kali ini kami kembali kedatangan produk kamera monitoring dari Imou…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…
September 15, 2021 - 0

Video – Review Black Shark 4: Kencang, Minimalis

Akhirnya kami telah merampungkan pengujian review kami untuk produk smartphone…
September 14, 2021 - 0

Video – Review: Tecno Spark 7, Smartphone Harga Rp 1,3 Juta, Punya NFC

Setelah sebelumnya kami sempat melakukan review untuk produk Tecno Spark…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…