realme resmi Luncurkan realme UI 3.0, Cek Daftar Smartphone yang Segera Dapat

Author
Irham
Reading time:
October 13, 2021

realme resmi meluncurkan  antarmuka smartphone terbarunya yaitu realme UI 3.0. Versi terbaru ini menghadirkan banyak fitur terbaru yang dikembangkan dari Android 12 dan meneruskan konsep produk Seamless Fun, dengan peningkatan dalam desain antarmuka, fluiditas, personalisasi, keamanan, dan sisi fungsionalitas. Tentunya, ini akan memberikan pengalaman baru bagi para realme Fans.

“realme UI 3.0 mengusung slogan ‘Seamless Fun’ yang menawarkan performa desain fluid spasial. Sebagai tech trendsetter, realme menyesuaikan kebutuhan anak muda dengan menciptakan versi UI terbaru ini. Mengolahnya secara mendalam, dan menyajikannya ke dalam fitur yang mendukung kreativitas, sosial dan produktivitas serta meningkatkan fitur keamanan yang dibutuhkan oleh anak muda di seluruh dunia,” ungkap Palson Yi selaku Direktur Marketing realme Indonesia.

Perubahan dan Fitur Baru di realme UI 3.0

Beberapa perubahan dan fitur baru yang hadir di realme UI 3.0 antara lain sebagai berikut:

realme UI 3.0

Desain Antarmuka Fluid Space

Berbeda dengan kakaknya, realme UI 2.0, desain realme UI 3.0 semakin ekspresif, layout yang lebih teratur, dan pengalaman antarmuka secara keseluruhan lebih fluid atau lancar. con antarmuka sepenuhnya semakin fresh dengan desain baru 3D. Garis outline tebal, dan tampilan semitransparan yang digunakan untuk memberikan kesan lebih muda. Dibandingkan realme UI 2.0, seluruh desain icon lebih hidup dan pilihan warna ditambahkan lebih banyak lagi sehingga cocok dengan beragam karakter anak muda.

Tidak hanya itu, realme UI 3.0 memilih layout yang memberikan kesan spasial untuk tampilan lebih luas agar terlihat tidak terlalu padat. Selain itu, ukuran font dan simbol serta kontras teks juga telah di-upgrade lebih dinamis untuk menghasilkan visual yang semakin nyaman dilihat oleh pengguna.

Personalisasi Tema Sesuai Keinginan dan Karakter Pengguna

realme UI selalu menawarkan banyak personalisasi, yang memberikan kebebasan para penggunanya untuk membuat pola always-on display (AOD) sesuai keinginan. Mulai dari ikon, latar belakang, font, dan elemen lainnya semuanya dapat disesuaikan agar sesuai dengan karakter pengguna.

realme UI 3.0 mendukung kustomisasi warna tema global, dimana pengguna dapat memilih salah satu warna favorit mereka sebagai warna tema AOD yang telah ditingkatkan. Pengguna juga dapat mengunggah foto mereka, dan menikmati desain AOD yang unik dan semakin personal.

Selain itu, realme UI 3.0 juga menyediakan berbagai Omoji yang bisa mengekspresikan banyak hal, seperti hantu, makanan, objek dari kehidupan sehari-hari, dan semua yang dapat mewakilkan mood pengguna. Dan realme UI 3.0 memiliki beberapa wallpaper dinamis yang anyar untuk perangkat tertentu, sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman visual baru.

Simak Juga: Video: Adu Performa! Poco F3 vs Poco X3 GT vs realme GT Master Edition • Jagat Gadget (jagatreview.com)

Fluiditas Atraktif dan Fungsionalitas yang Efisien

Menurut penelitian tim realme, sebagian besar pengguna merasa puas dengan pengalaman realme UI 2.0 yang lancar. Menariknya, pengalaman antarmuka telah ditingkatkan lebih lanjut di realme UI 3.0.

Teknologi AI Smooth Engine disematkan di realme UI 3.0, memberikan pengalaman lebih ringan serta cepat yang menambahkan kelancaran menyeluruh dan mengurangi konsumsi daya dalam pemakaian normal. Tingkat total penggunaan memori telah ditingkatkan, fragmentasi memori telah diminimalkan, dan berbagai program diluncurkan secara cerdas berkat kompresi memori AI dan penjadwalan sumber daya terpadu. Ini mengurangi penggunaan memori sebesar 30%, meningkatkan kinerja peluncuran aplikasi secara keseluruhan sebesar 10%, dan meningkatkan masa pakai baterai sebesar 12%.

Pada saat yang sama, animasi dioptimalkan dengan lebih baik dan semakin atraktif. Mesin animasi AI menentukan perubahan dinamis redaman untuk membatasi pergerakan dan kelengkungan objek. Efeknya mengikuti gerakan lebih “nyaman”. Dan dengan demikian, itu menjadi lebih fluid.

Floating Window 2.0 juga diusung ke realme UI 3.0, sehingga pengguna dapat membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan tanpa mengurangi produktivitas dan mendukung kegiatan anak muda yang serba cepat. Tampilan jendela lebih praktis dan nyaman dalam berbagai skenario komunikasi dan penggunaan, dimana pengguna bisa membalas pesan tanpa mengganggu aktivitas menonton video atau film favorit.

Fitur Keamanan yang Semakin Ditingkatkan

realme UI 3.0 memiliki fitur Subtitle Stitching baru yang memungkinkan pengguna berbagi gambar atau video favorit secara pribadi. Untuk berbagi momen kehidupan dengan aman, pengguna dapat menghapus informasi lokasi foto dan data fotografi, termasuk stempel waktu, model kamera, dan pengaturan. Lebih banyak batasan untuk izin aplikasi juga ditambahkan di realme UI 3.0. Dalam hal data lokasi, misalnya, lokasi non-spesifik digunakan untuk menjaga privasi lokasi.

Selanjutnya, representasi bergambar memungkinkan konsumen untuk memperhatikan aktivitas privasi aplikasi. Pengguna dapat melihat penggunaan izin aplikasi dalam grafik, daftar izin aplikasi, dan informasi terperinci tentang penggunaan aplikasi tertentu, yang memungkinkan untuk mengatur penggunaan privasi di semua aspek.

Daftar smartphone yang Segera Dapat Update realme UI 3.0

Seri realme GT secara otomatis mendapatkan sistem interface terbaru di bulan Oktober ini. Menyusul, secara bertahap realme UI 3.0 diuji coba serta disesuaikan di beberapa tipe smartphone keluaran realme sebelumnya. Jadi, pantau terus akun dan komunitas resmi realme untuk mendapatkan upgrade-nya.

realme UI 3.0

Berikut daftar smartphone realme yang mendapatkan upgrade realme UI 3.0 beserta jadwal peluncurannya :

Oktober 2021

  • realme GT

Desember 2021

  • realme GT Master Edition
  • realme 8 Pro

Q1, 2022

  • realme X50 Pro 5G
  • realme 7 Pro
  • realme 8
  • realme C25
  • realme C25s

Q2, 2022

  • realme X3 SuperZoom
  • realme 8 5G
Load Comments

Reviews

October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
October 7, 2021 - 0

(VIDEO) 20 Hal Penting Seputar Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G, untuk sebuah smartphone dengan layar…
October 5, 2021 - 0

Video: Menjawab 50 Pertanyaan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Setelah penggunaan sekitar satu bulan lamanya, akhirnya ini adalah rangkuman…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…