Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Author
Friska
Reading time:
October 29, 2021
huawei watch gt3 27

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch terbaru dari Huawei yang hadir dengan beragam peningkatan, dan jadi solusi masalah paling besar pada smartwatch: daya tahan baterai. Selain pemantau olahraga, Huawei Watch GT3 ini juga memiliki pemantau detak jantung, SpO2, kadar stress, suhu, hingga analisa tidur dan banyak lagi

Huawei Watch GT3 kini datang dengan HarmonyOS pertama di Indonesia, membuat interface-nya menjadi jauh lebih smooth dan juga beberapa fitur keren hadir di jam pintar dengan Harmony OS ini.

huawei watch gt3 5

Masih ingat pembahasan kami soal smartwatch sejati sebelumnya? Sebuah smartwatch sejati seharusnya bisa ditambahkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga, agar fungsinya juga bisa bertambah. Tentunya, fungsi dasarnya pun harus sudah lengkap. Nah, dengan digunakannya HarmonyOS pada Huawei Watch terbaru ini, bagi kami, Watch GT3 series ini sudah sah dan layak disebut smartwatch sejati.

Sinkronisasi dengan iOS dan Android

huawei watch gt3 7

Huawei Watch GT3 ini hadir dengan menggunakan HarmonyOS, tapi bukan berarti hanya terbatas untuk dihubungkan ke perangkat dengan OS yang sama. Smartwatch ini dengan mudah bisa dipasangkan ke Android lain maupun iPhone. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Huawei Health dari Appstore. Sementara, untuk Android, kami sangat menyarankan download Huawei AppGallery dari situs Huawei, dan download Huawei Health dari situ.

huawei watch gt3 8 huawei watch gt3 10

Tentu saja, pastikan Bluetooth smartphone diaktifkan karena konektivitas jam ini pelru terhubung melalui Bluetooth. Kalau bingung, tidak perlu khawatir. Di awal, smartwatch ini akan menunjukkan QR code, kita tinggal scan saja dan ikuti petunjuknya.

Desain Fisik: Klasik, Berkelas, Ringan

huawei watch gt3 14 huawei watch gt3 11

Huawei Watch GT3 datang dalam 2 ukuran, jadi mudah disesuaikan dengan preferensi kita. Versi 46mm datang dengan bezel khas Huawei GT series. Sementara yang 42mm polos minimalis. Dari sisi bodinya, keduanya bundar serta memiliki 1 rotating crown dan 1 tombol di sisi kanan. Keduanya menggunakan bahan metal, dengan layar AMOLED.  Resolusinya di atas 300PPI semua, perbedaannya hanya ada di ukuran layar.

huawei watch gt3 13 huawei watch gt3 15

Yang jelas, yang manapun yang dipilih, bobotnya sama-sama ringan. Baik versi 46mm maupun 42mm tersedia dalam varian dengan strap kulit dan strap karet. Dan info yang kami dapatkan, akan banyak tersedia berbagai strap di Huawei Experience Store. Mengganti strap-nya pun mudah sekali dengan adanya quick release.

huawei watch gt3 16

Sensor-sensornya pun super lengkap yang terdiri dari:

  • Accelerometer sensor
  • Gyroscope sensor
  • Geomagnetic sensor
  • Optical heart rate sensor
  • Air pressure sensor
  • Temperature sensor

Desain Software: Mulus Lancar dan Lengkap, dengan HarmonyOS

huawei watch gt3 4

Satu hal yang kami suka dengan digunakannya HarmonyOS adalah mulus lancarnya semua animasi dan transisi pada Watch GT3 ini. Mungkin ini efek RAM-nya yang sebesar 4GB. Seperti biasa, untuk Watchface, ada ribuan Watchface yang bisa dipilih penggunanya. Sementara untuk Always ON Display atau AOD, kini sudah memiliki desain yang adaptif dan ada banyak opsi lain, jadi tidak monoton seperti dulu.

Mendukung aplikasi pihak ketiga

huawei watch gt3 9

Smartwatch sejati, wajib bisa ditambahkan fiturnya dengan aplikasi pihak ketiga. Di dalam huawei health untuk Watch GT3 ini sudah ada tab aplikasi. Jadi kita bisa menambahkan aplikasi pihak ketiga dengan dukungan Huawei AppGallery.

Daya tahan baterai, ekstra lama

huawei watch gt3 18 huawei watch gt3 17

Dalam pengujian kami, penggunaan sehari-hari dengan AOD aktif dan notifikasi aktif, versi 46mm menghabiskan sekitar 15% daya per harinya.  Ini berarti bisa bertahan sekitar 6 harian dengan layar menampilkan jam terus dan notifikasi serta pemantauan kebugaran aktif.

Kami belum sempat mencoba dengan detail untuk versi 42mm, tapi mengingat Huawei menjanjikan 14 hari penggunaan untuk versi 46mm dan 7 hari penggunaan untuk versi 42mm, jika menggunakan pola penggunaan kami, seharusnya tipe 42mm akan bertahan sekitar 3-4 hari.

Hasil yang sangat baik, mengingat smartwatch sejati umumnya sulit sekali bertahan lebih dari 1,5 hari.

Daya tahan terhadap air

huawei watch gt3 19

Watch GT3 ini memiliki daya tahan terhadap air yang sangat baik, 5 ATM atau bisa bertahan hingga kedalaman air maksimum 50m. Dipakai berenang? Bisa. Dipakai snorkeling di laut pun bisa selama tidak digunakan untuk aktivitas menyelam ke dalam laut. Varian dengan strap karet akan lebih cocok kalau diajak main air.

Manajemen Kebugaran

huawei watch gt3 22

Dari sisi kebugaran, pemantauan smartwatch yang satu ini memperoleh banyak peningkatan selain kemampuan standarnya, seperti:

  • Pemantauan detak jantung yang akurat
  • SpO2 nonstop seharian
  • Stress monitoring
  • Step counter
  • pemantauan olahraga yang lebih dari 100 jenis latihan
  • pemantauan tidur yang sangat berguna sekali, terutama bagi kalian yang suka begadang
huawei watch gt3 20

Kini sensor detak jantung ditingkatkan ke TruSeen 5.0+ yang lebih akurat dan memantau lebih ketat.

Tapi yang tak kalah pentingnya, sekarang sudah ada fitur-fitur sebagai berikut:

huawei watch gt3 21
  • Personal AI running coach: Membuat latihan jadi lebih seru dan polanya bisa diatur secara custom. Bahkan bisa mengevaluasi hasil latihan kita dengan detail untuk membuat saran dan program latihan.
  • Dengan adanya GPS Dual band, 5 sistem, membuat jam ini bisa mendata posisi kita dengan baik saat berlari. Bahkan memungkinkan perekaman rute lari kita.

huawei watch gt3 24

  • Healthy Living: Memantau kebugaran dan Mengingatkan kita secara berkala untuk melakukan pola hidup sehat. Yang menarik, hasil pantauannya dipresentasikan secara lengkap, membuat kita bisa melakukan penyesuaian agar hidup bisa lebih sehat. 

Bisa Terima Panggilan Telepon

Sama seperti pendahulunya, Watch GT3 ini bisa dipakai untuk menerima telepon. Bahkan bisa langsung dari jam ini. Suara akan keluar dari smartphone dan kita bisa menjawab dengan mikrofonnya.

Bisa Tampilkan Petal Maps 

huawei watch gt3 23

Meski pada saat kami menguji belum bisa aktif, tapi dengan update, Huawei menjanjikan Petal Maps akan bisa berfungsi di Huawei Watch GT3. Jam ini bisa menampilkan navigasi dari petal maps yang terhubung dari smartphone. Jadi, kita ga perlu sering2 ngeluarin hape kalo lagi cari2 alamat.

Charging

huawei watch gt3 19

Pengisian baterai bisa dilakukan dengan wireless charging berbasis Qi. Jadi, selain dengan charger bawaan, kita bisa pakai wireless charger dan bahkan smartphone dengan reverse wireless charging.

Pendapat Kami tentang Huawei Watch GT3

Walau terlihat sempurna, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan jadi pertimbangan sebelum Anda membeli perangkat wearable pintar yang satu ini.

huawei watch gt3 3

Hal yang perlu diperhatikan:

  • Dukungan aplikasi pihak ketiga membuatnya jadi smartwatch sejati, melampaui jam kebugaran lain yang menyatakan diri smartwatch. Akan tetapi, memang aplikasi resmi yang bisa diinstalasikan masih belum sebanyak smartwatch sejati yang populer. Meski ini harusnya akan berubah seiring waktu, kami rasa ini tetap patut dipertimbangkan.
  • Belum ada cara untuk menjawab pesan langsung dari smartwatch.
  • Belum ada voice assistant saat ini, dengan harapan akan segera tersedia untuk Indonesia nantinya.
  • Belum punya konektivitas WiFi. Akan tetapi, kemungkinan ini juga yang membuatnya bisa sangat irit daya.

huawei watch gt3 6

Hal yang kami sukai:

  • Bisa menggunakan device Android dan IOS. Meski memang, fitur terlengkap akan hadir di Android, dan sedikit lebih lengkap lagi kalau dengan smartphone Huawei.
  • Daya tahan baterainya yang sangat baik. Dengan AOD aktif, Watch GT3 versi 46mm kami hanya turun sekitar 15% per hari.
  • Tahan air dan debu, hingga ke level yang membuatnya bisa digunakan di mana saja, kapan saja, untuk nyaris semua jenis kegiatan.
  • Penampilannya yang keren dan klasik. Tidak terlihat seperti kalkulator, membuatnya mudah masuk ke penampilan keseharian kita. Layarnya pun terlihat keren.
  • Sensor lengkap, bahkan sudah ada skin temperature sekarang.
  • Penggunaan HarmonyOS, hadirkan aplikasi pihak ketiga dan pengoperasian yang mulus-lancar.
  • Personal AI running coach dan healthy living membuat smartwatch ini cocok untuk memandu kebugaran penggunanya secara menyeluruh.
huawei watch gt3 1

Pada akhirnya, smartwatch berpenampilan mewah dan klasik ini memang memiliki keunikan khusus, terlebih karena sensor-sensor yang lengkap, HarmonyOS, daya tahannya terhadap air serta daya tahan baterainya. Highlight paling utama bagi kami ada di daya tahan baterainya. Sebuah smartwatch sejati yang canggih, kalau baterainya terlalu cepat habis, akan menyulitkan dalam penggunaan kesehariannya. Yang satu ini, untuk sebuah smartwatch sejati bersensor lengkap, terhitung sangat irit. 

Huawei Watch GT3 ini akan dibuka masa Pre Order mulai 8 November 2021 mendatang. Sembari menunggu waktunya rilis, simak video review kami yang lebih lengkap di bawah ini:

Load Comments

Reviews

December 1, 2022 - 0

Xiaomi 12T vs 20+ Game Pilihan Kalian: Sekencang Apa? Sestabil Apa?

Kali ini kita akan tes mainkan ga kurang dari 20…
November 28, 2022 - 0

Review TWS JBL Live Pro 2 dan JBL Reflect Aero: Suara Berkualitas, Fitur Kelas Atas, dan Tahan Air

Buat kalian yang sedang mencari TWS kelas atas yang cocok…
November 24, 2022 - 0

Review Xiaomi 12T: Premium Tapi Lebih Murah, Gaming Mantap

Ini adalah Xiaomi 12T, seri lebih terjangkau dari keluarga flagship…
November 22, 2022 - 0

Review POCO M5s: Fitur Lebih Lengkap di Harga 2 Jutaan

Awal bulan ini, Poco menghadirkan smartphone baru mereka, Poco M5.…

Accessories

October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…
February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…

Wearables

June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…