Momentum Ajang PON XX 2021, Layanan Telkomsel 5G Hadir di Papua

Author
Irham
Reading time:
October 6, 2021

Sebagai the first 5G operator di Indonesia, Telkomsel terus melanjutkan komitmen dalam memperluas edukasi serta akses pengalaman jaringan 5G secara bertahap dan terukur agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat hingga ke wilayah timur Indonesia. Meneruskan konsistensi dalam implementasi komitmen tersebut, Telkomsel menggelar jaringan 5G di Bumi Cendrawasih untuk pertama kalinya sekaligus untuk menghadirkan pengalamam digital teknologi terbaru dalam momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Selama perhelatan olahraga nasional tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital menggunakan jaringan 5G melalui gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Stadion Lukas Enembe, Papua.

5G Experience Center PON_7

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, “Mendukung gelaran PON XX Papua 2021, Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup menjadi operator telekomunikasi digital terdepan Indonesia pertama yang menghadirkan pengalaman konektivitas digital berteknologi jaringan broadband terdepan 5G untuk masyarakat Papua. Kami berharap, penerapan teknologi jaringan Telkomsel 5G dapat terus diakselerasikan secara terukur, bertahap, dan merata. PON XX Papua 2021 menjadi salah satu yang tepat untuk lebih memperkenalkan dan memberikan pengalaman akses konektivitas digital berteknologi terdepan 5G yang berdampak positif kepada masyarakat di kawasan Indonesia Timur, terutama Papua. Inisiatif ini menjadi bagian dari upaya memperkuat ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan dengan menghadirkan Trifecta Digital Telkomsel, sebagai penyedia Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services.”

Showcase 5G Telkomsel di Papua

Seperti diketahui, teknologi jaringan 5G dapat menghadirkan pengalaman akses broadband yang lebih prima dibandingkan generasi sebelumnya, di antaranya koneksi data lebih cepat untuk download dan streaming yang lebih lancar, tingkat latensi yang sangat rendah mampu membuat koneksi jadi lebih responsif, hingga menghubungkan lebih banyak perangkat tanpa menurunkan kualitas jaringan. Selama periode persiapan gelaran jaringan 5G di Papua, Telkomsel sendiri telah melakukan uji kecepatan jaringan 5G di Lukas Enembe, Jayapura, dan mencatatkan kecepatan download hingga 1Gbps dengan latensi 8ms.

Baca Juga: Uji Jaringan 5G Telkomsel, Layanan 5G Pertama di Indonesia • Jagat Gadget (jagatreview.com)

Telkomsel membawa pengalaman digital teknologi 5G dengan menggelar ‘Telkomsel 5G Experience Center’ di Stadion Lukas Enembe. Sejumlah use case yang didukung teknologi 5G juga telah disiapkan bagi masyarakat Papua dan para pengunjung yang ingin merasakan pengalaman digital terdepan berteknologi terkini, di antaranya 5G virtual reality (VR) live yang menghadirkan momen virtual kondisi secara langsung di dalam stadion, 5G VR based drone untuk melihat seluruh area stadion, dan 5G VR Tourism yang menyajikan konten edukasi kekayaan alam dan budaya Papua dengan pengalaman digital yang berbeda.

Telkomsel 5G Papua

Guna memaksimalkan pengalaman eksklusif teknologi 5G, pada showcase kali ini Telkomsel membuka kesempatan kepada para pelanggan yang ingin mengakses jaringan 5G secara langsung dari smartphone 5G-nya. Dalam kesempatan ini, Telkomsel juga memperkenalkan fitur self-provisioning layanan 5G yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Melalui fitur ini, pelanggan dapat mengkonfirmasi apakah perangkat, simcard, lokasinya sudah memungkinkan untuk mendapatkan akses jaringan dan layanan Telkomsel 5G. Dengan fitur ini, pelanggan juga dapat melakukan aktivasi/provisioning profil 5G untuk nomor ponselnya.

Untuk dapat menikmati jaringan dan layanan Telkomsel 5G secara maksimal, pelanggan harus memastikan nomor telah mengaktifkan layanan 5G, smartphone yang mendukung jaringan Telkomsel 5G, menggunakan SIM card lama dengan tipe USIM, dan berada di lokasi sudah tercakup jaringan 5G.

Simak Juga: Video: Daftar Smartphone utk 5G Telkomsel (Band n40, 5G 2300 Mhz) • Jagat Gadget (jagatreview.com)

“Dengan mengusung semangat #YangKitaBisa untuk mengakselerasikan kemajuan ekosistem digital di kawasan Indonesia Timur, termasuk Papua, Telkomsel terus berkomitmen membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi terdepan Telkomsel. Kami berharap, kehadiran pengalaman konektivitas digital melalui Telkomsel 5G ini dapat menjadi langkah awal dalam mendorong kemajuan yang lebih komprehensif bagi masyarakat Papua, sekaligus mendorong hadirnya kesempatan yang merata bagi seluruh masyarakat di bagian timur Indonesia mendapatkan akses pengalaman gaya hidup digital terdepan,” tutup Hendri.

Load Comments

Reviews

October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
October 7, 2021 - 0

(VIDEO) 20 Hal Penting Seputar Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G, untuk sebuah smartphone dengan layar…
October 5, 2021 - 0

Video: Menjawab 50 Pertanyaan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Setelah penggunaan sekitar satu bulan lamanya, akhirnya ini adalah rangkuman…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…