OPPO Pamer Air Glass, NPU MariSilicon X dan Prototipe Retractable Camera di INNO DAY 2021

Author
Irham
Reading time:
December 17, 2021

OPPO telah meluncurkan produk smartphone layar lipat pertama mereka yaitu OPPO Find N, di event OPPO Inno Day 2021. Selain smartphone layar lipat tersebut, OPPO juga memamerka beberapa teknologi terbaru, diantaranya OPPO Air Glasses, NPU MariSilicon X dan prototipe retractable camera.

OPPO Air Glass

Kacamata pintar buatan OPPO hadir dengan Snapdragon Wear 4100, dan teknologi Spark Micro Projector yang menggunakan teknologi mikro-LED untuk memproyeksikan informasi melalui lensa kaca lima elemen.  Proyektor ini termasuk yang paling ringkas di industri dengan hanya 0,5cc (seukuran biji kopi).

Air Glass OPPO

OPPO Air Glass memiliki pemandu gelombang difraksi optik yang dibuat khusus dengan dua mode tampilan – skala abu-abu 16 tingkat dan skala abu-abu 256 tingkat, yang dapat menghasilkan kecerahan rata-rata hingga 1400 nits sehingga informasi tetap terlihat dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Anda dapat mengontrol apa yang dilapisi melalui Air Glass dengan sentuhan, suara, gerakan tangan (saat dipasangkan dengan Oppo Watch 2), atau gerakan kepala. Misalnya, anggukan atau gelengan kepala dapat digunakan untuk membuka dan menutup notifikasi.

Air Glass OPPO

Oppo Air Glass dapat menampilkan berbagai aplikasi, seperti Cuaca, Kalender, Kesehatan, Navigasi, atau Teleprompter, yang memungkinkan Anda melakukan presentasi secara praktis di mana saja.

Ada fungsi terjemahan built-in, yang memungkinkan komunikasi lintas budaya antara dua orang yang memakai Air Glass. Mandarin Cina – Terjemahan dua arah bahasa Inggris akan tersedia di luar kotak. Mandarin Cina – Jepang dan Korea akan datang di kemudian hari.

Oppo Air Glass akan diluncurkan di China pada Q1 tahun 2022. Ini akan tersedia dalam warna Putih atau Hitam dengan dua pilihan bingkai – bingkai setengah perak dan bingkai penuh hitam (yang lebih cocok untuk orang yang membutuhkan kacamata korektif ).

Air Glass akan memerlukan aplikasi Smart Glass, yang tersedia di Oppo Watch 2 dan semua smartphone Oppo, yang menjalankan ColorOS 11 atau lebih tinggi.

NPU MariSilicon X

OPPO menghadirkan NPU MariSilicon X, untuk meningkatkan kemampuan fotografi dan videografi pada perangkat mereka di waktu mendatang. NPU ini memiliki ISP custom tertanam, jadi OPPO tidak perlu lagi bergantung dengan ISP yang disediakan oleh vendor SoC.

OPPO Marisilicon X NPU

ISP ini mendukung rentang dinamis 20-bit, 120db dalam gambar, dan pemrosesan RAW realtime dalam video 4K. Menggunakan NPU, AI dapat menerapkan algoritma yang berbeda untuk pengurangan noise, reproduksi warna yang lebih baik, HDR, detail yang ditingkatkan, rentang dinamis, dan lain-lain.

ISP dapat memanfaatkan potensi penuh dari sensor RGBW OPPO karena mendukung pemisahan saluran putih dari RGB.

NPU mampu melakukan beberapa pemecahan angka yang serius untuk tugas-tugas terkait AI. NPU ini dapat melakukan 18 triliun operasi per detik (TOPS) dan juga efisien dalam melakukannya, terutama berkat memori khusus.OPPO Marisilicon X NPU

Biasanya, NPU akan bergantung pada memori sistem tetapi itu memperlambat waktu pemrosesan dan memakan daya lebih besar. Jadi OPPO memberikan memori khusus pada NPU tersebut, yang mampu mentransfer data 8,5 GB/s.

Baca Juga: OPPO Luncurkan Smartphone Layar Lipat Pertamanya, OPPO Find N • Jagat Gadget (jagatreview.com)

NPU Marisilicon X kemungkinan akan hadir pada perangkat smartphone OPPO Find series berikutnya di tahun 2022 mendatang. Ini nampaknya akan menawarkan pengalaman teknologi kamera yang semakin canggih dari yang pernah ada sebelumnya.

Retractable Camera

Setelah sukses menghadirkan teknologi kamera periscope telephoto, kini OPPO kembali berinovasi pada sistem kamera terbaru, yang disebut retractable kamera.

Teknologi ini memberikan mekanisme lensa yang bergerak maju dan mundur, dan menawarkan Zoom optik lebih baik.  Dengan teknologi ini, OPPO dapat menggunakan sesnor Sony IMX766 1/1,56 inci 50MP yang besar ke dalam ponsel setebal 8.26mm.

Retractable Camera OPPO

Lensa kamera akan secara otomatis muncul atau bergerak maju, saat kamera di aktifkan. Ini mirip seperti mekanisme lensa di kamera poket. Akan tetapi, juga seperti kamera poket kamera hanya bisa digunakan saat lensa ditarik keluar, dan tidak dapat digunakan saat lensa ditarik kedalam.

Baca Juga: Oppo Find X4 dan Redmi K50 akan Gunakan Dimensity 9000 • Jagat Gadget (jagatreview.com)

Untuk fitur penggunaanya sendiri, teknologi ini menawarkan Zoom Optik 2X yang dapat menangkap lebih banyak detail dibandingkan menggunakan modul telefoto biasa. Selain itu teknologi ini digadang-gadang akan memiliki rasio signal-to-noise yang superior dari bidikan yang diperbesar. Ini akan berguna saat mengambil gambar di malam hari.

Retractable Camera OPPO

Sebagai perlindungannya, retractable camera dari OPPO ini juga tahan akan percikan air dan debu. Selain itu untuk mencegah benturan saat terjatuh, modul kamera  memiliki sensor dimana lensa akan ditarik dalam waktu 0,6 detik jika terjatuh.

Belum ada informasi ini kapan akan dihadirkan pada produk komersial OPPO, dan kemungkinan bukan pada perangkat Find series terbaru yang akan segera diluncurkan berikutnya.

Load Comments

Reviews

April 9, 2024 - 0

Review Samsung Galaxy A35 5G: Tampilan Premium, Fitur di-Upgrade

Smartphone ini hadir dengan desain yang premium! Layar Super AMOLED…
April 6, 2024 - 0

Review Suunto Race untuk Olahraga dan Pengguna Awam

Saya berasa dikerjain sama Suunto nih! Jam tangan sport ini…
April 2, 2024 - 0

Review itel RS4: HP 1 Jutaan Gaming KENCANG & LENGKAP

Lagi-lagi, itel membawa kejutan yang luar biasa! Yang satu ini…
March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…