Review ASUS ROG Phone 5s Pro: Lagi! Smartphone Gaming Terbaik 2021

Author
Irham
Reading time:
December 11, 2021

Di pertengahan awal 2021, kami telah menobatkan ASUS ROG Phone 5 sebagai Smartphone Gaming Terbaik 2021. Dan bisa dibilang gelar tersebut dapat bertahan hingga bulan November kemarin. Smartphone Gaming yang hadir resmi di Indonesia belum ada yang melawan kemampuannya ROG Phone 5 secara keseluruhan.

Review ROG Phone 5s Pro

Dan di awal Desember ini ASUS Indonesia kali ini menghadirkan lagi varian terbaru dari keluarga ROG Phone 5 yaitu ROG Phone 5s series. Di tangan kami sudah ada ROG Phone 5s Pro yang merupakan seri tertingginya, hadir dengan ROG Vision terbaru, Snapdragon 888+, RAM 18 GB dan Storage 512 GB, sebuah smartphone dengan specs paling monster yang bisa kalian beli di Indonesia saat ini

Untuk pembahasan kali ini, kami akan lebih fokus membahas mengenai perbedaan-perbedaan yang dihadirkan pada ROG Phone 5s Series, dari versi sebelumnya yaitu ROG Phone 5 Series.

Nah, bagi yang penasaran seperti apa perubahan yang ditawarkan di smartphone teranyar gaming ASUS ini, simak review ROG Phone 5s Pro berikut ini.

Isi Box

Box nya seperti ini penampilannya, besar sekali. Saat dibuka kita akan melihat susunan gambar seperti komik untuk menampilkan animasi Augmented Reality (AR) yang berjudul AKIRA. Di dalamnya terdapat:

  • Unit ROG Phone 5

  • Charger 65 W,

  • AeroActive Cooler 5

  • Kabel USB Type C to Type C

  • Aero Case (Cover)

  • SIM card ejector

  • Paket dokumen

  • Sticker ROG

  • Dan ada 3 buah cadangan karet penutup usb port disamping.

Desain

ROG Phone 5s Pro hadir dengan material kaca pada body bagian belakang, dengan frame alumumium. Opsi warna yang tersedia hanya Phantom Black, baik pada body maupun frame, yang membuatnya terlihat lebih serasi, antara warna frame dan body.

Untuk dimensinya yaitu 172.8 x 77.2 x 9.9 mm, dengan berat 238 Gram. Ini bukanlah smartphoen dengan bobot yang ringan, jadi cukup beresiko tinggi jika terjatuh. Sangat disarankan bagi pengguna untuk membeli case yang lebih protektif, karena case yang diberikan di paket penjualan, lebih untuk penampilan saja.

Berbeda dengan ROG Phone 5s versi standar, Untuk varian ROG Phone 5s Pro, memiliki layar kecil yang disebut ASUS sebagai ROG Vision. Ini mirip seperti yang ada di ROG Phone 5 Ultimate sebelumnya, namun untuk ROG Phone 5s Pro layarnya bisa menampilkan warna.

Baca Juga: Review ROG Phone 5: Smartphone Gaming Terbaik 2021 • Jagat Gadget (jagatreview.com)

Layar kecil ini dapat menampilan gambar, text, animasi, notifikasi telpon masuk, atau saat melakukan charging. Kita dapat mengatur ROG Vision ini didalam Armoury Crate. Selain preset-preset yang sudah disediakan, kita juga bisa memasang gambar dari gallery kita.

Namun, layar ini tidak touch screen, dan untuk gambar yang kita pilih tidak bisa hanya bisa menggunakan preset animasi yang tersedia dan jumlahnya terbatas.

Masih di sis belakang, terdapat dua buah tombol Rear Touch yang berfungi sebagai tombol L atau R tambahan. Jadi selain memiliki tombol Air Trigger L1-R1 di bagian frame, di bagian back cover ini terdapat tombol sentuh yang mungkin bisa disebut sebagai tombol L2-R2, sehingga total tombol extra keseluruhan yaitu 4 tombol.

Bagi kami, tombol ekstra ini akan sangat membantu saat bermain game kompetitif seperti PUBG Mobile ataupun game shooter lainnya. Tapi tentunya pengguna bisa mengkustomasi tombol tersebut sesuai game yang mereka mainkan.

Bagian lainnya tidak jauh berbeda dari ROG Phone 5 standar. Baik ukuran dan penempatan tombol, bahkan case untuk ROG Phone 5 di pasaran, bisa juga digunakan untuk ROG Phone 5s ini.

Untuk spesifikasi layarnya hampir mirip dengan ROG Phone 5 standar, akan tetapi peningkatan ada pada touch sampling rate yang kini ditingkatkan menjadi 300Hz. Layar memiliki ukuran 6.78 inci, dengan Panel Samsung AMOLED, custom made untuk ASUS. Resolusinya Full HD+ (2448×1080 px), dengan Aspect Ratio: 20.4:9. Refresh rate tetap di 144 Hz, dengan Touch Sampling Rate 300Hz dan Response time 1 ms.

Review ROG Phone 5s Pro

Layar juga tersertifikasi HDR 10+ Certified dengan akurasi warna Delta-E < 1. Cakupan warnanya yaitu Color Gamut 111% DCI-P3, sRGB 150.89%. Tingkat kecerahan maksimal di 1200 nits dan kecerahan minimum di 5 nits.

Layar juga memiliki dukungan DC Dimming 2.0, SGS Eye Care 6.5% and SGS Seamless Pro (120Hz) certifications, dan juga Display Chip: Pixelworks i6 Processors. Terdapat In-display fingerprint sensor untuk otentikasi biometrik pengguna.

Load Comments

Reviews

August 1, 2022 - 0

Review vivo X80: Lebih Murah, Tetap Kencang dan Adem dengan Mediatek Dimensity 9000

vivo X80 Series, lini smartphone flagship vivo ini baru saja…
July 28, 2022 - 0

Review Infinix Hot 12 Play: Harga Rp 1 Jutaan, Baterai 6000mAh, Storage 128GB

Kali ini kami kedatangan smartphone entry level dari Infinix, yaitu…
July 26, 2022 - 0

Review vivo X80 Pro: Smartphone Terbaik vivo 2022

Perkenalkan, ini adalah vivo X80 Pro, smartphone flagship terbaik dari…
July 25, 2022 - 0

Review OPPO A57: Tahan Air dan Dual Speaker di Harga Rp 2 Jutaan!

Perkenalkan, ini adalah OPPO A57, seri baru dari Oppo A5.…

Accessories

February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…
October 26, 2021 - 0

Review Vivo TWS 2 ANC & Vivo TWS 2e

Bertepatan dengan perilisan Smartphone Vivo X70 Pro, Vivo juga meluncurkan…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…

Wearables

June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…