Snapdragon 8 Gen 1: SoC Andalan Baru Qualcomm!

Reading time:
December 1, 2021

Platform seluler, atau SoC, terbaru dan tercanggih dari Qualcomm akhirnya diperkenalkan di acara Snapdragon Tech Summit 2021 yang tengah berlangsung di Hawaii. Snapdragon 8 Gen 1, ya begitulah sebutannya. Senjata baru Qualcomm ini akan jadi motor dari smartphone Android premium generasi berikutnya. Menariknya, ada kemungkinan smartphone itu hadir di akhir tahun 2021 ini!

WhatsApp Image 2021 12 01 at 01.18.03
Jagat Review, diwakili Dedy Irvan, ikut meliput Snapdragon Tech Summit 2021 ini di Hawaii!

Janjikan Pengalaman yang Belum Pernah Ada di Smartphone

Snapdragon 8 Gen 1 ini disebut Qualcomm menawarkan berbagai hal baru, membawa pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya di smartphone. Beberapa hal yang ditingkatkan jauh dari generasi sebelumnya di antaranya adalah konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan. Qualcomm menyebutkan bahwa ini akan menghadirkan standar baru untuk kelas smartphone premium.

Untuk konektivitas, 5G tentunya tetap jadi suguhan utama dari Snapdragon 8 Gen 1, tapi kemampuannya sudah ditingkatkan dari generasi sebelumnya. Snapdragon X65 5G Modem adalah modem 5G generasi ke-4 besutan Qualcomm. Dikombinasikan dengan RF System terbaru mereka, solusi ini bisa menghadirkan kecepatan downstream hingga 10 Gbps! Masih di sisi konektivitas, ada FastConnect 6900 dengan Wi-Fi 6E yang bisa menawarkan kecepatan hingga 3.6 Gbps.

Snapdragon 8 Gen 1

Kamera dan AI yang Lebih Mumpuni

Lalu, untuk kamera, Qualcomm menawarkan Snapdragon Sight Technology dengan ISP 18-bit pertama untuk smartphone. Menawarkan kecepatan hingga 3.2 Gigapixel per detik, ISP ini punya kemampuan jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Bahkan memungkinkan smartphone menangkap video 8K HDR dalam format HDR10+.

Menariknya, Qualcomm menyebutkan ada ISP Always On yang disematkan ke Snapdragon 8 Gen 1 ini, terpisah dari ISP utama. Fungsinya adalah untuk mendukung fitur always on face unlocking, dengan konsumsi daya yang sangat rendah, sehingga tidak mengganggu daya tahan baterai smartphone. Ini juga jadi salah satu peningkatan dari sisi fitur keamanan di platform seluler baru ini.

Beralih ke AI, Qualcomm AI Engine generasi ke-7 hadir dengan Qualcomm Hexagon dan Qualcomm Sensing Hub terbaru, memungkinkan performa yang lebih tinggi lagi untuk AI. Salah satu efek yang didapatkan dari AI yang lebih kencang ini adalah integrasi Leica Leitz Look untuk efek bokeh kelas profesional di kamera. Selain itu, ada beberapa skenario pemanfaatan AI baru yang bisa dihadirkan ke smartphone.

Gaming Ala Desktop dan Masih Banyak Lagi

Kemudian untuk gaming, GPU Adreno terbaru yang didukung Snapdragon Elite Gaming generasi terbaru memungkinkan kualitas visual tinggi di game, dengan HDR. Kemampuan GPU-nya sudah pasti ditingkatkan dari pendahulunya. Namun, bukan itu yang jadi daya tarik utamanya. Fitur-fitur seperti Adreno Frame Motion Engine, Variable Rate Shading Pro, serta Volumetric Rendering tingkat desktop disebut tersedia dan akan bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan pengalaman mobile gaming yang lebih baik lagi.

Qualcomm juga meningkatkan aspek sound dengan fitur yang lebih banyak di Snapdragon Sound Technology. Sementara untuk keamanan, banyak aspek keamanan baru yang diintegrasikan ke Snapdragon 8 Gen 1 ini termasuk dukungan untuk Android Ready SE.

Jadi, bukan cuma soal “ini lebih kencang dari sebelumnya saja”. Qualcomm meningkatkan lagi banyak aspek lain di Snapdragon 8 Gen 1 ini bila dibandingkan platform seluler mereka sebelumnya. Mungkin, hal-hal ini justru akan lebih terasa di penggunaan sehari-hari dibandingkan sekadar meningkatkan performa saja. Tapi, seharusnya performa dari SoC baru ini juga meningkat dari sebelumnya ya.

Snapdragon 8 Gen 1

Segera Hadir?

Tentu saja, produsen smartphone ternama dunia sudah mengkonfirmasi kalau mereka akan menghadirkan smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 ini. Qualcomm sudah menyebutkan beberapa brand, di antaranya yang produknya umumnya masuk resmi ke Indonesia adalah Black Shark, OPPO, Realme, vivo, Xiaomi, dan ada beberapa lagi. Menariknya, Qualcomm mengharapkan di akhir tahun 2021 ini sudah ada smartphone dengan SoC baru ini yang akan diperkenalkan.

Mari kita tunggu saja siapa yang pertama mengumumkan smartphone premium baru dengan Snapdragon 8 Gen 1 ini.

Load Comments

Reviews

May 26, 2024 - 0

Review itel PAD2: Tablet 4G Murah Rp 1.5 Jutaan!

Tablet yang satu ini harganya murah! Bahkan, kalau beli dekat-dekat…
May 22, 2024 - 0

Review iQOO Z9: Andalan iQOO di Kelas Menengah

Smartphone yang satu ini adalah andalan iQOO untuk kelas mid…
May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…