Snapdragon 8 Gen 1: SoC Andalan Baru Qualcomm!

Reading time:
December 1, 2021

Platform seluler, atau SoC, terbaru dan tercanggih dari Qualcomm akhirnya diperkenalkan di acara Snapdragon Tech Summit 2021 yang tengah berlangsung di Hawaii. Snapdragon 8 Gen 1, ya begitulah sebutannya. Senjata baru Qualcomm ini akan jadi motor dari smartphone Android premium generasi berikutnya. Menariknya, ada kemungkinan smartphone itu hadir di akhir tahun 2021 ini!

WhatsApp Image 2021 12 01 at 01.18.03
Jagat Review, diwakili Dedy Irvan, ikut meliput Snapdragon Tech Summit 2021 ini di Hawaii!

Janjikan Pengalaman yang Belum Pernah Ada di Smartphone

Snapdragon 8 Gen 1 ini disebut Qualcomm menawarkan berbagai hal baru, membawa pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya di smartphone. Beberapa hal yang ditingkatkan jauh dari generasi sebelumnya di antaranya adalah konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan. Qualcomm menyebutkan bahwa ini akan menghadirkan standar baru untuk kelas smartphone premium.

Untuk konektivitas, 5G tentunya tetap jadi suguhan utama dari Snapdragon 8 Gen 1, tapi kemampuannya sudah ditingkatkan dari generasi sebelumnya. Snapdragon X65 5G Modem adalah modem 5G generasi ke-4 besutan Qualcomm. Dikombinasikan dengan RF System terbaru mereka, solusi ini bisa menghadirkan kecepatan downstream hingga 10 Gbps! Masih di sisi konektivitas, ada FastConnect 6900 dengan Wi-Fi 6E yang bisa menawarkan kecepatan hingga 3.6 Gbps.

Snapdragon 8 Gen 1

Kamera dan AI yang Lebih Mumpuni

Lalu, untuk kamera, Qualcomm menawarkan Snapdragon Sight Technology dengan ISP 18-bit pertama untuk smartphone. Menawarkan kecepatan hingga 3.2 Gigapixel per detik, ISP ini punya kemampuan jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Bahkan memungkinkan smartphone menangkap video 8K HDR dalam format HDR10+.

Menariknya, Qualcomm menyebutkan ada ISP Always On yang disematkan ke Snapdragon 8 Gen 1 ini, terpisah dari ISP utama. Fungsinya adalah untuk mendukung fitur always on face unlocking, dengan konsumsi daya yang sangat rendah, sehingga tidak mengganggu daya tahan baterai smartphone. Ini juga jadi salah satu peningkatan dari sisi fitur keamanan di platform seluler baru ini.

Beralih ke AI, Qualcomm AI Engine generasi ke-7 hadir dengan Qualcomm Hexagon dan Qualcomm Sensing Hub terbaru, memungkinkan performa yang lebih tinggi lagi untuk AI. Salah satu efek yang didapatkan dari AI yang lebih kencang ini adalah integrasi Leica Leitz Look untuk efek bokeh kelas profesional di kamera. Selain itu, ada beberapa skenario pemanfaatan AI baru yang bisa dihadirkan ke smartphone.

Gaming Ala Desktop dan Masih Banyak Lagi

Kemudian untuk gaming, GPU Adreno terbaru yang didukung Snapdragon Elite Gaming generasi terbaru memungkinkan kualitas visual tinggi di game, dengan HDR. Kemampuan GPU-nya sudah pasti ditingkatkan dari pendahulunya. Namun, bukan itu yang jadi daya tarik utamanya. Fitur-fitur seperti Adreno Frame Motion Engine, Variable Rate Shading Pro, serta Volumetric Rendering tingkat desktop disebut tersedia dan akan bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan pengalaman mobile gaming yang lebih baik lagi.

Qualcomm juga meningkatkan aspek sound dengan fitur yang lebih banyak di Snapdragon Sound Technology. Sementara untuk keamanan, banyak aspek keamanan baru yang diintegrasikan ke Snapdragon 8 Gen 1 ini termasuk dukungan untuk Android Ready SE.

Jadi, bukan cuma soal “ini lebih kencang dari sebelumnya saja”. Qualcomm meningkatkan lagi banyak aspek lain di Snapdragon 8 Gen 1 ini bila dibandingkan platform seluler mereka sebelumnya. Mungkin, hal-hal ini justru akan lebih terasa di penggunaan sehari-hari dibandingkan sekadar meningkatkan performa saja. Tapi, seharusnya performa dari SoC baru ini juga meningkat dari sebelumnya ya.

Snapdragon 8 Gen 1

Segera Hadir?

Tentu saja, produsen smartphone ternama dunia sudah mengkonfirmasi kalau mereka akan menghadirkan smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 ini. Qualcomm sudah menyebutkan beberapa brand, di antaranya yang produknya umumnya masuk resmi ke Indonesia adalah Black Shark, OPPO, Realme, vivo, Xiaomi, dan ada beberapa lagi. Menariknya, Qualcomm mengharapkan di akhir tahun 2021 ini sudah ada smartphone dengan SoC baru ini yang akan diperkenalkan.

Mari kita tunggu saja siapa yang pertama mengumumkan smartphone premium baru dengan Snapdragon 8 Gen 1 ini.

Load Comments

Reviews

April 29, 2022 - 0

Review itel Vision 3: Baterai Besar + Charger 18W, Harga Rp 1,1 Jutaan

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal brand itel. Ini…
April 29, 2022 - 0

Membahas MediaTek Dimensity 9000: Chipset Terbaik MediaTek untuk Smartphone Kelas Premium!

SoC/prosesor/chipset ini memang sengaja dibangun untuk menjadi dapur pacu smartphone…
April 28, 2022 - 0

Gaming Pakai MediaTek Helio G96: Sekencang Apa? (feat. Redmi Note 11 Pro)

MediaTek Helio G96 dikenal sebagai SoC terbaik dari Helio G…
April 26, 2022 - 0

Review Samsung Galaxy M33 5G: Kamera 4K, Performa Lebih Tinggi

Kita sudah melihat ada banyak smartphone yang diluncurkan dalam 4…

Accessories

February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…
October 26, 2021 - 0

Review Vivo TWS 2 ANC & Vivo TWS 2e

Bertepatan dengan perilisan Smartphone Vivo X70 Pro, Vivo juga meluncurkan…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…

Wearables

October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…