Tren Smartphone Gaming Terus Berkembang, Mediatek Segera Hadirkan Fitur Ray Tracing
Pengalaman gaming di perangkat smartphone terus meningkat, dan menghadirkan beragam fitur-fitur baru untuk semakin memanjakan pengguna. Mediatek, punya teknologi HyperEngine yang ditujukan untuk pengoptimalisasian perangkat saat digunakan dalam bermain game.
Tahun ini, teknologi HyperEngine dari Mediatek telah mencapai generasi kelima. Dan di HyperEngine 5.0 ini, Mediatek mengkonfirmasi akan hadirnya fitur baru yang cukup keren yaitu fitur Ray Tracing.
“Dalam waktu dekat, kami akan menambah deferred shading berkemampuan ray tracing, sehingga menghadirkan visual nyata dalam game seluler,” ujar C Hsu,Corporate VP, and GM of MediaTek’s Wireless Communications Business Unit dalam press rilis yang dibagikan perusahaan.
Berkolaborasi dengan Arm dan Tencent, nantinya pengalaman gaming dengan fitur Ray Tracing akan dihadirkan oleh Mediatek melalui Dimensity series, SoC yang ditujukan untuk perangkat-perangkat smartphone 5G.
Baca Juga: Samsung Investasi USD 356 Milyar untuk Pengembangan Chip dan AI • Jagat Gadget (jagatreview.com)
Seperti yang kita ketahui, Teknologi ray tracing bekerja dengan menyimulasikan setiap sorotan cahaya dalam scene secara real-time pada konten yang ditampilkan. Teknologi ini mungkin sudah lebih dulu hadir di sistem yang lebih powerful, yaitu pada perangkat PC dengan dukungan kartu grafis kelas atas.
Akan tetapi, MediaTek menyebutkan kalau fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum ada informasi kapan fitur ini akan hadir secara resmi. Namun sejak tahun 2021 lalu, MediaTek telah menyiapkan toolkit SDK untuk pengembangan fitur Ray Tracing untuk para developer.
Adapun SDK Ray Tracing yang dikembangkan MediaTek, akan bekerja dengan teknologi denoising yang berfungsi membersihkan ketidakteraturan dan menambah kualitas visual.