Review LOG ON GaN Charger 65W 3 Port utk Smartphone dan Laptop Modern

Author
Friska
Reading time:
September 5, 2022

Taukah kalian, ke depannya tak hanya smartphone flagship saja yang akan menghilangkan charger di dalam box? Sayangnya kalian juga harus siap dengan situasi tersebut untuk smartphone-smartphone terjangkau juga, karena sepertinya tren ini akan semakin marak dilakukan oleh beragam brand smartphone untuk ke depannya.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 1

Tapi untungnya, pilihan charger 3rd party semakin banyak di pasaran Indonesia, kompetisinya pun lumayan sengit, jadi kita bisa dapetin charger berkualitas dengan mudah. Contohnya seperti yang akan kita bahas ini, yaitu LOG ON 65W GaN Super Quick Charger.

Produk-produk disini adalah produk dari brand bernama LOG ON Brand ini sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun memasarkan produknya di Indonesia, produk awal mereka adalah baterai alternatif untuk smartphone. Dan sekarang seiring perkembangan brand ini, mereka mulai menambahkan variasi produknya lebih banyak lagi. 

GaN Charger 65W 3 Port Log On 2

Mari kita lihat dari produk chargernya dulu.

LOG ON 65W GaN Super Quick Charger

GaN Charger 65W 3 Port Log On 4

Ini adalah charger dengan daya maksimum 65W, dan dia punya 3 lubang charger, artinya kita bisa menggunakannya untuk mengisi baterai 3 perangkat sekaligus.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 3

Protokol Charging yang disupport adalah:

  • PD 65W
  • QC 4.0
  • QC 3.0

Langsung saja kita coba charger ini ke berbagai smartphone. Kita tes charge 1 device dulu lewat port type C1-nya. Untuk kabel yang digunakan kita pakai kabel dari LOG ON yang satu ini karena di dalam box chargernyanya tidak termasuk kabel, hanya unit chargernya saja.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 5

Kabel yang satu ini maximum untuk daya 60W, belum sampai 65W. Dari LOG ON sendiri belum menyediakan kabel yang support lebih dari ini, tapi karena beda tipis kita tetap pakai kabel yang ini.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 7 GaN Charger 65W 3 Port Log On 8

Kita coba tes di Samsung Galaxy A52s, dia support charging pakai PD 25W. Saat dicek pakai power meter memang benar bisa sampai 25W. Untuk durasi chargingnya sampai full dia butuh 1 Jam 40 Menit, ada beda sekitar 20 menit lebih lama dibanding charger 25W Samsung. Kita coba lagi tapi pakai kabel C to C bawaan Samsung dan ternyata ada perubahan, dengan setup seperti ini jadi lebih cepat, 1 Jam 14 Menit dan ini lebih mendekati charger 25W Samsung bahkan sedikit lebih kencang.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 9

ROG Phone 5s, dia punya kemampuan charging 65W. Saat dites pakai charger LOG ON ini dia bisa sampai di sekitar 55W. Untuk durasi chargingnya butuh 53 Menit. Ini sudah mendekati charger bawaannya yang butuh 49 Menit, cuma sekitar 4 menit lebih lama, mantep banget, cocok untuk jadi charger kedua atau bahkan pengganti jika amit-amit charger bawaannya rusak atau hilang. Harganya juga lebih murah jauh, karena charger original ROG Phone 5 harganya mencapai Rp 1 jutaan bersama dengan kabel.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 11

iPhone 12 Pro Max, untuk tes ini kita pakai kabel C to Lightning dari LOG ON yang ini. Mengisi dari 5% sampai 100% kita butuh waktu sekitar 2 Jam 20 menit . Lumayan sudah terhitung kencang untuk standard iPhone.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 10

Jadi memang terbukti charger ini memang terbukti bisa kencang, tapi layaknya mau beli charger 3rd party manapun, pastikan cek dulu apakah smartphone kalian dengan teknologi chargernya ini sudah cocok? 

GaN Charger 65W 3 Port Log On 13

Kemudian, apakah ini bisa untuk charging laptop? Jawabannya bisa, selama si laptop memang punya port USB-C untuk charging dengan daya 65W atau di bawahnya. 

Pengujian 2: Charging 2 Perangkat

Kita juga uji coba charger ini untuk charging 2 smartphone sekaligus.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 14

Perlu diingat untuk pengisian lebih dari 1 perangkat, tentunya tidak berarti semua portnya akan jalan 65W semua, ada pembagiannya masing-masing, baik kalian pakai konfigurasi 2 port, atau 3 port sekaligus. Detail pembagiannya kalian bisa cek aja gambar berikut ini.

Untuk tes dual port charging kita pakai ROG Phone 5s di C1 + Samsung A52s di C2.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 15
ROG Phone 5sSamsung Galaxy A52s
0-Full 

1 Jam 25 Menit

0-Full: 

1 Jam 16 Menit

Ini agak membingungkan hasilnya, keduanya terbilang masih kencang. Samsung yand di port C2 terasa seperti single port charging, padahal kalau dari instruksinya, pembagiannya harusnya C1 45W, C2 18W.  ROG Phone 5s memang sedikit lebih lama dibanding single charge, tapi tetap terhitung lumayan kencang.

Pengujian 3: Charging 3 Perangkat

Di sini kita coba pakai dengan ROG Phone 5s + Cooler + TWS. Dan hasilnya semuanya bisa aktif berbarengan tanpa masalah, bahkan untuk fitur bypass charging juga bisa.

Pengujian Suhu

GaN Charger 65W 3 Port Log On 17
  • Kalau kita pakai untuk charging smartphone, misalnya ROG Phone 5s, setelah 30 menit charging suhu tertingginya hanya sampai 46°C, dan ini masih terbilang normal.
  • Ketika kita ngecharge laptop seperti si Zenbook satu ini, chargingnya akan ngegas dalam waktu yang lebih lama, setelah 30 menit suhunya bisa sampai 62°C.

Untuk sekarang, charger yang satu ini adalah produk charger teratas yang dijual oleh LOG ON, tapi harga tetap cukup terjangkau di 300 ribuan aja.

GaN Charger 65W 3 Port Log On 18

LOG ON juga menyediakan charger lain seperti varian yang satu ini, ini adalah varian yang 45W dengan harga 200ribu aja. Kemudian ada juga yang varian 30W, yang ini bahkan cuma 100ribuan. Lalu mungkin untuk pengguna iPhone, kalian bisa melirik varian yang satu in, varian 20W, harganya juga murah di 80ribu aja. iPhone kemampuan chargingnya memang gak kenceng-kenceng amat, tapi setidaknya jauh lebih kencang ini dibanding charger di dalam box dulu yang hanya 5W, malah yang sekarang chargernya sudah tidak ada lagi di box, jadi ini akan pilihan yang pas buat kalian.

Selain charger konvensional, LOG ON juga ada Car Charger. Ada 2 model yang ada di kami kali ini. Model pertama dia punya 2 lubang charger jadi bisa mengisi 2 perangkat sekaligus, dan yang 1 lagi lubang chargernya ada 3. Kedua charger ini sama-sama punya daya maksimum 36W, sedangkan untuk protokol chargingnya yaitu QC 3.0 dan PD 18W 

Untuk melihat produk aksesoris lainnya dari LOG ON, bisa dilihat dari video berikut ini:

Nah, jadi itu dia gadget-gadget keren dan murah dari LOG ON. Memang ekspektasi kalian juga harus disesuaikan ya, ini produk-produk yang  terbilang murah, misalnya kalian ngetes produk audionya, jangan dibandingin dengan produk audio papan atas atau kelasnya audiophile karena berbeda. Yang jelas menurut kami, meskipun murah tapi produk-produk yang kami coba ini kualitasnya tergolong baik, sebagian sesuai harga, sebagian bahkan melebih ekspektasi kami.

Load Comments

Reviews

May 26, 2023 - 0

Review itel S23: Smartphone Rp 1,3 Jutaan Terbaik Tahun Ini?

Kemarin, kita sudah pernah review satu smartphone yang luar biasa…
May 24, 2023 - 0

Review Huawei Matepad 11 2023: Tablet Lengkap dengan Solusi “Office” Seperti Laptop

Ini adalah Huawei Matepad 11 2023, sebuah tablet kencang dari…
May 21, 2023 - 0

Review Advan Tab VX Lite: Rp 2 Juta Bisa Gaming, Layar Super Keren

Ini adalah Advan Tab VX Lite, tablet terbaru dari Advan…
April 30, 2023 - 0

Review Philips Smart LED Connected by WiZ: Berkelas & Berpengalaman

Lampu Smart LED sudah menjadi produk yang banyak ditemui, apalagi…

Accessories

October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…
February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…

Wearables

June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…