Review Samsung Galaxy A24 LTE: Kencang, Ultrawide, KNOX

Author
Irham
Reading time:
May 9, 2023

Saat ini, Samsung juga telah merilis A54 5G untuk kisaran harga 5-6 jutaan dan A34 5G untuk kisaran harga 4-5 jutaan. Sekarang, giliran Samsung Galaxy A24 LTE ini hadir dengan kemampuan khususnya untuk menjawab kebutuhan pengguna dengan budget 3 jutaan. Mari kita bahas lebih lanjut!

Review Galaxy A24 LTE 9

Samsung patut diapresiasi di Indonesia, karena meskipun produsen lain sedang melambat dalam merilis produk, Samsung tetap meluncurkan produk mereka untuk setiap segmen harga, mulai dari Flagship hingga Entry level, tanpa kendur.

Samsung Galaxy A24 LTE adalah smartphone terbaru dari seri A Samsung yang ditujukan untuk pasar smartphone dengan harga sekitar 3 jutaan. Performanya terbilang sangat baik, bahkan mampu menjalankan game Genshin Impact dengan lancar. Layarnya juga sangat spesial dengan kecerahan yang tinggi. OS-nya dijamin akan mendapatkan update sebanyak 4 kali, dan dilengkapi dengan fitur keamanan ekstra Samsung Knox.

Sekarang, mari kita simak review lengkapnya berikut ini

Paket Penjualan

Di dalam kotak penjualan, kita akan menemukan:

– Unit smartphone
– Kabel USB-C
– Case pelindung
– Dokumen-dokumen
– Alat untuk membuka slot SIM
Namun, sayangnya tidak ada charger yang disertakan. Namun, ada penawaran untuk mendapatkan adaptor travel sebagai bundling selama persediaan masih tersedia di pasaran. Jadi, kita masih bisa mengatakan bahwa ada charger yang disertakan.

Desain

Dalam hal desain, Samsung Galaxy A24 LTE memiliki desain sisi belakang yang serupa dengan A54 dan bahkan seri S dari Samsung. Jadi, bagi pengguna, ini mungkin membuat mereka sedikit bangga karena orang lain mungkin akan mengiranya sebagai S23.

Screenshot 829

Bagian belakang dan bingkainya terbuat dari polikarbonat. Tersedia dalam pilihan warna Black, Light Green, dan Silver. Dimensinya adalah 162.1 x 77.6 x 8.3 mm, dengan berat sebesar 195g.

Review Galaxy A24 LTE 2

Dari segi tata letak, di sisi kanan terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, dan ada juga tombol volume. Di sisi atas terdapat mikrofon, sementara di sisi kiri terdapat slot SIM Triple yang memungkinkan penggunaan dual SIM + 1 microSD secara bersamaan. Di sisi bawah terdapat jack headphone, mikrofon, port USB-C, dan speaker mono.

Pada sisi layar, bagian atasnya terdapat earpiece dan kamera selfie 13MP dengan bukaan f/2.2 dan fokus tetap. Kamera tersebut juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p 30fps.

Review Galaxy A24 LTE 8 1

Untuk pengguna yang tidak menyukai model notch seperti ini, Samsung menyediakan opsi untuk menyembunyikan notch tersebut. Pengguna dapat masuk ke pengaturan layar, lalu menuju menu Camera Cutout, dan menyesuaikan tampilan notch berdasarkan aplikasi yang digunakan. Namun, terdapat beberapa keterbatasan, seperti sudut notch yang berbentuk sudut tajam sementara bagian bawahnya melengkung.

Selain itu, fitur ini belum berlaku untuk semua skenario, seperti pada tampilan utama (homescreen). Jika pengguna menginginkan cara yang lebih baik untuk menyembunyikan notch, disarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga agar tampilannya lebih simetris dengan bagian bawah layar.

Samsung Galaxy A24 LTE dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 6,5 inci yang sangat terang. Layar tersebut memiliki resolusi FHD+ dan refresh rate hingga 90Hz.Review Galaxy A24 LTE 12

Sayangnya, refresh rate tersebut belum bersifat adaptif, sehingga akan tetap berjalan pada 90Hz dalam mayoritas skenario. Kecerahan layarnya diklaim mencapai 1000 Nits, dan saat diuji di luar ruangan, layar ini masih mampu menampilkan konten dengan jelas.

Kecerahan sebesar ini tergolong sangat tinggi untuk smartphone dengan harga sekitar 3 jutaan. Biasanya, tingkat kecerahan 1000 Nits seperti ini hanya ditemukan pada flagship smartphone.

Selain itu, fitur Always on Display juga tersedia di Samsung Galaxy A24 LTE, dan benar-benar “Always on”, bukan hanya selama beberapa detik.

Pada pengaturan layar, terdapat 2 mode warna, yaitu Vivid dan Natural. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Review Galaxy A24 LTE 14

Pada bagian belakang, terdapat modul kamera dan LED flash. Spesifikasi kamera Samsung Galaxy A24 LTE adalah sebagai berikut:

Review Galaxy A24 LTE 15
  • Kamera utama 50MP dengan bukaan f/1.8, dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization), yang jarang ditemukan pada smartphone dengan harga sekitar 3 jutaan. Kamera ini juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p 30fps, serta Slow Motion dengan resolusi 720p 120fps.
  • Kamera Ultra Wide 5MP dengan bukaan f/2.2 dan fokus tetap. Kamera ini juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p 30fps.
  • Kamera Macro 2MP, yang bisa dianggap sebagai bonus saja.

Spesifikasi

Smartphone ini menggunakan SoC Helio G99, yang merupakansalah SoC 4G terbaik saat ini. SoC ini memiliki modem LTE yang kinerjanya mirip dengan SoC 5G, menjadikannya pilihan yang bagus untuk smartphone kelas menengah.

Review Galaxy A24 LTE 16

Selain itu, Samsung A24 LTE dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB dan dapat ditambahkan RAM Plus hingga 8GB. Dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128GB, hanya ada satu varian yang tersedia, yaitu 8GB RAM + 128GB storage.

Review Galaxy A24 LTE 17

Baterai smartphone ini memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh, yang dapat mendukung penggunaan yang intensif. Samsung A24 LTE juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat hingga 25W menggunakan Samsung Fast Charging.

Review Galaxy A24 LTE 18

Dalam hal keamanan, smartphone ini dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari (fingerprint) dan Face Unlock. Selain itu, Samsung A24 LTE juga menggunakan keamanan Samsung KNOX, yang membantu melindungi data dan privasi pengguna.

Review Galaxy A24 LTE 20

Dari segi sistem operasi, Samsung A24 LTE menjalankan ONE UI 5.1 berbasis Android 13. Samsung menjanjikan empat kali pembaruan Android dan lima tahun pembaruan keamanan. Dengan demikian, A24 LTE dapat menerima pembaruan hingga Android 17, yang jarang terjadi pada smartphone kelas harga serupa.

Review Galaxy A24 LTE 21

Fitur-fitur khas dari OneUI juga sudah lengkap tersedia di Samsung A24 LTE, seperti separate app sound, adapt sound, dan edge panels.

Review Galaxy A24 LTE 22

Samsung A24 LTE menawarkan konektivitas yang lengkap, termasuk 4G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.3 (dengan dukungan codec audio seperti aptX dan LDAC), NFC, dan fitur Wifi Sharing. Namun, fitur Display Out melalui port USB hanya tersedia untuk seri flagship Samsung.

Nah, seperti apa pengujian performa dari Samsung Galaxy A24 LTE, simak lengkapnya di video berikut ini:

Load Comments

Reviews

June 12, 2024 - 0

Review vivo X100 Pro: Smartphone Flagship vivo Terbaik 2024

Akhirnya Flagship vivo hadir resmi lagi di Indonesia! Ini adalah…
June 11, 2024 - 0

Review ASUS Zenfone 11 Ultra: Smartphone Flagship Non Gaming ASUS 2024

Ini adalah Zenfone 11 Ultra, smartphone kelas flagship dari ASUS…
June 5, 2024 - 0

Review vivo V30e: Baterai 5500 mAh, Tipis, Ringan, Kencang dan Terjangkau

Ini adalah vivo V30e, smartphone V Series paling terjangkau dari…
May 30, 2024 - 0

Review TOZO Open Buds: TWS Outdoor dengan Suara Mantap & Murah

TWS Open-Ear dari TOZO ini sepertinya cocok nih buat kaum…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…