Review ASUS ROG Phone 7: Susah Cari Lawannya!

Author
Irham
Reading time:
July 20, 2023

Berbicara tentang ASUS ROG Phone, seri smartphone gaming ASUS ini sudah tak bisa diragukan lagi kemampuannya untuk urusan gaming. Dari tahun ke tahun, kami bahkan selalu memberi predikat yang hampir mirip di setiap serinya. Yaitu smartphone gaming terbaik.

Ya, hampir tidak ada lawan untuk seri smartphone gaming ASUS yang satu ini. Apa sebenarnya yang membuat seri ini begitu istimewa, sampai-sampai para pesaingnya pun ragu untuk berhadapan dengannya di Indonesia?

Review ROG Phone 7 5

Dan kali ini kami kedatangan dengan seri yang terbarunya yaitu ASUS ROG Phone 7. Seri ini menawarkan tiga varian yang berbeda, mulai dari model standar sampai ultimate, semuanya membawa spesifikasi tertinggi untuk sebuah smartphone gaming, yang bisa  memenuhi berbagai preferensi dan kebutuhan para pemain game.

Review ROG Phone 7 6

Sebagai awal, ROG Phone 7 biasa menawarkan opsi RAM 8GB dengan penyimpanan 256GB, sementara edisi Ultimate menyuguhkan kapasitas RAM yang mengesankan, yakni 16GB, serta penyimpanan internal sebesar 512GB. Selain itu, perbedaan kunci lainnya terletak pada layar ROG Vision eksklusif yang hanya hadir pada varian Pro. Bagaimana dengan ROG Phone 7 biasa? Anda akan menemukan sentuhan LED yang memikat, meski tidak sehebat layar AMOLED pada versi Ultimate.

Review ROG Phone 7 11

Salah satu fitur menarik dari ROG Phone 7 adalah teknologi AeroActive Portal, yang menghadirkan pengalaman unik dengan kemampuan untuk membuka bagian warna hitam di back cover, ketika Anda memasang AeroActive Cooler 7. Ini adalah langkah cerdik dari ASUS untuk meningkatkan manajemen suhu dan memastikan performa optimal bagi pengguna yang aktif bermain game intens.

Namun di review kali ini kami akan lebih fokus membahas ROG Phone 7 versi biasa, dengan pembahasan tipis-tipis untuk edisi Ultimate. Semoga lewat pembahasan review ini, kalian bisa menggali lebih dalam tentang apa yang sebenarnya ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 7, dan mengapa smartphone gaming ini tetap menjadi acuan utama dalam industri ini.

Isi Box ROG Phone 7

Review ROG Phone 7
  • Unit ROG Phone 7 tanpa Screen Protector
  • Charger 65W
  • Kabel USB Type C to C
  • Aero Case (Cover)
  • SIM card ejector
  • Earphone
  • Paket dokumen

Desain Box ROG Phone 7

Varian Ultimate dari ROG Phone 7 hadir dengan perbedaan yang mencolok pada model kotaknya. Lebih besar dan menarik perhatian, ASUS juga menekankan aspek ramah lingkungan dengan kemampuan daur ulang bahan kotak ini.

Isi kotak sebagian besar tetap sama dengan versi standar, namun terdapat perbedaan khusus. AeroActive Cooler 7 sudah termasuk di dalam paket, lengkap dengan sebuah tas kecil yang berfungsi untuk menyimpan cooler tersebut. Perlu dicatat bahwa pada ROG Phone 7 biasa, cooler tidak disertakan.

Namun, ada informasi terbaru dari ASUS Indonesia bahwa AeroActive Cooler 7 saat ini belum dijual secara bebas. Jika ingin memiliki akses ke aksesori ini, satu-satunya opsi adalah dengan membeli varian Ultimate dari ROG Phone 7.

Satu hal yang patut disayangkan, baik pada varian Ultimate maupun standar, keduanya tidak dilengkapi dengan screen protector dari pabrik. Namun, ASUS menyediakan pilihan lain bagi pengguna yang menginginkan perlindungan ekstra dengan menawarkan Tempered Glass khusus untuk ROG Phone 7, dengan harga Rp 399.000.

Desain

Desainnya memiliki ciri khas ROG Phone yang sangat bergaya gaming. Perubahan utama ada pada back cover yang kini memiliki dual tone, separuh matte dan separuh glossy dengan tampilan agak transparan.

Review ROG Phone 7 41

Sisi belakang terbuat dari kaca dengan perlindungan Gorilla Glass 3, dan framenya terbuat dari aluminium, memberikan kesan premium, solid, dan kokoh layaknya smartphone flagship.

Tersedia dalam dua opsi warna; Phantom Black dan Storm White, sedangkan varian Ultimate hanya hadir dalam warna Storm White. Dimensinya adalah 173 x 77 x 10.3 mm dengan bobot sekitar 239 g untuk varian biasa dan 246 g untuk versi Ultimate. ROG Phone 7 Series sudah bersertifikasi IP54, artinya tahan cipratan air dan hujan tipis, tetapi tidak untuk dijatuhkan dalam air atau berenang.

Untuk tiap sisinya terdapat:

– Sisi kanan memiliki Tombol Power, Tombol Volume, dan 2 tombol sentuh bernama AirTrigger, berfungsi sebagai tombol L1 dan R1 pada controller game, dengan sensitivitas dan variasi gestur dapat diatur melalui menu Game Genie.
– Sisi atas memiliki mikrofon.
– Sisi kiri memiliki 1 port USB C 3.1 dan SIM Tray DUAL SIM tanpa slot microSD.
– Sisi bawah memiliki 1 port USB C 2.0 dan Headphone Jack, yang menarik perhatian karena masih disertakan di smartphone ini.

Di sisi belakang terdapat Logo ROG dengan LED dapat diatur warnanya, sedangkan versi Ultimate memiliki layar kecil untuk menampilkan notifikasi, jam, widget, dan lainnya, yang dapat diatur melalui Armoury Crate.

Sistem kameranya meliputi:

Review ROG Phone 7 33
– Kamera Utama 50MP Sony IMX766, dengan perekaman video hingga 8k 30FPS dan 4k 120FPS.
– Kamera Ultra Wide 13MP, dengan perekaman video hingga 4k 30 FPS.
– Kamera Makro 5MP, sayangnya belum mendukung perekaman video di aplikasi kamera bawaan.

Beralih ke sisi depan, terdapat symmetrical dual front-facing stereo speakers, menawarkan kualitas speaker terbaik yang bisa ditemukan di smartphone resmi Indonesia.

Review ROG Phone 7 36

Bezel atas dan bawah yang tetap tebal pada smartphone gaming ini memberikan kualitas suara luar biasa dan mengurangi kemungkinan layar tak sengaja tersentuh saat bermain game. Terdapat kamera selfie 32MP di bezel atas dengan perekaman video maksimum 1080p 30FPS.

Layar

Review ROG Phone 7 41 1

Smartphone ini menggunakan Layar Samsung AMOLED 165Hz dengan touch sampling rate 720Hz, menawarkan responsivitas luar biasa untuk gaming. Tersedia beberapa mode warna layar seperti Optimal, Natural, Cinematic, dan Standard, serta opsi pengaturan manual.

Setting Standard mencapai warna layar yang paling mendekati 100% sRGB, cocok untuk editing foto dan video yang ingin warnanya mirip dengan tampilan di smartphone lain. Layar ini bebas dari isu-isu seperti green tint atau black crush, bahkan pada refresh rate apapun yang digunakan.

Spesifikasi Internal

Review ROG Phone 7 44

– SoC: Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm TSMC).
– RAM: LPDDR5X
– Penyimpanan: UFS 4.0
– Varian RAM Storage tercakup hingga 16GB RAM dan 512GB Storage, memberikan pilihan yang luas bagi pengguna

Baterai dan Charging

– Baterai berkapasitas 6000 mAh, yang dibelah dua menjadi 3000+3000 untuk optimalisasi penggunaan.
– Mendukung 65W Hyper Charge, serta fitur Bypass Charging yang memungkinkan gaming sambil charging tanpa merusak baterai karena daya langsung masuk ke sistem.
– Mode Smart Bypass Charging tersedia, memungkinkan sistem menentukan kapan baterai perlu diisi dan kapan bypass charging aktif.

Sensor

Review ROG Phone 7 51

– Sensor termasuk accelerometer, e-compass, gyroscope, proximity sensor, ambient-light sensor, serta ultrasonic sensors untuk AirTrigger 6 dan grip press.

Cooling System

– Disebut sebagai 360° SoC COOLING System, desain prosesor di tengah bodi memberikan pendinginan internal dan eksternal yang lebih efektif, cocok untuk dipadukan dengan cooler model peltier.

Konektivitas

Review ROG Phone 7 52

– Mendukung 5G
– Diklaim mendukung Wifi 6E, tetapi perlu pembuktian lebih lanjut mengenai ketersediaan dan kompatibilitasnya dengan Wifi 6
– Terdapat fitur Wifi Sharing, NFC, dan Bluetooth dengan codec SBC, AAC, Qualcom aptX, LDAC, dan LC3
– Display Out tersedia, namun hanya berfungsi pada USB-C Port yang di samping, sedangkan port USB di bagian bawah tidak mendukung fitur ini
– Dapat mengakses USB OTG untuk berbagai perangkat, termasuk flash disk dan SSD

OS dan UI

Review ROG Phone 7 55

– Menggunakan ROG UI berbasis Android 13
– ASUS menjanjikan 2 kali Android Update dan 4 tahun untuk Security Update karena kompleksitas fiturnya yang memerlukan penyesuaian khusus setiap kali ada Major Android update
– Fitur Battery Care tersedia untuk memperpanjang umur baterai, dengan pengaturan limit charging maksimum hingga 80/90/100%, kecepatan charging, dan jadwal charging

Fitur Gaming

Review ROG Phone 7

– Game Genie menjadi fitur khas dengan banyak fungsi, seperti real-time info untuk memantau FPS game, pengaturan manual Refresh Rate, pengaturan Air Trigger, Screen Record, dan sebagainya
– Background Mode merupakan fitur unik yang memungkinkan game tetap berjalan di latar belakang sambil membuka aplikasi lain atau mematikan layar, menghemat daya dan mengurangi panas smartphone.
– Penggunaan CPU dan GPU menurun secara signifikan saat Background Mode aktif, memberikan pengalaman gaming lebih baik dan nyaman.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengetahui mengenai performa dan pengalaman gaming dari ROG Phone 7 series, simak review lengkapnya di video berikut ini.

 

Load Comments

Reviews

May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…
April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…