Review Tecno POVA 5 Pro 5G: HP 5G Murah Rp 2,9 Jutaan, Keren, Fitur Lengkap dan Kencang untuk Harganya

Author
Irham
Reading time:
August 23, 2023

Tecno POVA 5 Pro 5G merupakan smartphone terbaru dari Tecno dengan harga sekitar Rp 2 jutaan, dan telah resmi hadir di Indonesia. Ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan POVA 4 Pro yang populer pada tahun 2022.

Seperti namanya, jelas terlihat bahwa smartphone ini mendukung jaringan 5G. Prosesor yang digunakan adalah Mediatek Dimensity 6080, memberikan performa yang baik sesuai dengan kelas harganya.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G

Layar memiliki ukuran 6.78” dengan refresh rate 120 Hz, sementara kecepatan pengisian daya menggunakan 68W Ultra Charge. Desainnya sangat menarik dengan konsep “mecha design” yang dilengkapi dengan Turbo Light, memberikan kesan yang keren.

Sebagai penerus POVA 4 Pro, POVA 5 Pro tentu memiliki tanggung jawab besar. POVA 4 Pro telah memiliki daya tarik yang kuat di kelasnya, bahkan sering sulit ditemukan karena cepat habis terjual setiap kali stok tersedia.

Pertanyaannya, apakah peningkatan yang ada dalam smartphone ini mampu melanjutkan kesuksesan pendahulunya? Hal ini akan kami bahas dalam video ini. Namun, mari kita awali dengan membahas isi dari paket penjualan smartphone ini.

Paket Penjualan

Isi dari paket penjualannya adalah:

Review Tecno Pova 5 Pro 5G
  • Unit Smartphone
  • Ada charger, 68W Ultra Charge
  • Kabel USB Type C
  • Soft Case
  • Set sticker Free Fire
  • SIM Tray Ejector
  • Paket Dokumen
  • Gift Card yang bisa di-redeem untuk game Free Fire

Isi paket penjualan ini terbilang cukup lengkap. Plus ada bonus menarik untuk pemain Free Fire.

Desain

POVA 5 Pro 5G menampilkan desain yang dikenal sebagai “mecha design”, walaupun deskripsi yang akurat tentang desain ini agak sulit. Secara umum, tampilannya memberikan kesan futuristik yang menarik, dengan dua opsi warna yang tersedia: dark illusion dan silver fantasy.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G

Pada bagian belakangnya, terdapat fitur RGB lighting yang disebut Turbo Light. Fungsinya adalah untuk memberikan efek pencahayaan yang berbeda dalam berbagai kondisi, seperti saat startup, mendengarkan musik, bermain game tertentu, dan pengisian baterai.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G

Berbagai efek pencahayaan dapat dipilih sesuai dengan preferensi, dan pengguna juga memiliki kendali untuk mengatur kapan efek pencahayaan ini aktif.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G

Secara fisik, POVA 5 Pro 5G memiliki bodi belakang dan frame dengan gaya serba flat, menggunakan bahan polikarbonat. Dimensinya adalah 168.5 x 76.5 x 9.0 mm, dengan bobot sekitar 220 gram, menjadikannya smartphone yang memiliki bobot yang cukup signifikan.

Di tiap sisinya terdapat:

  • Sisi Kanan: tombol power sekaligus fingerprint scanner, tombol volume up/down
  • Sisi Atas: speaker
  • Sisi Kiri: SIM Tray (non-hybrid, 2 Nano SIM + Micro SD)
  • Sisi Bawah: audio jack 3.5 mm, microphone, USB C, speaker

Smartphone ini memiliki dual speaker yang memberikan kualitas suara yang cukup baik. Saat diuji, kualitas suara yang dihasilkan tergolong standar dengan frekuensi menengah yang dominan.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G 19

Meskipun demikian, volumenya cukup lantang dan sesuai dengan ekspektasi untuk perangkat dalam kelasnya. Melalui menu pengaturan, terdapat opsi “DTS Sound” pada bagian pengaturan audio. Fitur ini melibatkan “preset” karakter suara serta opsi “boost” untuk bass, vokal, dan treble.

Pengaktifan fitur ini, terutama untuk bass dan treble, dapat meningkatkan kualitas suara secara keseluruhan. Secara keseluruhan, kualitas suara yang ditawarkan oleh POVA 5 Pro 5G dapat dianggap memadai untuk kelas perangkat ini.

Pada bagian depan, terdapat layar dengan ukuran 6.78 inci yang menggunakan panel IPS. Resolusinya mencapai FHD+ (2460 x 1080 piksel) dengan refresh rate yang bisa mencapai 120 Hz. Ini merupakan perubahan dari POVA 4 Pro yang menggunakan layar AMOLED dengan refresh rate 90 Hz.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G 18

Walaupun beralih dari teknologi AMOLED ke IPS, bukan berarti ini merupakan langkah mundur. Dengan tuning yang tepat, layar jenis IPS masih mampu memberikan kualitas tampilan yang memuaskan. Terlebih lagi, adanya peningkatan refresh rate menjadi 120 Hz memberikan pengalaman visual yang lebih halus.

Perubahan refresh rate ini terlihat saat berada di beranda, menu pengaturan, app drawer, dan beberapa aplikasi lainnya. Saat layar tidak aktif, refresh rate akan turun otomatis menjadi 60 Hz untuk menghemat daya.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G 20

Layar ini juga menawarkan tingkat kecerahan hingga 580 nit, sesuai dengan klaim dari Tecno. Namun, perlu dicatat bahwa itu merupakan tingkat kecerahan maksimal yang bisa dicapai oleh layar ini. Sayangnya, saat diuji dalam simulasi penggunaan di luar ruangan, tingkat kecerahan yang tersedia tetap pada 580 nit.

Layar ini juga menampilkan tampilan warna yang seimbang, dengan satu mode tampilan yang mendekati 100% sRGB dan DCI-P3. Pada sisi bezel, meskipun tidak terlalu tipis, bezel di bagian kiri, atas, dan kanan cukup ramping.

Namun, bezel di bagian bawah layar terlihat agak lebih tebal, memberikan kesan layaknya “dagu” pada smartphone. Earpiece ditempatkan di bezel bagian atas layar.

Baca Juga: Review Tecno Camon 20 Premier 5G: Smartphone Tecno Terbaik 2023? • Jagat Gadget (jagatreview.com)

Kamera selfie dengan resolusi 16 MP ditempatkan dalam punch hole di tengah bagian atas layar, menggantikan notch pada POVA 4 Pro. Ini memberikan tampilan yang lebih modern.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G 27

Kamera ini memiliki aperture f/2.0 dan mampu merekam video hingga resolusi “2K” pada 30 fps dan 1080p pada 60 fps. Kamera selfie ini juga dilengkapi dengan LED flash yang terletak di bagian kanan bezel atas layar.

Di bagian belakang, terdapat kamera utama dengan resolusi 50 MP dan aperture f/1.6. Kamera ini menggunakan teknologi pixel binning untuk menghasilkan foto 12.5 MP yang lebih berkualitas.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G 30

Ada juga kamera Depth Camera sebagai tambahan, serta dual LED flash. Kemampuan merekam video mencapai resolusi “2K” pada 30 fps dan 1080p pada 60 fps, dengan fitur Slow Motion hingga 720p pada 240 fps.

Kamera smartphone ini dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk Mode 50 MP, Pro (khusus untuk foto), Mode Film, Super Night, Ultra Steady, Sky Shop, Dual Video, Wide Selfie, dan banyak lagi.

Spesifikasi

POVA 5 Pro 5G didukung oleh chipset Mediatek Dimensity 6080, yang menggunakan teknologi fabrikasi 6 nm. Sebelumnya, chipset ini dikenal sebagai Dimensity 810. Untuk detail spesifikasi yang lebih lengkap, Anda dapat merujuk pada video yang telah dihasilkan sebelumnya mengenai Dimensity 810.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G 36

Dalam hal RAM dan penyimpanan, perangkat ini menyediakan opsi RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 256 GB UFS 2.2. Terdapat juga fitur MemFusion dengan pilihan hingga 8 GB untuk pengalaman yang lebih kaya.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G 38

Kapasitas baterainya adalah 5000 mAh, sedikit lebih kecil dari POVA 4 Pro yang memiliki baterai 6000 mAh. Namun, POVA 5 Pro 5G mendukung teknologi pengisian cepat 68W Ultra Charge, yang lebih tinggi daripada dukungan pengisian POVA 4 Pro sebesar 45W.

Review Tecno Pova 5 Pro 5G 41

Terdapat juga fitur Bypass Charging yang memungkinkan daya dari charger langsung digunakan untuk menjalankan perangkat, tanpa melewati baterai terlebih dahulu. Namun, fitur ini membutuhkan charger asli dari paket penjualan smartphone.

Dalam hal konektivitas, perangkat ini telah mendukung jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G, menjadikannya salah satu smartphone 5G yang paling terjangkau dari Tecno. Konektivitas lainnya termasuk Wi-Fi 5, Bluetooth 5, NFC, USB OTG, dan FM Radio (perlu menghubungkan earphone untuk menggunakannya).Review Tecno Pova 5 Pro 5G 48

Dalam hal keamanan, perangkat ini dilengkapi dengan pemindai sidik jari dan pengenalan wajah (face unlock).

Sistem operasinya adalah HiOS 13, berbasis pada Android 13. Interface ini relatif bersih dengan sedikit aplikasi bawaan yang terkait dengan Tecno dan layanan resmi mereka yang dikelola oleh Carlcare.

Pemberitahuan dari aplikasi bawaan ada, tetapi jumlahnya tidak banyak dan dapat dengan mudah dimatikan jika tidak diperlukan. Saat ini, belum ada informasi resmi tentang pembaruan yang akan tersedia untuk perangkat ini.

Nah untuk tau lebih lanjut seperti apa performa dari TECNO POVA 5 Pro 5G, simak review lengkapnya di video berikut ini.

Load Comments

Reviews

May 26, 2024 - 0

Review itel PAD2: Tablet 4G Murah Rp 1.5 Jutaan!

Tablet yang satu ini harganya murah! Bahkan, kalau beli dekat-dekat…
May 22, 2024 - 0

Review iQOO Z9: Andalan iQOO di Kelas Menengah

Smartphone yang satu ini adalah andalan iQOO untuk kelas mid…
May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…