Review TECNO PHANTOM V Flip: Smartphone Lipat Canggih dan Paling Terjangkau

Author
Friska
Reading time:
November 28, 2023
TECNO PHANTOM V Flip 20

Ini adalah smartphone foldable atau hape lipat paling terjangkau termurah yang masuk resmi ke Indonesia sampai video ini dibuat! TECNO Selalu kasih inovasi terkini namun dengan harga yang terbilang terjangkau untuk semua kalangan. Memungkinkan semua orang merasakan kesenangan dan kenyamanan dari ponsel Flip!

TECNO PHANTOM V Flip

Harganya bahkan masih cukup jauh dari Rp 10 juta. Jauh sekali di bawah foldable tipe flip yang ada saat ini! Tapi, TECNO PHANTOM V Flip 5G ini jauh sekali dari kesan murahan. Layarnya utamanya, foldable LTPO AMOLED 120 Hz dengan cover screen yang juga pakai AMOLED. Kamera utamanya, 64 MP + 13 MP Ultra Wide. Fungsional, tidak pakai kamera bonus! Prosesor atau chipset atau SoC-nya menggunakan Dimensity 8050, SoC kelas premium dari MediaTek.

Tentunya, itu belum semua hal menarik yang ditawarkan foldable murah ini. Jadi, kita mulai saja reviewnya!

TECNO PHANTOM V Flip 2

PHANTOM V Flip 5G, smartphone ini disiapkan TECNO untuk membawa hape lipat menjangkau lebih banyak kalangan. Smartphone ini diharapkan bisa jadi pembeda untuk yang ingin menjadi trendsetter, khususnya untuk yang berjiwa muda. Ya, ini memang punya bekal yang mendukungnya mencapai tujuan itu. Salah satunya tentu dari harganya yang memang terbilang murah. Tapi, apa murah saja bisa jadi senjata smartphone ini? Kita akan bahas di video kali ini.

Kita mulai dulu dari paket penjualan smartphone ini.

Paket Penjualan

TECNO PHANTOM V Flip 5

Kemasan paket penjualan smartphone didesain dengan gaya berbeda dari smartphone TECNO yang kita kenal saat ini. Desainnya lebih minimalis dan menghadirkan kesan elegan, dengan bentuk seperti ini ya.

Isi paket penjualannya:

  • unit PHANTOM V Flip
  • charger 45 W Flash Charging
  • kabel USB Type A to Type C
  • ada case, dengan desain khusus seperti ini ya
  • SIM Tray Ejector
  • paket dokumen
  • 2 lembar stiker

Bagaimana dengan screen protector untuk foldable screen? Tentu saja tersedia dan sudah terpasang ke layar smartphone ini. Isi paket penjualan smartphone ini terbilang lengkap ya. Oh, iya, di kemasan paket penjualan ini juga ada info garansi produk di sticker di bagian depan. Kurang lebih seperti ini ya.

Desain TECNO PHANTOM V Flip

TECNO PHANTOM V Flip 4 TECNO PHANTOM V Flip 7

Smartphone ini hadir dengan Cosmic Design yang disebut terinspirasi dari objek-objek luar angkasa yang mengelilingi sebuah planet. Ini tercermin di desain cover screen dan camera ring di sekitarnya. Sisi belakang smartphone ini memiliki permukaan flat dengan area yang melengkung di bagian tepi, yang langsung terhubung ke frame curved. Untuk materialnya, bodi belakang menggunakan leather, sementara frame menggunakan aluminum.

Opsi warna yang tersedia ada dua, yaitu Mystic Dawn dan Iconic Black.

TECNO PHANTOM V Flip 8

Untuk dimensi, sesuai klaim TECNO:

  • Saat dibuka: 171.72 x 74.05 x 6.95 mm
  • Saat dilipat: 88.77 x 74.05 x 14.95 mm

Sementara untuk bobotnya ada di kisaran 194 gram.

Beralih ke engsel atau hinge, TECNO menyebutkan kalau engsel yang ada di smartphone ini menggunakan aerospace-grade steel. Apakah engsel ini bisa membuat smartphone ini menutup rapat saat dilipat? Ya, ternyata bisa. Terlihat memang rapat ya. Sementara untuk durabilitasnya, ini disebut sudah diuji sampai 200 ribu kali proses buka-tutup.

Untuk apa saja yang ada di sekeliling bodi smartphone ini, kita lihat dalam kondisi dibuka ya.

TECNO PHANTOM V Flip 9

Sisi Kanan: tombol power sekaligus fingerprint scanner, tombol volume up/down

Sisi Atas: microphone

Sisi Kiri: SIM Tray, hanya untuk satu Nano SIM saja

Sisi Bawah: microphone, USB C, dan speaker.

Sekarang, kita beralih ke sisi “luar” atau “depan” smartphone ini, alias sisi tempat foldable screen berada.

TECNO PHANTOM V Flip 11
  • Layar 6.9” foldable LTPO AMOLED
  • Resolusinya, Full HD+ (2640 x 1080 piksel), rasio 22:9.
  • Refresh rate up to 120 Hz, auto-switch.

Ini diklaim TECNO adaptive antara 10 Hz sampai 120 Hz. Saat kami coba, saat tidak ada aktivitas di layar refresh rate bisa turun sampai 10 Hz. Sementara saat kita melakukan aktivitas di layar, refresh rate bisa naik sampai 120 Hz. Tapi, tentunya 120 Hz ini masih belum bisa dirasakan di semua app yang ada di smartphone kita ya.

Kalau dibutuhkan, ada juga opsi untuk membatasi refresh rate ke 90 Hz atau 60 Hz. Menariknya, saat kita set refresh rate ke 90 Hz atau 60 Hz, refresh rate adaptive masih kita dapatkan. Jadi masih bisa turun sampai 10 Hz saat tidak ada aktivitas.

  • Touch Sampling Rate sampai 360 Hz
  • Color depth: 10-bit. Jadi layar ini bisa menampilkan sampai 1.07 miliar warna.
  • Brightness: berdasarkan info dari TECNO peak brightness-nya ada di 1000 nit. Saat kami coba, di kondisi standar, bisa sampai sekitar 520 nit untuk indoor maupun saat simulasi outdoor. Nah, di menu setting ada opsi High Brightness. Saat kami aktifkan, untuk simulasi outdoor brightness bisa mencapai 830 nit.
TECNO PHANTOM V Flip 10
  • Color Gamut: ada dua mode tampilan layar yang disebut “color style”. Color gamut yang ditawarkan kedua mode tersebut, sesuai hasil pengujian kami, bisa dilihat di tabel ini ya.

Secara umum, di mode Original Color gamut coverage dan volume dituning mendekati 100% DCI-P3, walaupun untuk volume masih cukup jauh di atas 100%. Sementara di mode Bright Colored, warna terlihat dilepas dengan gamut volume sangat tinggi. Sayang sekali, tidak ada mode yang diatur mendekati 100% sRGB. Jadi, perhatikan untuk yang edit foto atau video di sini. Bisa jadi warna akan terlihat sudah mencukupi saat edit di layar utama ini, tapi saat dilihat dari layar smartphone lain, warna hasil edit bisa jadi masih terasa kurang.

TECNO PHANTOM V Flip 12
  • Untuk HDR, ada dukungan untuk HDR10+.
  • Smartphone ini disebut menggunakan pelindung layar Schott UTG.
  • Sementara untuk bezel di sekeliling layar, belum yang super tipis, tapi ini wajar untuk perangkat foldable.

Bagaimana dengan crease atau bekas lipatan di layar ini? Bekas lipatan terbilang minim, tidak mudah terlihat saat kita pakai smartphone ini. Cenderung terasa tidak mengganggu. Ini cukup sesuai dengan janji TECNO yang menyebutkan Phantom V Flip ini bisa terlihat “without crease”.

  • Ada earpiece di bezel atas layar. 

Nah, earpiece ini juga berfungsi sebagai speaker dari smartphone ini. Jadi, ada dual speaker di sini. Volume suara yang dihasilkan earpiece ini terasa lebih rendah dari speaker di sisi bawah smartphone. Tapi, tetap saja ini bisa membuat suara yang dihasilkan jadi lebih seimbang, dibandingkan satu speaker saja. Terkait kualitas suaranya, sayangnya untuk kelas harganya masih terbilang biasa saja. Kurang spesial, tapi tetap tidak bisa dikatakan kurang. Ada fitur DTS Sound di smartphone ini, dengan beberapa tuning untuk lebih menyesuaikan karakter suara dengan preferensi kita.

TECNO PHANTOM V Flip 13
  • Ada kamera selfie, di punch hole di area tengah atas layar.
    • 32 MP, f/2.45, lensa 5P, Auto Focus, FoV 82.5°
    • Video Recording up to 1080p60 atau 2K30. Ini maksudnya 2560 x 1440 piksel ya.
    • Ada juga LED flash untuk mendukung kamera selfie ini, di area kanan bezel atas layar.

Sekarang, kita beralih ke sisi “luar” atau “belakang” smartphone ini.

TECNO PHANTOM V Flip 14

Ada Cover Screen dengan bentuk lingkaran. 

  • Ukurannya 1.32”
  • Resolusi 466 x 466 piksel.

Jadi, sekilas, ini terlihat mirip dengan layar yang ada di smartwatch.

  • Refresh rate 60 Hz, dengan panel AMOLED.
  • Layar ini dilindungi Corning Gorilla Glass Victus.

Nah, di cover screen ini, TECNO menawarkan Cute Pets. Jadi, akan ada tampilan hewan peliharaan virtual di layar tersebut yang bisa kita pilih dari beberapa opsi yang tersedia. dan ternyata ada virtual pets ini lumayan interaktif! jika ada notif pesan masuk, pets nya akan kasih tau seperti contohnya anjing yang gigit surat, dan jika HP nya low batt, anjingnya akan minta makan, wow lucu juga ya!

TECNO PHANTOM V Flip 15

Cover screen ini tentunya juga bisa digunakan untuk mengoperasikan smartphone, walaupun terbatas di beberapa fungsi tertentu. Seperti swipe ke atas untuk membuka notifikasi. Lalu, untuk swipe ke bawah, akan terbuka panel quick setting untuk Wi-Fi, Bluetooth, mobile data, dan lain sebagainya.

Sementara untuk swipe ke kiri dan kanan dari tampilan utama cover screen, ini akan mengakses berbagai widget yang tersedia. Ada untuk kontrol musik, weather, calendar, alarm, vitality rings atau pencatatan aktivitas mirip yang ada di smartwatch, dan beberapa widget lain yang bisa kita pilih secara manual.

Selain itu, tentunya ada widget Camera untuk mengoperasikan kamera utama smartphone ini langsung dari cover screen. Jadi, kita bisa pakai kamera utama ini untuk selfie juga. jangan lupa untuk nyalakan semua shooting methodsnya supaya kalian bisa ambil foto dan video pakai gesture hi-five, voice control seperti say cheese atau capture, hingga dengan senyum pun bisa langsung ambil foto!

TECNO PHANTOM V Flip 16

Nah, bicara soal kamera utama, smartphone ini dilengkapi dengan dua buah kamera di sistem ini.

  • 64 MP Main Camera, f/1.7, lensa 6P, PDAF, FoV 81.5°

Perekaman video sampai 1080p60 atau 4K30

  • 13 MP Ultra Wide Camera, f/2.2, lensa 5P, FoV 120°

Perekaman video 1080p30 atau 4K30

  •   Ada juga LED flash dengan gaya ring light
  • Fitur: Film Mode, Super Night, 64 MP Photo, Ultra Steady, Pro (bisa untuk kamera utama maupun ultra wide), Slow Motion, Sky Shop, Time Lapse, Dual Video, Super Macro, Documents, dll.
  • Free Cam System yang berarti bisa mengambil foto tanpa tripod dan segala kondisi ini juga memudahkan bannget untuk berkreasi dengan lebih mudah!
Load Comments

Reviews

June 21, 2024 - 0

Review nubia Neo 2 5G: HP Gaming 2 Jutaan!

Ini adalah nubia Neo 2 5G, smartphone gaming terbaru dari…
June 21, 2024 - 0

Review realme GT 6: Smartphone Terbaik realme 2024!

realme GT IS BACK! Dari tahun lalu banyak banget yang…
June 19, 2024 - 0

Huawei MatePad 11.5”S: Tablet Layar Unik dari Huawei

Ini adalah Huawei MatePad 11.5”S, tablet baru dari Huawei yang…
June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…

Accessories

June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…