in: Reviews | June 14, 2016 | by: Friska

Review Smartphone Android: Wiko Robby

Memulai debutnya di Indonesia sejak tahun 2015 lalu, Wiko menjadi salah satu brand yang menghadirkan beberapa lini produk smartphone Android di Tanah Air. Setelah merilis beberapa smartphone untuk berbagai pasar, kini Wiko turut menghadirkan satu lagi smartphone Android berlayar besar yang cocok untuk ditujukan ke kelas menengah ke bawah, Wiko Robby. Seperti apa performanya?

Desain dan Spesifikasi

20160614111349
tampak depan
20160614111405
tampak belakang

Wiko Robby memiliki desain persegi panjang dengan sudut-sudutnya yang membulat, serta bodi belakang bermaterial metal aluminium yang melengkung namun memiliki finishing halus serta pilihan warna yang beraneka ragam, membuat keseluruhan smartphone ini terlihat elegan dan menarik. Namun demikian, bodi belakang yang terasa halus tersebut juga membuat smartphone terasa lebih licin, walau hal ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan casing tambahan.

tampak samping
tampak samping

Smartphone ini berdimensi 155×79.1×10 mm dengan berat total 185 gram, serta bezel (bingkai) keseluruhannya terlihat cukup tebal, membuat smartphone seperti “penuh” dan cukup berbobot untuk sebuah smartphone berlayar 5.5 inch. Walau begitu, hal ini juga membuat Wiko Robby terlihat lebih kokoh saat digunakan.

speaker yang terletak di bagian permukaan atas smartphone
speaker yang terletak di bagian permukaan atas smartphone

Pada bagian permukaan atas dan bawahnya, Wiko Robby menyediakan dua buah speaker dengan teknologi Auro 3D Sound, membuat kualitas suara speaker surround menjadi lebih nyata.

posisi tombol power dan volume
posisi tombol power dan volume
posisi jack audio
posisi jack audio
posisi port microUSB
posisi port microUSB

Tombol power serta volume terletak di sisi sebelah kanan smartphone. Sementara bagian atas smartphone merupakan posisi port jack audio 3.5mm, dan bagian bawah merupakan posisi port microUSB.

posisi SIM dan microSD card
posisi SIM dan microSD card

Slot SIM card untuk Wiko Robby terletak di bagian belakang smartphone. Casing belakang dapat dibuka untuk menaruh dua SIM card, sekaligus microSD card dengan menggunakan slot terpisah.

box penjualan
box penjualan
box penjualan tampak belakang, memperlihatkan beberapa jenis pilihan warna lainnya
box penjualan tampak belakang, memperlihatkan beberapa jenis pilihan warna lainnya

cpuz

Spesifikasi dari Wiko Robby ini sendiri tergolong kelas menengah cenderung ke bawah, dengan berlayar 5.5 inch HD (1280×720) IPS, prosesor MediaTek MT6580 quad core 1.3GHz Cortex-A7 dengan GPU Mali 400MP, RAM 2GB dan ROM 16GB yang bisa diekspansi hingga 64GB menggunakan microSD card.

Kameranya sendiri juga tergolong standar, dengan beresolusi 8 MP untuk kamera utamanya dan resolusi 5 MP untuk kamera depannya. Kedua kameranya dilengkapi dengan LED flash yang membuat foto dalam gelap bisa menjadi lebih cerah karenanya. Untuk kamera belakangnya, juga bisa digunakan untuk merekam video kualitas 1080p@30fps.

Sensor pada Wiko Robby ini juga tergolong standar, dengan memiliki sensor Accelerometer, Proxomity, Magnetic dan Light. Tidak ditemukan sensor Gyro pada smartphone ini, sehingga sayangnya tidak bisa digunakan untuk menonton video 360 derajat atau menggunakannya untuk VR.

wiko robby (5)
posisi smartphone bisa diputar terbalik untuk menerima telepon
wiko robby (4)
dengan reversible display ini, pengguna tak perlu lagi memutar posisi smartphone ke arah yang benar ketika menerima telepon karena sudah terdapat Dual Mic untuk atas dan bawah smartphone

Wiko Robby sendiri telah menggunakan OS Android versi terbaru, yaitu Android 6.0 Marshmallow. Untuk kemudahan pengguna, pada smartphone ini Anda bisa memutar layar UI tidak hanya secara landscape (horisontal) tetapi juga secara 180 derajat (vertikal). Hal ini tentunya akan mempermudah, misalnya, ketika smartphone tengah di-charge tetapi kabel berada di bawah smartphone terasa kurang nyaman apalagi ketika smartphone masih digunakan. Anda bisa memutar secara vertikal, dan layar UI akan langsung berputar otomatis mengikuti gerakan penggunanya. Uniknya, pengguna juga tetap bisa menerima telepon walau dalam kondisi “terbalik” karena Wiko Robby ini memiliki Dual Mic untuk menanggulangi terjadinya “salah posisi” telepon.

Sementara untuk dukungan lainnya, Wiko Robby memiliki konektivitas 3G dengan dukungan Dual SIM card, teknologi audio 3D Auro, serta memiliki kapasitas baterai Li-Po 2500mAh yang bisa dilepas.

UI
tampilan UI
smart
Smart Actions, salah satu fitur dukungan di Wiko Robby
gesture
Smart Gestures

Untuk paket penjualannya sendiri, Wiko Robby memiliki paket yang tergolong lengkap dengan disertai kabel charger, adapter, earphones, kartu garansi, buku manual penggunaan, anti gores, soft case, dan slot SIM/microSD card.

kelengkapan paket: kabel charger, adapter, earphones
kelengkapan paket: kabel charger, adapter, earphones
kelengkapan paket: soft case, aanti gores, warranty card, manual guide
kelengkapan paket: soft case, anti gores, warranty card, manual guide
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
Featured - News | September 20, 2019 | Comments

Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Resmi Diumumkan

News | August 30, 2019 | Comments

Honor 20S Diduga akan Gunakan Kirin 980

News | September 11, 2019 | Comments

Keluarga Apple iPhone 11 Resmi Diluncurkan

News | August 23, 2019 | Comments

Komitmen Terhadap Pelanggan, Oppo Luncurkan Aplikasi Oppo Service