in: Reviews | December 30, 2016 | by: Irham

Review Lenovo A7700: Asik Buat Nonton !

Salah satu brand yang telah berkomitmen untuk mengikuti peraturan TKDN di tanah air adalah Lenovo untuk smartphone 4G mereka. Seperti yang kita Lenovo telah bekerja sama dengan PT. Tri Dharma Kencana yang berlokasi di Serang, Banten sebagai pabrik perakitan mereka. Dan produk terbaru Lenovo yang digarap adalah produk  A7700 sebagai seri low-end mereka. Perangkat ini juga merupakan penerus dari seri sebelumnya yaitu Lenovo A7000 yang sempat diluncurkan di tahun 2014.

Lenovo A7700 ditujukan sebagai smartphone low-end untuk pengguna yang hobi streaming video ataupun aktifitas multimedia lainnya. Dibekali dengan layar lebar yaitu 5,5 inci, fitur jagoan yang dihadirkan terletak pada sistem audio Waves MaxxAudio. Tentunya juga perangkat ini sudah mendukung jaringan 4G untuk kebutuhan koneksi internet pengguna.

Untuk lebih lengkapnya simak review Lenovo A7700 berikut ini.

Desain

Desain yang diusung oleh Lenovo A7000 bisa dibilang tidak terlalu banyak membawa perubahan. A7700 kembali diusung dengan material polycarbonat, namun kini hadir dengan frame metal yang membuatnya terlihat tampak lebih kokoh. A7700 masih menggunakan baterai yang terpasang secara removable dimana pengguna bisa melepas casing bagian belakang untuk mengganti baterai atau memasang kartu SIM.

a7700-1

Dibandingkan dengan A7000, perangkat ini terlihat lebih lebar namun memiliki dimensi yang lebih tipis. Secara detail perangkat ini memiliki ukuran dimensi 152×76.2×8.5 mm dengan bobot sekitar 155g. Terbilang ringan untuk ukuran perangkat 5,5 inci ini. Bezel yang membingkai layar rasanya terlihat masih terlalu besar, sehingga rasio body-to-screen masih kurang optimal. Meski tidak disebutkan memiliki pelindung layar tertentu seperti Gorrila Glass atau Dragontrail, tapi kami menguji ketahanan layar akan goresan, dan perangkat ini cukup aman dari goresan. Jadi anda tak perlu khawatir layar tergores jika meletakannya di sembarang tempat.  Begitu pula kaca pelindung sensor kamera, di bagian belakang. Meskipun tampak menonjol dan rawan akan goresan, rupanya sudah dilindungi  dengan cukup aman.

a7700-2

Meski terasa lebar digenggaman Dengan material polycarbonat, perangkat untungnya tidak begitu licin. Material polycarbonat yang digunakan dengan finsihing matte pada casing bagian belakang memberikan grip yang cukup kokoh pada tangan pengguna. Terdapat grill speaker yang membentang dibagian belakang, dimana terdapat dua buah komponen speaker yang cukup memadai untuk kebutuhan multimedia.

Seperti biasa, Lenovo meletakan tombol power dan volume berada di sisi sebelah kanan.Slot MicroUSB terletak di bagian atas, begitu pula dengan lubang jack 3,5mm untuk headset. Secara keseluruhan tidak ada yang terlalu menonjol dari desain yang dibawa oleh A7700.

a7700-5
Sisi atas
a7700-3
Sisi bawah
a7700-4
Sisi Kanan
a7700-6
Sisi Kiri

Spesifikasi

Dari spesifikasi yang dihadirkan, Lenovo A7700 bukanlah sebuah smartphone yang menjanjikan performa terbaik dikelasnya. Bahkan jika dibandingkan dengan A7000, A7700 terbilang memiliki spesifikasi yang relatif lebih rendah. Salah satunya yaitu dari SoC yang digunakan, dimana pada A7000 menggunakan SoC MediaTek MT6752, sedangkan pada A7700 menggunakan MT6735p (Quad-Core A53 1GHz+ Mali T720P). MT6752 memiliki performa yang lebih tinggi, namun MT6735p lebih unggul untuk urusan manajemen daya.   RAM yang dgunakan masih tetap sama yaitu  2GB, dengan media penyimpanan internal 16 GB.

cpu-z-a7700
CPU-Z A7700

Lenovo A7700 mengusung layar IPS 5,5 inci dengan resolusi HD 720×1280 dan kepadatan piksel 268PPI. Layar terlihat jauh lebih baik dalam menampilkan warna, namun untuk tingkat kecerahan masih kurang tinggi. Dalam kondisi cahaya terang seperti di luar ruangan, visibilitasnya masih kurang optimal.

a7700-11.Lenovo membekali A7700 dengan sensor kamera utama beresolusi 8MP lengkap dengan lampu flash, serta kamera depan 2MP. Belakangan, beberapa produk Lenovo tidak banyak menggunakan resolusi yang besar pada sensor  kameranya seperti 13MP atau 16MP. Namun meski dengan resolusi yang lebih kecil,kualitas kamera pada hasil fotonya justru lebih memuaskan. Kualitas hasil kamera akan kami bahas pada halaman selanjutnya.

a7700-7

A7700 berjalan menggunakan sistem operasi Android Marshmallow 6.0 dengan UI khas Lenovo yaitu Vibe UI. Perangkat ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 2900mAh.

Salah satu poin plus yang dihadirkan oleh Lenovo melalui produk smartphonenya hingga saat ini yaitu slot Dual-SIM card standby. Pengguna tidak perlu menggunakannya secara bergantian dengan MicroSD card, karena telah tersedia slot MicroSD card secara dedicated. Adapun A7700 telah mendukung jaringan 4GLTE pada slot SIM 1 dan 2G di slot SIM 2. Kedua slot ini menggunakan SIM card tipe Micro. Sedangkan slot penyimpanan eksternal bias menggunakan MicroSD hingga 32 GB.

a7700-9
Baterai Removable, slot SIM & MicroSD

Sayangnya untuk kelengkapan sensor, A7700 terbilang minim. Perangkat ini hanya dilengkapi dengan sensor accelerometer, ambience light serta proximity. Tidak ada kompas dan Gyroscope pada A7700. Namun A7700 membawa keunggulan lain, yaitu pada teknologi auido yang digunakannya. Dimana perangkat in imenggunakan dua buah speaker stereo di bagian belakang, serta sistem audio Waves MaxxAudio. Pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih memuaskan saat memutar musik, memutar video  atau aktivitas multimedia lainnya. Dua buah speaker yang terpasang, mampu memberikan suara yang maksimal dengan nuansa bass tanpa kesan pecah.

os
OS,UI, WavesMaxx Audio

Untuk kelengkapan produk, perangkat ini dilengkapi dengan paket penjualan diantaranya aksesoris charger, kabel USB, kartu garansi, pelindung layar tambahan, buku panduan serta headset.

a7700-8
Paket penjualan

Uji Perormance

Seperti yang biasa kami lakukan sebelumnya,  pengujian dilakukan dengan melakukan beberapa tes menggunakan aplikasi benchmark seperti yang biasa kami pakai, yaitu AnTuTu 6.0.1, Geekbench 3, 3D Mark serta Pcmark. Berikut hasil pengujian kami untuk performa dari Lenovo A7700

AnTuTu 6.0.1

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

antutu-a7700

antutu-a7700
Menggunakan SoC MT6735P, Skor AnTuTu Lenovo A7700 relatif setara dengan smartphone di kelasnya

Geekbench 3

Geekbench 3 digunakan untuk menguji kemampuan prosesor. Angka yang ditampilkan akan menjadi hasil uji yang cukup konsisten dan bisa digunakan untuk acuan yang cukup baik. Skor single core akan menggambarkan kenyamanan penggunaan sehari-hari.

geekbench-3-a7700

single-core-geekbench-a7700
Hasil skor Single-Core Geekbench 3 A7700
multi-core-geekbench-a7700
Perbandingan Multi-Core Geekbench 3 A7700 dengan beberapa smartphone lain

3DMark

Aplikasi benchmark yang satu ini digunakan untuk mengetahui indikator performa gaming maksimum. 3DMark akan menguras kemampuan 3D dan prosesor smartphone yang terkait dengan kemampuan gaming. Demo benchmark yang kami gunakan adalah Ice Storm Unlimited.

3dmark-a7700

3dmark-a7700

Perbandingan Skor 3DMark A7700 dengan beberapa smartphone lain

PCMark

PCMark adalah aplikasi bencmark yang digunakan untuk menampilkan kemampuan menyeluruh dari sebuah smartphone untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk browsing,  performa olah video dan gambar.

pcmark-a7700

pcmark-a7700
Perbandingan Skor PCMark A7700 dengan beberapa smartphone lain

 

Dari hasil keseluruhan benchmark tentunya kita sudah mengetahui secara performa kemampuan A7700 bukanlah tergolong sebagai smartphone yang mengutamakan performa. Apalagi untuk kebutuhan gaming dengan grafis tinggi ataupun kinerja multitasking yang berat. Namun untuk menjalankan beberapa aktivitas sehari-hari seperti sosial media, chating, memutar musik dan video, hingga game-game ringan, perangkat ini terbilang masih cukup memuaskan. Apalagi dengan layar yang cukup besar serta audio yang maksimal. Perangkat ini akan lebih cocok untuk pengguna yang streaming video dan aktivitas multimedia lainnya.

Kamera

A7700 bukanlah smartphone dengan keunggulan pada fitur kamera. Jadi jika anda berekspektasi akan mendapatkan hasil foto yang terbaik di kelasnya, sayangnya A7700 memang bukan jawabannya. Tapi  dengan sensor 8 MP yang diusungnya, sebenarnya smartphone ini juga tidak bisa disebut mengecewakan.

Kamera mampu mengabadikan gambar dengan detail yang cukup baik, hanya saja untuk saturasi warna masih kurang  natural. Warna terlihat pucat, baik saat di kondisi gelap maupun  terang. Detail pada objek cukup baik dan juga minim noise, tanpa kesan terlalu banyak direduksi oleh noise reduction. Hanya saja kontras pada gambar agak kurang tajam. Sehingga gambar masih terasa kurang hidup.

Sementara dengan kamera depan 2 MP, justru A7700 bisa dibilang masih menawarkan hasil yang ‘untuk’ untuk penggunannya. Pada kondisi gelap,  noise masih terasa tinggi. Kamera depan juga masih kurang maksimal untuk kebutuhan selfie, karena angle yang masih terlalu sempit . Tapi kemampuannya dalam mendeteksi backlight cukup baik.

Secara keseluruhan, fitur kamera pada A7700 tidak buruk, namun hanya cukup untuk kebutuhan dokumentasi dan sosial media.

Baterai

Dibekali dengan baterai berkapasitas 2900mAh, sepertinya akan cukup memadai untuk mengakomodir kebutuhan smartphone selama seharian. Kami pun mengujinya dengan aplikasi PCMark untuk mengetahui kemampuan keseluruhan manajemen daya dari A7700.

screenshot_20161224-202529

pcmark-battery-test-a7700
Perbandingan tes baterai A7700 dengan smartphone lain

Rupanya A7700 hanya mampu bertahan selama kurang lebih 8 jam 22 menit. Hasil ini masih terbilang standar, jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lain dengan spesifikasi yang sekelas.

Sedangkan pada pengujian lain yang kami lakukan dengan memutar video secara playback, smartphone ini mampu bertahan dengan waktu kurang lebih 9 jam 12 menit.

videoplayback-a7700
Video Playback A7700

Lenovo A7700 dibekali dengan aksesoris pengisian daya yang memiliki output sebesar 5V/1,5A. Untuk mengisi daya smartphone dari kondisi kosong hingga penuh, A7700 membutuhkan waktu sekitar 3 jam 20 menit. Perangkat ini memang belum dibekali dengan teknologi fast charging, sehingga perlu waktu yang cukup lama saat melakukan pengisian apalgi dengan kapasitas baterai yang cukup besar.

baterai-charging-test
Waktu pengisian baterai A7700

 

Kesimpulan

Secara desain, A7700 tidak terlihat mewah tapi cukup kokoh. Panel display terlindung dengan lapisan pelindung layar yang tahan akan goresan. Jadi desainnya seperti pada produk Lenovo pada umumnya standar, namun durabilitasnnya tergolong baik.

Kamera utama bisa dikatakan cukup baik, sementara kamera depan masih kurang maksimal. Kemampuan baterai juga standar, seperti yang terlihat pada pengujian baterai menggunakan PCMark maupun video loop. Tidak boros, tidak juga awet.

 

a7700-10

Dengan keseluruhan fitur yang ditawarkan oleh Lenovo A7700, rasanya perangkat ini memang cocok digunakan untuk kebutuhan multimedia. Mengandalkan layar 5,5 inci dengan dual speaker yang terpaasang di bagian belakang, perangkat ini bisa menemani pengguna untuk streaming video. Meskipun secara performa, smartphone ini belum bisa dikatakan benar-benar cukup memuaskan apalagi untuk urusan multitasking. Setidaknya untuk kebutuhan sehari-hari masih terasa optimal.

Kelebihan:

+ Build Quality baik

+ Layar cerah, tahan goresan

+ Dual Slot SIM Standby

+ Sistem audio stereo + MaxxWaves

+ Paket penjualan lengkap

+ Hasil kamera utama cukup baik

Kekurangan:

– SoC Kelas low end

– Sensor kurang lengkap

– Hasil kamera depan kurang memuaskan

Produk Lenovo A7700
Layar IPS  5,5 Inci resolusi HD
Processor MediaTek MT6735P Quad-Core 1GHz
GPU GPU Mali T720MP2
Memory 16 GB, 2 GB RAM
Baterai 3000 mAh
Konektivitas GSM, HSDPA, LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, microUSB v2.0, USB Host
Kamera Belakang: 8 MP
Depan: 2 MP
Sistem Operasi Android Marshmallow 6.0.1
Harga Rp 1.799.000,-
: , ,

COMMENTS