in: Reviews | February 17, 2017 | by: Irham

Review Advan G1: Fitur Lumayan, Performa Masih Kurang

Akhirnya Advan secara resmi meluncurkan Advan G1 untuk para konsumen di tanah air. Meskipun mengalami beberapa keterlambatan dikarenakan perubahan pada spesifikasi dan beberapa hal. Kini Advan G1 baru diluncurkan di awal tahun 2017.

Advan mengklaim,  Advan G1 sebenarnya direncanakan sebagai smartphone yang paling sesuai dengan kebutuhan mayoritas pengguna di tanah air. Sebagai pioneer smartphone local, Advan menghadirkan G1 dengan spesifikasi yang optimal, mulai dari layar, prosesor, audio, hingga kamera.

Tapi apakah benar Advan telah berhasil menjawab ekspetasi pengguna dengan produk barunya ini? mari kita simak reviewnya berikut ini.

Desain

Advan G1 membawa desain yang terlihat lebih baik dari produk-produk Advan sebelumnya. Kali ini datang dengan ukuran layar 5 inci dengan tampilan metal unibody. Selain itu pada bagian depan dilapisi dengan pelindung layar yang memiliki kontur 2,5D. Tapi sebenarnya tidak ada yang benar-benar unik istimewa dengan desain yang dihadirkan oleh Advan G1, produk ini hanya terlihat mirip dengan smartphone-smartphone yang ada saat ini.]

Advan-G1-2

Perangkat ini terasa sangat licin digenggaman, karena finishing dengan cat metallic glossy yang dimilikinya. Namun pengguna tampaknya tak perlu khawatir, karena Advan G1 sudah menyediakan casing tambahan berbahan silicon transparan. Amat disarankan menggunakan casing tambahan untuk mencegah smartphone terlepas dari genggaman.

Advan-G1-3

Tombol power dan volume terletak di sebelah kanan pengguna. Namun untuk tombol kapasitif diletakan berada di dalam layar. Meskipun terlihat menarik dari estetika, namun sayangnya membuat bezel bagian bawah layar menjadi mubazir. Sementara ukuran layar 5 inci harus lagi terbagi dengan penempatan tombol dibagian bawah. ada baiknya jika Advan ingin menghilangkan ‘pattern’ tombol kapasitif dibagian bawah, bisa digantikan dengan tiga titik tombol saja. Yang nantinya bisa dikustomasi oleh pengguna.

Advan-G1-11

Pada bagian belakang, terdapat strip berbahan plastic yang tentunya dimaksudkan untuk celah antena, agar tidak mengganggu penerimaan sinyal selular. Advan G1 juga telah dilengkapi dengan fitur fingerprint , yang diposisikan berada dibagian belakang. Tepatnya berada di sensor kamera utama, yang juga dilengkapi lampu LED flash. Grill speaker berada di bagian kiri bawah dibagian belakang.
Advan-G1-4

Untuk Slot MicroUSB berada dibagian bawah, sedangakan slot jack 3,5mm berada dibagian atas. Dibagian depan terdapat lampu indikator, yang terlihat berukuran besar. Sebenarnya lampu indikator ini juga berfungsi sebagai lampu LED flash pada kamera depan. Entah bagaimana menyebutnya, lampu indikator merangkap LED flash atau sebaliknya, LED Flash merangkap lampu indikator.

Advan-G1-5

Advan-G1-7

Advan-G1-10

Spesifikasi

Advan G1 dibekali dengan layar layar IPS berukuran 5 inci dengan resolusi HD. Beruntung, layar ini terlihat cukup baik dibanding beragam smartphone lain dikelasnya. Bahkan cukup mengejutkan, karena ini tidak lagi membuat smartphohne terlihat  ‘kelas local.’ Untuk layar, Advan G1 sudah cukup menarik dan nyaman dipandang mata.

Advan-G1-CPU-Z

Bagaimana dengan dapur pacunya? Advan G1 dibekali dengan SoC MediaTek MT6735 (Quad-Core 1GHz + GPU Mali T720MP2) dan RAM berkapasitas 3GB. Amat disayangnkan, Advan hanya menggunakan SoC kelas low-end untuk perangkat yang satu ini. Bermaksud meningkatkan performa, Advan memberikan kapasitas RAM hingga 3GB. Tapi ini tidak akan berpengaruh banyak , karena dengan kemampuan prosesornya sendiri, performa tidak akan maksimal.

Advan-G1-6

Beralih pada kamera, Advan G1 dibekali dengan kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP. Kabarnya Advan menggunakan Sensor ISOCELL untuk menunjang fitur kamera. Kemampuannya diharapkan jauh lebih baik dari produk-produk mereka sebelumnya. Tentunya untuk hasil kamera akan kami bahas di halaman berikutnya.

Sementara itu, Advan G1 sudah dilengkapi dengan sensor-sensor penting termasuk diantaranya Proximity, Acceleration, Ambience Light, Compass dan Gyroscope. Advan mengklaim smartphone ini bisa digunakan untuk multimedia VR. Tapi melihat spesifikasi dapur pacu yang digunakan, pasti smartphone ini akan terkendala dengan kemampuan performa prosesor dan grafis.

Sensor-Box-Advan

Adapun untuk konektivitas, Advan G1 sudah mendukung semua jarigan 4GLTE dari provider-provider di tanah air. Tersedia dua slot SIM card, dengan tipe Micro. Namun untuk Slot MicroSD terpasang secara hybrid dengan slot SIM2, sehingga pengguna perlu memasangnya bergaintian jika ingin menambah memori.

Advan G1 berjalan menggunakan sistem operasi Android Marshmallow, dengan ditenagai baterai berkapasitas 2600mAh. Untuk kelengkapan penjualan, Advan G1 menyediakan kabel USB, adaptor charger, buku panduan dan kartu garansi, dan juga silicon cover. Sementara headset tersedia diluar paket penjualan, dengan penawaran bundling yang ditawarkan oleh Advan.

Advan-G1-8

Advan-G1-9

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS