Review Smartphone Android: Lenovo K6 Power

Author
Friska
Reading time:
August 17, 2017

Selain menghadirkan Lenovo K6 Note yang sudah rilis di akhir bulan Mei 2017 kemarin, sebelumnya Lenovo lebih dulu merilis Lenovo K6 Power di pertengahan Mei, di mana perangkat ini merupakan penerus dari Lenovo K5 Plus. Jika Lenovo K6 Note lebih menujukan fungsi smartphone sebagai smartphone untuk hiburan atau entertainment, Lenovo K6 Power ini juga memberikan keunggulannya terutama di performa keseluruhan serta daya tahan baterainya dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan K6 Note.

lenovo k6 power (12)

Keunggulan seperti apa yang ditawarkan oleh Lenovo K6 Power ini yang sesungguhnya? Kami akan membahasnya secara lengkap melalui artikel review berikut ini!

Desain

Secara keseluruhan, desain dari Lenovo K6 Power ini mungkin takkan berbeda jauh jika dibandingkan dengan desain yang dimiliki oleh Lenovo K6 Note, dengan dimensi 141.9 x 70.3 x 9.3 mm dan besar layar yang sedikit lebih kecil yakni 5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 pixel Full HD. Body-to-ratio yang dimiliki smartphone ini sekitar 69%, membuat layar terlihat cukup lebar dan luas, walau harus diakui bezel atas dan bawah smartphone masih cenderung agak tebal.

tampak depan
tampak depan
tampak belakang
tampak belakang

Lenovo K6 Power memiliki desain unibodi dengan berbalut metal untuk memberikan kesan yang lebih elegan dan cukup menawan, walau harus diakui bahwa desain dari Lenovo K6 Power ini sendiri tergolong standar dan mungkin tak berbeda jauh dengan beberapa desain smartphone yang beredar di pasaran saat ini. K6 Power memiliki desain sisi dan sudut lengkung, dengan masih memiliki tingkat ergonomis yang cukup baik. Bodi belakang berbalut metal ini sayangnya masih agak terasa licin sehingga akan membutuhkan soft case atau casing untuk bisa menggunakannya tanpa terasa licin. Smartphone ini memiliki beberapa varian warna seperti Gold, Silver dan Grey, sementara yang hadir di meja pengujian Jagat Gadget kali ini adalah warna Silver.

lenovo k6 power (14)
posisi tombol pengoperasian utama
lenovo k6 power (16)
posisi port microUSB dan jack audio 3.5mm
lenovo k6 power (15)
posisi tombo power dan volume
lenovo k6 power (11)
posisi slot SIM/microSD card

Tombol operasi yang terdiri dari tombol power dan volume berada di sisi kanan smartphone, sementara “tombol” operasi utama  berada di bagian permukaan bawah smartphone. Untuk sisi kiri smartphone, merupakan posisi untuk slot nano SIM card dan microSD card. Agak disayangkan, slot ini masih mengusung tipe “hybrid”, oleh karena itu pengguna harus memiliki antara memasukkan dua buah SIM card atau 1 SIM card + 1 microSD card di dalamnya.

lenovo k6 power (3)
slot SIM card jenis hybrid
lenovo k6 power (9)
posisi speaker
lenovo k6 power (10)
posisi kamera belakang, LED flash dan sensor Fingerprint

Pada bagian sisi atas K6 Power, terdapat port microUSB beserta jack audio 3.5mm, sementara bagian sisi bawah merupakan lokasi mic receiver. Speaker utamanya sendiri diletakkan di bagian belakang bawah smartphone, sementara posisi Fingerprint sensor juga berada di bagian belakang smartphone, tepat di bawah posisi sensor kamera utama dan LED flash.

lenovo k6 power (4)
kelengkapan paket
kelengkapan paket
kelengkapan paket (2)
kelengkapan paket (2)

Spesifikasi

cpuz

Lenovo K6 Power dipersenjatai dengan SoC Qualcomm Snapdragon 430 octa core dengan RAM 3GB serta kapasitas internal 32GB. Kapasitas internal masih bisa ditambahkan dengan microSD card tambahan hingga 128GB untuk mereka yang masih belum puas dengan kapasitas internal 32GB yang ditawarkan oleh Lenovo.

Untuk kamera utamanya, Lenovo K6 Power dibekali dengan sensor kamera Sony IMX258 dengan resolusi 13MP dan bukaan F/2.0 serta fitur PDAF, sementara untuk kamera depan dipersenjatai dengan sensor resolusi 8MP.

K6 Plus juga dibekali dengan sensor Fingerprint, dengan kemampuan pemindaian 0,03 detik. Smartphone didukung dengan kapasitas baterai 4000mAh serta fitur penghemat baterai untuk daya tahan baterai yang lebih baik. Dan tentu saja baterai besar ini merupakan dukungan untuk menikmati konten atau pengoperasian smartphone untuk media hiburan lebih lama, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin menggunakan smartphone dalam jangka waktu lama.

lenovo k6 power (7)

K6 Power ini juga telah “VR ready” dengan paket penjualannya dibundling bersama dengan headset VR dalam kapasitas terbatas, juga telah dilengkapi audio Dolby Atmos untuk pengalaman audio yang lebih baik. Kelengkapan lainnya yang dimiliki Lenovo K6 Power ini antara lain konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, FM radio dan A-GPS.

Di awal kami menguji Lenovo K6 Power, smartphone telah memiliki update OS menjadi Android 7.0 Nougat. Untuk tampilannya sendiri, K6 Power menggunakan VIBE UI yang masih menjadi andalan di sebagian besar smartphone milik Lenovo.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…