in: News | January 31, 2018 | by: Friska

Jagat Gadget Awards: Best Smartphone Di Atas Rp 8 Juta

Walau terlambat satu bulan, ijinkan kami untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru 2018. Setiap tahunnya, kami selalu memberikan penghargaan terbaik untuk Gadget yang terbaik di tahun 2017, tetapi masih relevan dan bisa digunakan di tahun 2018 ini. Sebagai pembukanya, kini saatnya kita akan memberikan penghargaan ini dengan menuliskan Best Smartphone dengan harga di atas Rp 8 juta.

Harus diakui, bahwa di harga ini, smartphone yang tersedia memang tidak banyak pilihannya. Tapi bisa dipastikan bahwa smartphone-smartphone yang tersedia dengan harga ini merupakan smartphone premium yang spesifikasi dan performanya secara keseluruhan tidak perlu diragukan lagi. Perlu diingat bahwa daftar pemenang yang kami pilih ini merupakan smartphone premium yang hadir di Indonesia secara resmi, bukan barang BM maupun distributor.

Berikut adalah pemenang yang kami pilih kali ini:

Gold Award – Samsung Galaxy Note 8

Mengesampingkan bahwa produk sebelumnya menerima masalah yang cukup fatal, kini Samsung Galaxy Note telah “comeback” dengan menghadirkan sebuah smartphone premium yang sulit untuk bisa ditandingi saat ini, Samsung Galaxy Note 8.

Memiliki layar Super AMOLED, bezeless dan rasio 18:9, Samsung Galaxy Note 8 nampaknya sudah lebih dari cukup untuk bisa mendukung segala kebutuhan para penggunanya. Mulai dari S-Pen yang responsif dan pastinya memudahkan untuk mencatat atau menulis hal penting secara langsung di perangkat, hingga fitur Bixby sebagai asisten pribadi si pengguna dalam beraktivitas. Spesifikasi tinggi tentunya bisa membuktikan bahwa multi-tasking atau gaming berat sekalipun tidak akan memiliki masalah berarti ketika menggunakan Samsung Galaxy Note 8. Kamera ganda yang dimaksimalkan juga mampu memberikan kualitas hasil foto yang menarik.

Beragam fitur menarik dan lengkap, dengan harga yang cukup berbanding lurus, rasanya sulit untuk bisa menandingi Samsung Galaxy Note 8 ini.

Kelebihan:

+ Layar SuperAMOLED UltraHD 18,5:9 WQHD+(2960×1440)
+ Pelindung layar Gorilla Glass 5 (Panel depan & Belakang)
+ Dual Kamera 12MP Wide-Tele, Dual OIS
+ S-Pen dan Fitur-fiturnya
+ Virtual Asisstant Bixby
+ Aksesoris terlengkap yang pernah ada
+ Water resistant IP68
+ UX Samsung Grace memiliki fitur lebih banyak
+ Fitur unggulan lain seperti Face Recognition, iris Scanner, Hearbeat sensor, Edge Panel, dan Samsung Dex

Silver Award – iPhone X

Setelah sekian lama tidak hadir secara resmi, kini Apple mulai bergerak untuk meresmikan produk mereka untuk pasar di Indonesia, termasuk produk-produk smartphone unggulan mereka. Dan salah satunya, iPhone X, telah resmi masuk di Indonesia melalui Erajaya.

Berbeda dengan iPhone 7 sebelumnya, desain dari iPhone X kali ini juga mengikuti tren layar yang tengah marak terjadi, yakni mengambil konsep bezeless dan rasio layar 18:9. Yang juga membuatnya unik, kali ini iPhone X tidak menyertakan tombol Home, alias semua operasional dan kontrol smartphone harus menggunakan gesture dan kombinasinya. Juga masih mengikuti tren smartphone, iPhone X juga mengadopsi kamera ganda yang nampaknya tidak perlu diragukan kualitas fotonya. Spesifikasinya juga tinggi, sehingga pengguna tak perlu khawatir dengan kemampuan dan performanya secara keseluruhan. Satu lagi, iPhone X juga merupakan salah satu smartphone resmi di Indonesia yang memiliki teknologi keamanan Face ID sebagai alternatif sensor Fingerprint.

Harus diakui bahwa harga yang dimiliki iPhone X ini terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone kelas premium lainnya, namun demikian iPhone X ini sendiri bisa dibilang merupakan smartphone terbaik yang pernah diproduksi oleh Apple sejauh ini. Dan nampaknya cukup pantas untuk kami beri penghargaan Silver.

Kelebihan:
+ desain premium dengan layar OLED bezeless
+ kapasitas storage besar hingga 256GB
+ Kamera ganda 12 MP+12 MP
+ Face ID
+ Sertifikasi IP67

Honorable Mention – LG V30 Plus

Sepanjang tahun 2017 kemarin, LG memang tidak banyak mengeluarkan tipe smartphon terbaru mereka untuk pasar Indonesia. Tapi setidaknya, tahun lalu kita kebagian jatah untuk turut merasakan salah satu smartphone premium yang juga terbaru mereka, LG V30 Plus.

Seperti tren-tren smartphone premium lainnya, Lg V30 Plus turut hadir dengan desain layar P-OLED bezeless dan rasio 18:9. Dan masih mengikuti tren, LG V30 Plus juga hadir dengan kamera ganda dengan konfigurasi dan hasil foto yang memuaskan. Selain itu, smartphone ini bisa dibilang adalah smartphone dengan SoC Qualcomm Snapdragon 835 yang pertama kali hadir secara resmi di Indonesia. Sertifikasi IP68 sudah terdapat pada smartphone ini, beserta dengan fitur-fitur unggulan lainnya seperti Quick Charge 3.0, Voice atau Face Recognition, hingga Wireless Charging. Harganya? Pastinya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan dua pemenang utama yang sudah kami sebutkan di atas.

Jika masih keberatan dengan harga Galaxy Note 8 maupun iPhone X yang memang cukup tinggi, rasanya keberadaan LG V30 Plus ini bisa menjawab kegalauan para calon pembeli smartphone premium.

Kelebihan:

+ Jaminan performa yang tinggi dengan Snapdragon 835
+ Layar 6″ P-OLED yang cukup compact berkat desain bezeless
+ Voice Recognition & Face Recognition
+ Kamera ganda 16 MP + 13 MP
+ Sertifikasi IP68

Honorable Mention – Samsung Galaxy S8/S8+

Kami mengakui bahwa keputusan memilih Galaxy Note 8 sebagai pemenang Gold untuk award kali ini memang cukup mutlak, tapi bukan berarti kami melupakan dua produk flagship dari Samsung yang turut hadir sebelum Note 8, yakni Samsung Galaxy S8 dan S8+.

Semua smartphone flagship dari Samsung dipersenjatai dengan SoC mereka sendiri, yakni Exynos, bukan versi Snapdragon. Tapi, Samsung kembali bisa membuktikan bahwa SoC Exynos mereka juga tidak kalah hebatnya dengan Snapdragon, terutama dibuktikan lebih dulu melalui Samsung Galaxy S8/S8+ yang menggunakan SoC Exynos paling termuktahir mereka, Exynos 8895. Seri Samsung Galaxy S8/S8+ juga merupakan seri pertama mereka yang menggunakan Infinity Display, layar bezeless dengan rasio 18:9. Dari segi kamera, sudah bisa dipungkiri lagi bahwa Samsung masih bisa memberikan hasil dan kualitas foto terbaik dengan sekedar kamera smartphone saja. Bixby juga turut dihadirkan pertama kali di seri ini.

Apa bedanya dari Galaxy Note 8? Yang paling signifikan, S-Pen tentunya. Beda dengan Galaxy Note 8, kedua Galaxy S8 ini tidak disertai dengan S-Pen yang sesungguhnya punya fungsi yang sangat menarik terutama jika penggunanya adalah orang yang lebih senang untuk mencatat manual ketimbang mengetik dengan keyboard. Secara spesifikasi, seharusnya Samsung Galaxy S8/S8+ tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan terhadap Samsung Galaxy Note 8. Akan tetapi jika calon pembeli adalah orang yang ingin mencicipi flagship dari Samsung, tetapi keberatan dengan harganya yang cukup tinggi dan mungkin kurang nyaman dengan layar yang kebesaran, Samsung Galaxy S8/S8+ masih sangat mumpuni untuk digunakan hingga saat ini.

Kelebihan:

+ Layar AMOLED Infinity Display 18:9
+ Screen to Body Rasio sangat tinggi
+ Pelindung layar Gorilla Glass 5 (Panel depan & Belakang)
+ Kamera kelas premium
+ Water resistant IP68

: , , , ,

COMMENTS