in: Reviews | January 23, 2018 | by: Irham

Review Oppo F5

Bulan November lalu, Oppo kembali menghadirkan produk “Selfie Expert” terbaru yaitu Oppo F5. Berbeda dengan produk Selfie Expert sebelumnya, Oppo F5 tidak hanya hadir dengan keunggulan kamera depan saja, tapi Oppo juga mengusung layar bezelless dengan rasio 18:9. Tentu telah menjadi tren untuk smartphone terkini, layar dengan penampang yang lebih lebar menjadi andalan untuk menunjang multimedia yang lebih memuaskan.

Keunggulan lain yang dibawa Oppo F5 adalah efek beautify dengan teknologi Artificial Intelegent yang diklaim dapat memberikan foto paling genic si pemakai. Penasaran seperti apa kemampuan dari Oppo F5? simak reviewnya berikut ini.

Desain

Oppo F5 mengusung desain yang cukup berbeda dari generasi sebelumnya. Lantaran generasi seri F terbaru ini mengusung konsep FullView display, yaitu layar besar dengan rasio 18:9 . Perubahan tentu dapat dilihat dari penampang bagian depan, dimana pengguna tak lagi melihat tombol navigasi berada di bezel bagian bawah. Kini tombol navigasi berada di dalam layar, dengan bezel bawah yang minim terlhat. Bagian sudut-sudut layar terlihat memiliki lengkungan, seperti smartphone dengan fullview display pada umumnya.

Beralih ke penampang bagian belakang, meskipun smartphone yang satu terlihat memiliki finishing dengan warna metallic namun material yang digunakan sebenarnya adalah polycarbonate.  Cukup menyayangkan mengapa Oppo masih menggunakan material polycarbonate untuk smartphone yang tergolong di range harga menengah keatas. Bahkan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu Oppo F3, Oppo f5 terbilang mengalami penurunan karena pada Oppo f3 telah menggunakan material aluminium unibody. Tapi kami cukup salut untuk Oppo mau menyebutkan material produk dengan gambling sehingga secara langsung akan jadi pertimbangan konsumen, ketimbang menyebut material metal namun ternyata masih menggunakan material Polycarbonate.

Keuntungan dari material polycarbonate sendiri, yaitu pengguna tidak terlalu merasakan suhu hangat dari kinerja dapur pacu di bagian dalam. Selain itu, juga tidak terlalu licin ditangan sehingga memiliki ergonomi yang lebih baik di dalam genggaman. Namun disamping itu, Oppo juga menyediakan aksesoris hard case berwarna transparan untuk menambah proteksi.

Perubahan terlihat dari bentuk sensor fingerprint. Tentu tak lagi memungkinkan bagi Oppo untuk menaruh fingerprint di bagian depan dengan hadirnya layar FullView display, maka fingerprint mau tak mau harus beralih ke bagian belakang. Kali ini terlihat lebih orisinil dengan bentuk oval seperti ujung jari pengguna. Dibawahnya terdapat logo Oppo bengan grafir glossy. Modul kamera single berada di sudut bagian kiri atas, dengan lampu LED Flash di sampingnya. Sudutnya-sudutnya memiliki curve yang tersambung ke penampang bagian depan.

Tombol power terletak di sebelah kanan sementara tombol volume berada di bagian kiri. Untuk konektivitas kabel charger dan data, Oppo F5 masih menggunakan slot MicroUSB yang terletak di bagian bawah. Selain itu lubang jack 3,5mm berada di bagian bawah begitu pula dengan grill speaker.

Tak banyak keistimewaan yang ditawarkan dari desain secara khusus. Apalagi varian yang kami uji ini adalah varian berwarna emas. Secara tampilan tidak terlalu istimewa, ketimbang varian dengan warna hitam atau merah. Sayangnya warna merah yang menurut kami memiliki penampilan paling menarik, hanya tersedia pada versi RAM 6GB.

Spesifikasi

JIka material desain disebut mengalami downgrade, beralih ke spesifikasi, Oppo F5 kali ini membawa peningkatan meskipun tidak begitu signifikan. Pertama, tentunya layar dengan rasio 18:9 dengan resolsui Full HD+. Kedua, dapur pacu yang digunakan juga mengalami peningkatan. Kali ini Oppo menghadirkan MediaTek MT6767T(Helio P23) sebagai dapur pacu nya yang didukung dengan RAM berkapasitas 4GB.

Untuk fitur ke kamera, Oppo F5 juga masih menggunggulkan kamera depan sebagai fitur jagoan mereka. Kamera depan Oppo F5 memiliki resolusi 20MP sedangkan untuk kamera belakang memiliki resolusi 16 MP. Oppo menyebut-nyebut bahwa di produk terbarunya ini punya fitur A.I (Artificial Intelegent) Beauty Technology yang diklaim memberikan efek beautify yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Namun kami sendiri belum memahami apa yang dimaksudkan Artificial Intelegent atau kecerdasan buatan untuk pemrosesan efek beautify tersebut, dalam asumsi kami kecerdasan buatan adalah sebuah teknologi yang dapat berkembang, seiring dengan bertambahnya data yang dimiliki. Lalu apa yang dimaksud A.I Beauty Technology oleh Oppo disini akan kami cari tahu lebih lanjut pada pembahasan kamera.

Oppo F5 memiliki kelengkapan sensor mulai dari Acceleration, Ambience light, Proximity, Compass, dan juga Gyroscope. Ditambah lagi tentunya sensor fingerprint dibagian belakang dan juga sudah memiliki fitur Face Unlocked. Oppo F5 berjalan menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1 dan UI Color OS 3.2. Selain itu perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3200mAh.

Color OS 3.2 juga memberikan penyesuaian tambahan untuk pengguna semakin dapat menikmati layar FullView display, yaitu dengan membnerikan fitur gesture control navigation. Dengan navigasi menggunakan gesture ini, pengguna bisa menon-aktifkan tombol navgasi virtual yang berada dibagian bawah layar, sehingga konten pada layar akan ditampilkan lebih penuh.Menu tersebut ada di Additional Settings>Navigation Key. Selain itu terdapat pula Oppo Game Acceleration, yang mengoptimalisasikan penggunaan smartphone saat bermain game.

Konektivitas Oppo F5 telah mendukung jaringan 4G di kedua slot SIM. Dan kali ini slot Dual SIM card diletakan terpisah dengan slot MicroSD. Sehingga pengguna bisa lebih leluasa menggunakan semua slot yang tersedia tanpa harus mengorbankan salah satu slot SIM jika ingin menggunakan media penyimpanan tambahan melalui MicroSD. Konektivitas lainnya yaitu Wi-Fi a/b/g/n yang telah mendukung hingga jaringan Wi-fi 5G dan Bluetooth 4.2. Sayangnya, untuk smartphone diatas 3 juta ini, Oppo F5 belum dilengkapi teknologi NFC.

Pada paket penjualan, Oppo F5 terbilang lengkap. Diantaranya terdapat buku panduan dan kartu garansi, charger, kabel USB, headset dan clear hard case.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS