in: News - Reviews | October 12, 2018 | by: Irham

Hands-On Nokia 6.1 Plus

Dalam event Nokia Media Fun Day yang digelar di Rancamaya, Bogor, kami berkesempatan untuk menuji singkat produk Nokia 6.1 Plus. Dalam artikel ini kami akan sedikit membahas produk tersebut yang akan kami tampilkan dalam bentuk Hands-On. Inilah produk Nokia 6.1 Plus yang sempat kami uji.

Desain

Desain Nokia 6.1 Plus ini sebenarnya tidak terlalu mencolok dan benar-benar mencuri perhatian jika dibandingkan dengan smartphone-smartphone terkini yang hadir dengan warna bervariasi. Bahkan untuk pilihan warna,Nokia 6.1 Plus inijuga hanya menghadirkan pilhan warna yang terbilang standar. Yaitu Gloss Black, Gloss White dan Gloss Midnight Blue. Adapun varian yang kami pegang adalah Gloss Black, yaitu warna hitam berkilau berkat material kaca yang digunakannya.

Tapi kesan built quality yang premium selalu bisa kita rasakan pada setiap produk smartphone Nokia saat kita mulai menggengammnya. Perangkat ini terasa kokoh didalam genggaman, memberikan kesan bahwa perangkat ini cukup tahan banting. Apalagi smartphone ini sudah dilindungi dengan kaca pelindung yaitu Corning Gorilla Glass 3, yang seketika bisa membuang kekhawtiran pengguna akan daya tahan smartphone bila mengalami benturan. Perangkat ini juga dibungkus dengan frame metal aluminium yang padat

Penampang depan menggunakan panel layar IPS berukuran 5,8 inci dengan resolusi FullHD+ dan rasio 19:9 dan desain notch di bagian atas. Bagi pengguna yang menyukai smartphone dengan dimensi layar yang tidak terlalu besar, smartphone ini bisa jadi salah satu pilihan. Berkat ukuran dimensi layar yang tidak terlalu besar tentu akan lebih mudah membawanya di kantong maupun digenggaman. Sayangnya menurut kami Nokia 6.1 Plus memiliki kecerahan layar yang terbilang standar. Karena saat beraktifitas di luar ruangan, visibilitasnya masih terasa kurang optimal.

Dibagian belakang terdapat dua sensor kamera yang terpajang dengan posisi vertikal, dan juga fingerprint sensor yang tersemat dibagian bawah modul kamera tersebut. Modul kamera tampak agak sedikit menonjol keluar, dengan aksen chrome di bagian pinggirnya. Logo Nokia juga terpampang dengan posisi membujur keatas, disertai dengan logo Android One yang membentang di bagian bawah.

Di bagian sisi kanan terdapat tombol power dan tombol volume, sedangkan dibagian sisi kiri terdapat slot Tray SIMCard. Tray SIM Card disini masih menggunakan dua slot SIMCard yang terpasang hybrid dengan slot MicroSD. Sehingga pengguna harus bergantian jika ingin menambahkan SIM2 atau memasang MicroSD untuk media penyimpanan tambahan. Sementara dibagian bawah terdapat lubang konektor USB Type C dan juga Grill Speaker. Lubang jack 3,5mm untuk headset diletakan di sisi bagian atas.

Beralih ke sisi spesifikasi dapur pacu, Nokia 6 ditenagai dengan SoC Snapdragon 636 (Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 + GPU Adreno 509), RAM 4GB serta internal storage 64GB. Adapun pada fitur kamera, smartphone ini dibekali dengan kamera utama dual sensor 16MP(f2.0) + 5MP (f2.4-depth sensor) lengkap dengan EIS dan kemampuan perekaman maskimal hingga resolsui 4K. Sedangkan pada kamera depan, smartphone ini dilengkapi dengan sensor 16MP dengan aperture f2.0.

Dari sisi OS, Nokia 6.1 berjalan dengan sistem operasi Android One (Oreo), dimana OS ini diklaim memiliki performa lebih lancar, update Patch Security lebih cepat serta jaminan upgrade ke Android versi terbaru hingga dua kali. Nokia 6.1 Plus juga sudah mendukung pengisian daya Quick Charge 4.0, yang dapat mengisi daya sebesar 50% dalam waktu sekitar 30 menit.

Daftar Isi
Pages: 1 2
: ,

COMMENTS