in: Featured - Highlights - Reviews | March 12, 2019 | by: Irham

Review Realme 3: Jawara Baru Smartphone Di Bawah Rp. 2 Juta

Sukses dengan debut perdananya yaitu Realme 2 dan Realme 2 Pro, kini Realme siap kembali bersaing di pasar smartphone 2 jutaan yang kian hari kian ramai dan sangat bersaing.

Realme 3 hadir dengan menjanjikan spesifikasi menawan dan harga yang sangat terjangkau yang mungkin akan kembali fenomenal seperti debut awal mereka. Smartphone terbaru Realme ini digadang-gadang membawa peningkatan yang cukup signfikan dibandingkan generasi sebelumnya, terutama untuk urusan performa, kamera dan baterai.

Realme 3 di gadang-gadang akan jadi smartphone “Pilihan terbaik untuk harga dibawah Rp. 2 juta.” Tentu kita semua penasaran seperti apa kemampuan sesungguhnya dari Realme 3, simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Desain

Desain Realme 3 kini tampak memiliki tampilan desain yang tak kalah rupawan dari generasi sebelumnya. Dimana Realme 3 kembali mengusung konsep unibody, dengan balutan warna gradasi di bagian belakang. Cover body bagian belakang memiliki lengkungan ke bagian sisi dan menyatu dengan bingkai dan juga panel layar bagian depan. Dengan desain ini, selain terlihat lebih simple juga membuat perangkat lebih mudah digenggam karena bagian lengkungan tersebut pas dengan posisi buku-buku jari pengguna.

Realme 3 juga hadir dengan built quality yang lebih kokoh jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan hal tersebut dapat dirasakan saat pertama kali menggengam. Varian warna yang tengah kami uji ini adalah Radiant Blue, disamping warna lain yang tersedia yaitu Dynamic Black. Warna ini adalah percampuran antara biru dan hijau tosca, yang ditutup dengan tekstur berkilau.

Berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu Realme 2 yang datang dengan layar berdesain notch, Realme 3 membawa layar yang sedikit lebih besar karena menggunakan desain notch “dew drop”. Dengan desain ini screen-to-body rasio layar juga lebih besar, untuk perangkat ini sebesar 88,3%. Pada bagian dew drop notch tersebut terdapat sensor kamera dan juga speaker handset dibagian atasnya. Panel depan juga dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass 3 dan screen protector film yang sudah terpasang sejak dalam box.

Di bagian sudut layar terlihat melengkung untuk menambah estetika perangkat. Namun masih terlihat bezel tipis yang ada dibagian sisi-sisi layar, yang memiliki ketebalan sekitar 2,05 mm.

Untuk penempatan tombol navigasi, Realme menempatkannya di bagian dalam layar bagian bawah. Dengan posisi default yaitu tombol back di bagian kiri, home di bagian tengah dan recent app dengan cara menswipe ke atas di bagian kanan. Ada beberapa pilihan tombol navigasi yang juga dapat dipilih pengguna melalui menu Settings.

 

Beralih ke tombol fisik dan slot, di bagian kanan terdapat tombol power atau lock screen. Dibagian kiri terdapat tombol volume serta slot SIMCard. Adapun slot SIMCard yang tersedia yaitu 2 SIMCard dengan tipe nano ditambah slot MicroSD dedicated. Fitur 3 Slot ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna yang ingin menambahkan memori tambahan tanpa harus mengorbankan salah satu slot SIMCard.

Di sisi bagian bawah terdapat slot MicroUSB, lubang jack 3,5mm, grill speaker dan juga lubang microphone. Sedangkan dibagian atas, tidak ada lubang atau modul komponon apapun yang terpasang.

Beralih ke bagian belakang, terdapat sensor dual kamera yang terpasang secara vertikal di bagian pojok kiri atas. Dual kamera ini juga dibekali dengan lampu LED Flash. Terlihat agak sedikit menonjol, yang juga tampak dlindungi dengan bingkai berlapisan chrome. Aksen chrome tersebut juga diletakan pada modul fingprint berbentuk bulat di bagian tengah, serta di logo Realme yang ada di pojok kiri bawah.

Secara keseluruhan tampilan baru di Realme 3 terlihat lebih elegan dengan desain yang juga terlihat sangat kekinian. Dan yang kami suka, meski tak lagi menonjolkan bingkai body dibagian sisi, perangkat ini justru terasa memiliki built quality yang lebih baik dan ergonomi yang lebih nyaman di genggaman. Untuk proteksi tambahan, tersedia pula jelly case yang ada pada paket penjualan.

Spesifikasi

Dari sisi spesifikasi, Realme 3 membawa peningkatan yang sangat siginifikan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dimana kali ini Realme 3 mengusung layar 6,22 inci dengan resolusi HD+ (720×1520), dan peningkatan yang paling tinggi pada sisi SoC, yaitu menggunakan SoC MediaTek Helio P60 AIE (Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53 + GPU Mali-G72 MP3). Sedangkan untuk memori, perangkat yang kami uji adalah varian dengan RAM 4GB serta internal storage 64GB.

Untuk spesifikasi kamera, perangkat ini masih menggunakan konfigurasi yang mirip dengan generasi sebelumnya namun memiliki peningkatan secara kualitas. Yaitu dengan kamera utama 13MP, yang kini hadir dengan aperture lebih besar yaitu f/1.8. Juga ditambah dengan kamera sekunder untuk kebutuhan bokeh yaitu dengan sensor 2MP (Depth Sense).

Sedangkan kamera selfienya memiliki peningkatan yang cukup besar, dimana pada Realme 3 menggunakan sensor 13MP dengan aperture F/2.0. Berkat SoC yang telah mendukung kebutuhan AI, beragam fitur AI juga telah disematkan di smartphone Realme 3. Seperti Chroma Boost dan juga Night Scape. Adapun untuk perekaman maksimal hingga 1080p dan tersedia pula fitur video Slo-Mo.

Manajemen daya juga menjadi satu keunggulan yang ditawarkan di Realme 3. Dimana smartphone ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 4230mAh yang diklaim akan memberikan ketahanan daya yang sangat dapat diandalkan bagi pengguna. Hasil pengujiannya dapat anda lihat di halaman berikutnya.

Untuk urusan sensor, Realme tidak terlalu irit. Semua sensor tersedia mulai dari ambience light, proximity, acceleration, compass dan Gyroscope. Tentunya juga ada sensor fingerprint unutk kebutuhan otentikasi. Selain itu untuk fitur keamanana terdapat pula fitur Face Unlocked.

Perangkat ini telah berjalan menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie, dengan kustom UI Color OS 6.0. Kini Color OS 6.0 hadir dengan menu App Drawer, dan tersedia beragam fitur penujang seperti Game Space, Mode Moto Ride, dan lain-lain. Menu short-cut terlihat seperti icon-icon kotak kecil yang dapat diakses dengan cara menswipe dari atas kebawah.

Konektivitas Realme 3 tentu saja sudah mendukung jaringan 4GLTE untuk semua provider di tanah air. Selain itu ada WI-Fi b/g/n dan juga Bluetooth 4.2. Untuk koneksi kabel, perangkat dengan harga kisaran dibawah Rp. 2 jutaan ini masih menggunakan microUSB.

Membongkar isi box dari Realme 3, kita akan menemui diantaranya 5V/2A Adapter Charger ,  Micro USB Cable, Warranty Card, Quick Guide, SIM Card Ejector, Screen Protect Film dan Jelly Case.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS