in: Featured - Reviews | June 25, 2019 | by: Irham

Review Vivo Y17: Kamera Apik, Baterainya Asik!

Di bulan April lalu, Vivo sempat merilis produk smartphone kelas menengah mereka yaitu Vivo Y17. Tak seperti smartphone seri V mereka yang diluncurkan dengan event meriah, smartphone ini justru meluncur di pasar smartphone tanah air tanpa event launching. Hanya promo online yang mengekspos smartphone Vivo yang satu ini.

Vivo Y17 hadir dengan membawa keunggulan baterai jumbo yaitu 5000mAh, dan juga kamera tiga sensor. Membawa desain yang elegan dengan layar yang besar 6,35 inci, smartphone ini hadir dengan dua varian warna trendy yaitu Mineral Blue dan Pearl Pink. Penasaran dengan smartphone yang satu ini, simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Vivo Y17 memiliki desain body yang cukup kekininan, yaitu dengan layar besar dan body berwarna gradasi. Ukuran layar Vivo Y17 terbilang lebih besar dari beberapa smartphone sekelas, dimana perangkat ini memiliki ukuran layar 6,35 inci. Smartphone ini juga terlihat lebih tebal, karena Vivo Y17 juga mengusung kapasitas baterai yang besar. Sehingga tentunya membutuhkan ruang yang lebih besar di body perangkat.

Body perangkat terlihat cukup mewah, sekilas tampak seperti kaca. Apalagi bobot perangkat ini juga cukup berat yaitu sekitar 190gram. Pada bagian frame juga terasa sangat kokoh, jauh dari kesan smartphone murahan. Meskipun memang Vivo memasarkan produk ini sebagai kelas menengah mereka, tetapi built quality yang dimilikinya bahkan terasa lebih baik dari seri Vivo V terdahulu, seperti V9 maupun V11. Varian warna yang kami uji yaitu Mineral Blue disamping warna lain yang tersedia di Indonesia yaitu Pearl Pink.

Layar Vivo Y17 tentunya mengusung FullView display dengan rasio 19,9:9, dimana screen to body rasio yang dimilikinya yaitu 81.4%. Bezel di bagian sisi-sisi layar masih tampak cukup besar terutama untuk sisi bagian bawah. Di bagian atas layar hanya terlihat sensor kamera, sayangnya kami tak melihat adanya LED notifikasi yang terpasang.

Beralih ke sisi bagian belakang, terdapat fingerprint dengan modul berbentuk kotak di bagian belakang. Sedangkan untuk kamera, terpasang di sudut kiri bagian atas. Kamera menjadi salah satu keunggulan yang ada di Vivo Y17, dimana smartphone ini mengusung triple kamera dengan setup kamera normal, kamera wide, dan kamera depth sensor. Pada modul kamera terlihat aksen berwarna emas yang tentunya menambah estetika tampilan smartphone. Adapun logo Vivo tertera di bagian bawah.

Untuk tombol dan port, seperti biasa di sisi kanan terdapat tombol power dan volume. Di sisi bagian kiri terdapa slot SIMcard (dual SIM standby + MicroSD). Di sisi bagian bawah terdapat port jack 3,5 mm, lubang microphone, slot MicroUSB, dan juga grill speaker. Di bagian atas, tidak terlihat modul komponen apapun yang terpasang.

Spesifikasi

Untuk urusan spesifikasi, Vivo Y17 mungkin tidak mengobral spesifikasi yang serba tinggi. Namun untuk kebutuhan di kelas harga yang ditawarkan, spesifikasi Vivo Y17 sudah cukup mengakomodir. Dimana smartphone ini memiliki layar 6,35 inci dengan resolusi HD+ (720x1544p). Namun meski menggunakan resolusi yang tidak begitu tinggi, tapi visbilitas layar dari Vivo Y17 cukup baik dan memiliki tingkat kecerahaan yang cukup tinggi.

Adapun SoC yang digunakannya adalah Helio P35 Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53 + GPU PowerVR GE8320) dari MediaTek. Sekilas dari dua spesifikasi tersebut, paduan layar dan SoC yang digunakan akan menghasilkan performa yang lebih baik dan juga daya baterai yang lebih awet. Namun hal ni tentunya baru akan bisa dibuktikan dalam pengujian performa di halaman berikutnya. Adapun untuk kapasitas RAM dan internal storage yang tersedia, smartphone ini memiliki RAM berkapastas 4GB serta internal storage sebesar 128GB. Dengan memori yang besar tersebut, tentunya cukup untuk menyimpan berbagai file multimedia baik foto maupun video.

Untuk urusan kamera, Vivo Y17 dibekali dengan kamera utama 13 MP aperture f/2.2 dan sistem autofokus PDAF. Lalu ditambah kamera wide angle dengan sensor 8 MP, f/2.2, dan juga kamera depth sensor 2MP.

Kapasitas baterai yang besar juga menjadi keunggulan utama yang diusung VIvo Y17. Dimana smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Selain itu smrtphone ini juga diklaim mendukung pengisian dengan sistem dual charging. Adapun maksimal daya output pada adaptor charger saat mengisi yaitu 18W atau 9V/2A.

Vivo Y17 dibekali dengan sistem keamanan fingerprint dan juga face unlocked. Untuk kelengkapan sensor, terdapat sensor Accelerometer, Ambience Light, Proximity, compass, dan juga Gyroscope. Soal konektivitas, smartphone ini tentunya sudah mendukung jaringan 4G untuk semua provider di tanah air. Selain itu dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, dan Bluetooth 5.0, A2DP.

Perangkat ini berjalan menggunakan sistem operas Android  Pie 9.0 dengan custom UI milik vivo yaitu FunTouch OS V.9. Beragam fitur yang tersedia termasuk diantaranya yaitu Jovi, Face recogntion, Dual Apps, Ultra Game Mode, dan lain-lain.

Pada paket penjualannya, Vivo Y17 dilengkapi dengan aksesoris jelly case, adaptor charger, kabel MicroUSB, headset dan juga SIM ejector.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS