in: Reviews - Samsung | May 19, 2020 | by: Friska

Review Samsung Galaxy M21: Penerus dari Samsung Galaxy M30s

Tidak lama ini, Samsung baru saja mengumumkan kehadiran Samsung Galaxy M21, di mana smartphone ini hadir dengan layar 6.4″ Super AMOLED, Exynos 9611, baterai 6000 mAh, dan kamera utama 48 MP. Jika diperhatikan secara sekilas, Galaxy M21 ini terlihat mirip dengan Galaxy M30s, yang merupakan smartphone pendahulunya. Lalu, apa yang membedakan smartphone baru ini? Kelebihan apa yang diusungnya?

Desain dan Spesifikasi

Samsung Galaxy M21 memiliki dimensi 159 x 75.1 x 8.9 mm dengan bobot 188 gram, serta memiliki opsi warna biru, hijau, dan hitam yang hadir dalam rupa solid color yang cukup menarik. Bagian sisi kanan smartphone terdapat tombol fisik sebagai operasi utama, yaitu tombol Power serta Volume Up/Down. Sementara di sisi kiri terdapat slot untuk SIM tray yang terdiri dari tiga buah slot terpisah untuk 2 Nano SIM serta 1 microSD card.

Pada sisi bawahnya, merupakan letak speaker utama berada, sekaligus microphone, port USB Type-C untuk pengisian ulang baterai, serta jack audio 3.5mm. Tidak ada hal lain yang ada di bagian sisi atas smartphone kecuali microphone kedua, serta terdapat earpiece yang ditempatkan pada bezel layar atas. Layarnya sendiri memiliki notch yang ditempatkan sebagai lokasi kamera selfie. Kamera utamanya sendiri berada di bodi belakang, tepatnya area sisi kiri atas. Dan bagian tengah belakang terdapat sensor fisik fingerprint-nya.

Samsung Galaxy M21 memiliki layar 6,4 inch Full HD+ dengan tipe layar Super AMOLED. Dapur pacunya sendiri menggunakan chipset Exynos 9611 dengan RAM 4 GB dan kapasitas storage internal 64 GB. Galaxy M21 mengusung baterai cukup besar di 6000mAh, dan berjalan dengan One UI 2 berbasis Android 10.

Kamera utama dari Galaxy M21 mengusung setup tiga kamera, yang terdiri dari sensor utama 48 MP f/2.0, sensor 8 MP Ultra Wide f/2.2, dan sensor 5MP Depth f/2.2. Sementara kamera selfie memiliki besar resolusi 20 MP dengan bukaan f/2.2. Sensor yang dimiliki oleh Galaxy M21 tergolong cukup dengan telah terdapat accelerometer dan gyro, dengan konektivitas standar seperti 4G, Wi-Fi 5, dan Bluetooth 5.1.

Paket Penjualan

Isi paket penjualan dari Samsung Galaxy M21 tergolong cukup lengkap dan standar, dengan terdapat isi sebagai berikut:

  • 1 unit Galaxy M21
  • Adaptor 15W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM Tray Ejector
  • Paket dokumen

Hasil Pengujian

Seperti biasanya, set benchmark yang kami gunakan untuk menguji Samsung Galaxy M21 ini adalah dengan menggunakan AnTuTu, Geekbench, dan tes gaming menggunakan PUBGM. Secara umum, hasil skor dari Galaxy M21 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Galaxy M30s, yang bisa dilihat hasilnya sebagai berikut:

AnTuTu 8

Geekbench 5

Gaming PUBGM (Default: Smooth – Extreme)

Untuk gaming, kami mencoba dengan game PUBGM dalam setting Smooth – Extreme, di mana kami temukan bahwa perasaan bermain game dengan Galaxy M21 ini hampir mirip dengan perasaan ketika menggunakan Galaxy M30s. Lebih lanjutnya, bisa simak pembahasan lengkap kami dalam video yang kami taruh di bagian bawah dalam artikel review kali ini.

Baterai

Pengujian baterai untuk Samsung Galaxy M21 dilakukan dengan menguji Video Playback, di mana smartphone memutar video kualitas 720p secara berulang hingga baterai habis. Dalam uji Video Playback, Galaxy M21 mampu bertahan selama 27 jam 30 menit. mengingat baterainya sendiri memang besar di 6000mAh, hasil ini terbilang cukup memuaskan.

Untuk tes selama penggunaan gaming, kami melakukan uji dengan melihat berapa banyak baterai yang berkurang ketika digunakan untuk bermain PUBGM selama 30 menit. Hasilnya, baterai berkurang sebanyak 7% selama digunakan untuk bermain.

Dan untuk lama waktu pengisian ulang baterainya, Galaxy M21 membutuhkan waktu 2 jam 35 menit untuk bisa mengisi ulang baterai 6000mAh miiliknya hingga penuh.

Harga Jual

Samsung Galaxy M21 ini dijual dengan harga promosi Rp 2.999.000 selama masa pre0order/flash sale yang diadakan mulai 18 Mei 2020 kemarin. Sementara harga normal yang disarankan adalah sebesar Rp 3.199.000.

Jangan lupa untuk tonton video terkait Galaxy M21 ini di YouTube Jagat Review karena kami juga menjawab 40-an pertanyaan menarik terkait Galaxy M Series, khususnya Galaxy M21 ini.

: ,

COMMENTS