Review Lenovo A6010 (Bundling Smartfren 4G LTE Advance)

Author
Irham
Reading time:
March 8, 2016

Mengawali era 4G LTE di tanah air, beberapa vendor menawarkan beberapa perangkat smartphone terjangkau yang telah mendukung konektivitas jaringan internet cepat tersebut. Salah satunya Lenovo yang telah meluncurkan A2010 dan A6010, dimana kedua produk ini juga telah memenuhi regulasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Sebelumnya kami telah mereview produk A2010, kini kami kedatangan produklainnya yaitu Lenovo A6010. Dimana produk yang satu ini juga ditawarkan secara bundling dengan layanan 4G dari smartfen. Dibandingkan dengan A2010, tentunya A6010 memiliki fitur yang lebih baik. Terutama untuk fleksibilitas koneksi 4G yang ditawarkan. A6010 juga memiliki spesifikasi yang lebih baik, yang cukup kebutuhan seperti social media, fotografi dan tentunya hiburan.

Seperti apa kemampuan produk yang satu ini, akan kami bahas pada review di bawah ini.

Desain & Spesifkasi

Lenovo A6010 memiliki desain yang terbilang simpel. Tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya yaitu A6000. Lenovo A6010 mengedepankan desain flat yang cukup dominan, dengan minim curves di tiap sudut. Ukurannya cukup nyaman dalam genggaman sebagai ponsel dengan layar 5 inci. Terlebih karena smartphone ini memiliki tekstur kasar dan sedikit melengkung pada cover bagian belakang. Ini membuatnya kokoh dalam genggaman   dan memberikan grip yang nyaman ditangan pengguna. Seklias pada cover belakang smartphone tampak seperti terbuat dari metal.

Lenovo-A6010---6

Tampak Depan

Di bagian belakang selain logo Lenovo, juga tertera logo Dolby, yang menunjukan fitur sistem suara Dolby Atmos pada perangkat tersebut. Dua grill speaker terlihat mengapit logo Dolby di bagian belakang, dengan dua buah komponen speaker yang benar-benar ada di kedua sirkulasi suara. Biasanya, pada smartphone kebanyakan hanya menyematkan satu buah speaker meskipun pada casing luar terlihat dua buah grill. Kedua speaker ini tentunya menghasilkan suara yang stereo saat kita memutar musik atau multimedia lain.

Tampak Belakang

Sensor kamera di bagian belakang berada di bagian sudut kiri dengan lampu flash LED berada tepat di bawah sensor tersebut. Dibawah lampu LED flash, terdapat lubang kecil, biasanya sebagai microphone sekunder untuk fungsi noise cancelation.

Secara presisi, Lenovo A6010 memiliki ukuran dimensi 141 x 70  dengan ketebalan sebesar 8.2 mm. Bobotnya seberat 128g, termasuk ringan untuk ukuran smartphone yang dimilikinya. Secara keseluruhan memang perangkat ini dibentuk menggunakan material plastik, baik rangka maupun body. Mungkin itulah mengapa Lenovo A6010 memiliki bobot yang ringan.

Lenovo-A6010---4

Dalam genggaman

Tombol power terletak di bagian sisi kanan perangkat, begitu pula dengan tombol volume up/down berada di diatas tombol power. Posisi ini sangat biasa kita temui pada smartphone kebanyakan, namun secara pribadi bagi saya ini adalah posisi paling nyaman untuk tombol pada smartphone. Anda bisa mengambil screenshot dengan menggunakan satu jari, karena tombol power dan volume diletakan berdekatan.

Lenovo-A6010---2

Sisi Kanan

Untuk tombol kapasitif lain seperti tombol back, home dan menu tetap berada di bagian luar panel display seperti pada A6000. Namun pada panel depan tidak lagi tampak logo Lenovo. Sementara slot microUSB dan juga earphone terletak dibagian atas.

Lenovo-A6010---3

Bagian Atas

Untuk spesifikasinya, Lenovo A6010 menggunakan layar IPS berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280x720p. SoC yang digunakan adalah Snapdragon 410 (Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 GPU Adreno 306) dilengkapi dengan RAM berkapasitas 2 GB. Internal memori yang tersedia yaitu sebesar 16 GB, dilengkapi dengan slot microSD up to 32 GB.

CPU-Z

CPU-Z

Untuk urusan kamera, Lenovo A6010 dibekali dengan sensor berukuran 13 MP di bagian belakang beserta lampu LED Flash. Sementara untuk kamera depan, dibekali dengan sensor berukuran 5 MP. Tampaknya telah menjadi ukuran standar pada sensor kamera di kebanyakan smartphone sekelas saat ini. Namun yang mengalami peningkatan signifikan terlihat dari komponen sensor yang dimiliki, kini lebih lengkap mulai dari ambience light, acceleration, proximity, gyro dan compass. Sementara sistem suara pada smartphone ini juga dibekali dengan Dolby Atmos, menambah pengalaman menyenangkan untuk aktivitas multimedia.

Lenovo A6010 ditenagai dengan baterai berkapasitas 2300mAh, dengan sistem operasi yang berjalan adalah Android 5.1. Juga menggunakan UI andalan mereka yaitu Vibe 2.0, yang terlihat simpel tanpa app drawer untuk tampilan menu. Beberapa aplikasi bawaan telah terinstall termasuk ShareIt, SyncIt, Lenovo Companion, Guvera, dan lain-lain. Lenovo A6010 mendukung 4G untuk semua operator di tanah air, tersedia dual slot SIM dengan tipe Micro SIM. Untuk penambahan penyimpanan juga tersedia slot microSD.

Lenovo-A6010---7

Baterai, Slot MicroSD, Dual Slot SIM

Pada paket penjualannya, Lenovo A6010 hanya menyediakan unit aksesoris berupa charger dan juga buku panduan dan garansi. Pengguna sepertinya perlu membeli unit headset terpisah jika memerlukannya untuk kebutuhan audio maupun komunikasi. Untuk produk A6010 yang dibundling dengan Smartfren tentunya juga dilengkapi dengan kartu perdana 4G smartfren.

Lenovo-A6010---8

Paket penjualan Lenovo A6010

Load Comments

Reviews

February 15, 2021 - 0

Review Infinix Hot 10 Play: Baterainya Jagoan!

Memasuki tahun 2021, Inifnix kembali merilis produk terbaru mereka Yaitu…
February 4, 2021 - 0

Review Oppo Reno5 5G: Smartphone 5G Termurah Saat Ini

Kali ini tim Jagat Review telah kedatangan smartphone Oppo Reno5…
January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…