Review Smartphone Android: Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KL)

Author
Friska
Reading time:
March 15, 2016

Benchmark

Untuk menguji performa dari Asus Zenfone 2 Laser, kami melakukan serangkaian performace test dengan beberapa aplikasi benchmark. Benchmark yang kami gunakan dalam pengujian ini antara lain AnTuTu, Geekbench, 3DMark, dan PCMark. Dan berikut adalah hasil benchmark yang kami lakukan menggunakan empat jenis aplikasi tersebut.

AnTuTu 6.0

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

antutu

Geekbench 3.3.2

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

geekbench

3DMark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

ice storm unlimited

PCMark

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

PCMark

Kamera

Hasil beberapa jepretan menggunakan kamera dari Asus Zenfone 2 Laser ini terlihat menawan, walau sayangnya versi yang kami dapatkan ternyata hanya memiliki resolusi 8 MP saja untuk kamera utamanya. Dengan shutter speed yang diklaim berkisar 0.03 detik saja, smartphone mampu menangkap obyek bergerak dengan lebih mudah dan tidak akan menghasilkan foto obyek menjadi blur total karenanya. Dalam kondisi pencahayaan yang baik, kamera dapat menghasilkan hasil foto jernih dan kaya akan warna. Mode Auto umumnya mampu menangkap gambar keseluruhan dengan baik, akan tetapi untuk hasil foto lebih jernih, terang dan memiliki saturasi warna yang cukup baik, membutuhkan pengaturan manual atau mengganti mode tertentu tergantung kondisi lokasi atau obyek yang hendak difoto.

Noise yang dihasilkan oleh Asus Zenfone 2 Laser ini masih tergolong cukup tinggi, terlihat ketika diperbesar ada beberapa foto yang seperti memiliki pola kasar. Walau begitu, ketika kami mencoba menangkap foto terutama dengan menggunakan mode tertentu seperti Deep of Field atau Super Resolution, foto masih mampu memberikan kedetilan tesktur dan pola pada obyek yang difoto yang lebih baik tanpa menghasilkan terlalu banyak noise. Efek bokeh juga bisa dihasilkan melalui beberapa mode pun bisa ditangkap dengan baik.

Untuk kamera depan yang beresolusi 5 MP, hasil foto yang didapat terlihat baik. Dalam kondisi pencahayaan kurang terang, walau tanpa menggunakan flash tambahan, kamera mampu melakukan beautification serta kontras yang cukup tepat sasaran. Mode yang disematkan untuk melakukan selfie juga tergolong banyak, tidak hanya Beautification saja tetapi juga mode seperti HDR, Low Light atau bahkan Selfie Panorama untuk foto beramai-ramai. Noise yang dihasilkan memang masih terlihat, tetapi sensor nampaknya tidak mengurangi noise yang terlalu berlebihan sehingga detil kecil seperti tekstur rambut masih bisa terlihat cukup jelas.

P_20160307_132250_BF
Beautification, sore hari
P_20160307_163657_BF
Beautification, malam hari

Baterai

PCMark

Kapasitas baterai dari Asus Zenfone 2 Laser ini mungkin tidaklah sebesar smartphone-smartphone kelas mid maupun premium lainnya, dengan berkapasitas 2400mAh saja. Namun begitu, uji ketahanan baterai menggunakan PCMark mencapai skor 8 jam 59 menit, sehingga bisa dikatakan bahwa manajemen baterai dari smartphone ini tergolong sangat baik. Selain itu, untuk bisa semakin menghemat baterai smartphone lebih lama lagi, Asus Zenfone 2 Laser juga didukung fitur Super Saving dalam pengaturannya.

Power Management
Power Management

Konektivitas

Baik SIM 1 dan SIM 2 diklaim bisa terhubung dengan konektivitas 2G/3G/4G. Ketika kami mengujinya menggunakan kartu XL, Asus Zenfone 2 Laser dapat mendeteksi konektivitas 4G dengan mudah. Namun sayangnya, smartphone ini tidak bisa mendeteksi SIM card yang berasal dari Smartfren.

4G dual sim
Load Comments

Reviews

October 25, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy M52 5G: Smartphone Kelas 4 Jutaan Paling Menarik

Uji Performa Kami menguji smartphone ini dengan set benchmark yang…
October 24, 2021 - 0

Review ASUS Zenfone 8: Snapdragon 888 Termurah dan Paling Mungil

Uji Performa Benchmark Saat pengujian review performa, terdapat beberapa mode…
October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Uji Performa Benchmark untuk smartphone ini menggunakan set benchmark yang…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Uji Performa Sebetulnya kemarin kami sempat membuat video untuk Dimensity…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Fitur Unggulan Teknologi ANC Ya, WF-1000XM4 menggunakan sistem active noise…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…