Review VIVO V3 MAX: Performa Tinggi Plus Audio Hi-Fi

Author
Irham
Reading time:
August 19, 2016

Setiap perangkat smartphone tentunya punya keunggulannya masing-masing sebagai fitur pamungkas. Ada yang mengandalkan baterai besar, kamera terbaik, performa tinggi dan lain sebagainya. VIVO adalah brand smartphone asal Tiongkok yang dikenal cukup konsisten dengan teknologi audio Hi-fi mereka.Vivo V3 Max 1

Begitupun dengan smartphone terbaru mereka yang diluncurkan akhir bulan Mei silam, yaitu Vivo V3 Max. V3 Max adalah smartphone premium dari VIVO yang ditujukan untuk segmen muda  yang aktif , dan menginginkan perangkat yang memenuhi kebutuhan entertainment mereka. Dalam event peluncurannya, VIVO juga menggaet Agnes Monica sebagai brand ambassador mereka.

VIVO V3 Max hadir dengan chipset audio Hi-Fi VIVO AK4375. Tak cuma mengandalkan kualitas audio, VIVO V3 Max juga memiliki performa yang diklaim begitu handal untuk smartphone di kelasnya.

Seperti apa kemampuan sesungguhnya dari VIVO V3 Max, mari kita simak reviewnya berikut ini.

Desain

Vivo V3 Max 3 Vivo V3 Max 2

V3 Max memiliki desain yang cukup elegan dengan balutan metal unibody. Dimensi perangkat juga terlihat ramping dengan ketebalan 7,6 mm. Desainnya memang tidak begitu cantik terlihat. Namun, VIVO tetap memiliki orisinalitas di beberapa aspek. Seperti desain modul kamera dan juga sensor fingerprint, dimana modul kamera dan fingerprint dihadirkan dengan bentuk kotak.

Vivo V3 Max 3
Tampak Depan
Vivo V3 Max 2
Tampak Belakang

Varian produk yang kami terima adalah produk berwarna Gold, dengan panel bagian depan berwarna putih. Secara presisi dimensinya berukuran 153,9×77.1 dengan layar berukuran 5,5 inci. Secara estetika, desain dan build quality yang dihadirkan cukup berkualitas.

Ergonomisnya juga nyaman dalam genggaman, meski dengan layar besar tapi bezelnya tipis. Bagian depan layar juga telah dilapisi dengan pelindung layar tambahan. Posisi finger print berada di bagian tengah belakang. Sementara modul kamera berada di pojok kiri atas, dengan lampu LED Flash berada di bawahnya.

Vivo V3 Max 10
Kamera belakang 13 MP dan Fingerprint

Tombol power dan volume berada di bagian kanan. Sementara slot MicroUSB berada di bagain bawah. Gril speaker mono juga berada di sebelah kiri slot MicroUSB. Sayangnya perangkat ini tidak dilengkapi dengan speaker stereo, yang tentunya bisa menambah experience multimedia pengguna. Sementara itu lubang jack 3,5 mm terletak di bagain atas.

Vivo V3 Max 4
Sisi Kanan
Vivo V3 Max 5
Sisi Kiri
Vivo V3 Max 7
Sisi Bawah
Vivo V3 Max 8
Sisi Atas

Spesifikasi

V3 Max mengemas produk dengan layar IPS  berukuran 5,5 inci Full HD 1080x1920p, SoC Snapdragon 652 (Octa-Core 1,8 GHz), dengan RAM 4 GB serta internal memori 32 GB. Slot MicroSD tersedia secara hybrid up to 256 GB.

Kelengkapan sensor dari V3 Max cukup kompilit. Mulai dari Acceleration, Proximity, Compas, GPS, hingga GyroScope. Selain itu juga terdapat sensor fingerprint untuk sistem keamanan perangkat.

CPU-Z-Vivo-V3-Max
CPU-Z VIVO V3 Max

V3 Max juga memiliki kamera utama 13 MP dengan teknologi Phase Detection Auto Focus, serta kamera depan 8 MP. Perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh, dan dibekali dengan  dengan fitur pengisian cepat. Pengujian baterai akan kami bahas di halaman selanjutnya.

Vivo V3 Max 9
Kamera depan 8 MP

V3 Max berjalan dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop, dengan antar muka Fun OS 2.5. Keunikan dari UI Fun OS2.5 adalah menu shortcut terletak di bagian bawah. Anda bisa mengakses menu shortcut dengan melakukan slide dari bawah keatas. Berbeda dengan kebanyakan UI, yang meletakan shortcut fungsi dibagian atas, bersama dengan bar notifikasi. Namun satu hal yang menyulitkan dari Fun OS adalah anda tidak dapat melakukan screenshot dengan mudah enggunakan kombinasi  tombol power dan volume. Anda harus mengakses fungsi screenshot pada shortcut fungsi dibagian bawah.

Sebagai perangkat smartphone yang memiliki sistem Audio Hi-Fidelity, V3 Max disematkan dengan chip  VIVO AK4375. Pada aplikasi i-music, di menu setting anda bisa melakukan pengaturan audio secara expan untuk mengatur equaliser, ambience dan lain sebagainya.

Fitur fingerprint sensor bekerja dengan cukup optimal saat digunakan. Sensitivitasnya juga cukup resposif, begitu disentuh, dengan waktu sekitar 0,03 detik layar akan langsung terbuka. Namun akurasinya terbilang masih kurang.

Vivo V3 Max 11
Paket penjualan

Pada paket penjualannya, VIVO V3 Max melengkapi perangkat dengan aksesoris charger, kabel USB, headset, OTG adapter serta cover silicon.

Load Comments

Reviews

May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…
April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…