Grab Resmikan Fitur GrabHitch, Nebeng Demi Kurangi Kemacetan

Author
Friska
Reading time:
October 19, 2016
img_0494

Pada hari Rabu (19/10), Grab sebagai salah satu penyedia jasa antar jemput online baru saja merilis fitur terbarunya, yakni GrabHitch atau kerap disebut sebagai Nebeng. Fitur terbaru ini diharapkan bisa memberikan opsi layanan antar jemput yang lebih hemat biaya serta merupakan tindakan awal untuk bisa mengurangi kemacetan yang selalu terjadi di ibukota Jakarta saat ini.

“Ada sebanyak hampir 1,5 juta pekerja yang ternyata pulang perginya dari luar kota Jakarta, dan sebagian dari mereka pergi bekerja menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil ke wilayah Jakarta. Dapat dibayangkan dengan jumlah sebanyak itu, kemacetan di Jakarta pun jadi hal yang tak terhindarkan dalam waktu yang sudah di lewat batas tidak wajar. Kami juga mengerti bahwa pemerintahan saat ini tengah membenahi transportasi umum untuk mengurangi kendala macet tersebut, dan kehadiran GrabHitch ini diharapkan bisa turut membantu mengurangi kemacetan di Jakarta juga nantinya.” Jelas Ridzki Kramadibrata, Managing Director, Grab Indonesia.

Cara pakai GrabHitch ini terbilang gampang untuk para pengguna maupun driver-nya. Untuk pengguna, kurang lebih sama dengan memesan dengan fitur GrabBike biasa. Pengguna tinggal pilih opsi GrabHitch yang kini sudah tersedia di aplikasi terbaru Grab, masukkan detil lokasi pick-up dan drop-off sekaligus jadwal penjemputan. Jadwal penjemputan ini sendiri bisa dilakukan mulai dari 30 menit sebelum penjemputan maupun dijadwal hingga 1 minggu ke depan. Setelah konfirmasi lokasi, Grab pun akan mencari driver mana yang memiliki rute dan waktu yang sama dengan si penggunanya.

Sementara untuk para driver, mereka bisa mendaftarkan diri untuk berpartisipasi di GrabHitch dengan menekan tombol biru bertuliskan “Drive”. Driver akan diminta untuk melengkapi data diri beserta foto SIM, STNK, dan selfie bersama KTP. Setelah terdaftar, Grab akan secara otomatis mencari pemesan yang memiliki rute jalan yang sama dengan si driver lewat sistem untuk bisa melakukan perjalanan bersama.

Untuk biayanya sendiri, GrabHitch menawarkan tarif yang lebih terjangkau terutama ketika melakukan perjalanan jarak jauh lebih dari 15 KM, dengan biaya Rp 1.000 per KM dan biaya minimum Rp 20.000. Selain itu, GrabHitch juga menawarkan kenyamanan untuk bisa menjadwalkan perjalanan 30 menit hingga 7 hari sebelum tanggal pemesanan. Secara otomatis Grab akan memberikan notifikasi permintaan rute perjalanan sekaligus ketika driver mengkonfirmasi pemesanan.

Sebagai jaminan keamanan GrabHitch, Grab akan melakukan cek dan verifikasi para driver sebelum diperbolehkan untuk membawa penumpang. Dan untuk membantu membentuk komunitas berbagi tumpangan di Jakarta, pengemudi maupun penumpang GrabHitch akan diminta untuk login ke Facebook sebelum melakukan layanan. Dengan begini, mereka dapat memilih untuk berkendara dengan penumpang atau pengemudi bergender sama. Perlindungan lain yang juga ditawarkan GrabHitch juga termasuk di antaranya “Share My Ride” untuk memberitahu rincian perjalanan kepada kerabat atau saudara ketika tengah melakukan perjalanan, dan juga “Driver Rating” untuk dapat mendonrong para driver mengikuti standar pelayanan yang tetap tinggi. Hotline 24 jam juga disediakan untuk membantu para komuter lebih lanjut.

Dalam rangka merayakan peluncuran GrabHitch (Nebeng), Grab menawarkan promosi khusus bagi para pengguna pertamanya. Penumpang dapat menikmati potongan tarif sebesar Rp 5.000 untuk perjalanan pertamanya menggunakan GrabHitch (Nebeng) pada tanggal 19 – 26 Oktober 2016 dengan memasukkan kode promo “GRABHITCHNEBENG” sebelum melakukan pemesanan.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…