Review Smartphone Infinix Hot 4 Pro (X556)

Reading time:
January 19, 2017
Infinix Hot 4 Pro - 01

Akhir bulan November 2016 lalu, Infinix Mobility, salah satu produsen smartphone yang namanya sudah makin dikenal di Indonesia, merilis produk entry-level terbaru mereka, yaitu keluarga Hot 4. Keluarga Hot 4 sendiri terdiri dari Hot 4 X557 dan Hot 4 Pro X556, dan keduanya diposisikan sebagai perangkat dengan fitur lengkap dengan harga yang terjangkau. Kini, salah satu produk tersebut, Hot 4 Pro X556 sudah hadir di lab. pengujian kami dan siap membuktikan kemampuannya. Kami akan mengulas kemampuan dari smartphone itu di artikel review kali ini!

Desain

Infinix Hot 4 Pro - 02

Infinix menawarkan Hot 4 Pro dengan desain yang cukup berbeda dengan produk dari lini “Hot” mereka yang lain. Berbeda dengan Hot S, varian Infinix Hot yang hadir sebelum Hot 4 Pro ini, smartphone baru ini tidak hadir dengan desain unibody. Hot 4 Pro ini hadir dengan bodi bagian belakang yang bisa dibuka, serupa dengan Hot 2 dan Hot 3.

Infinix Hot 4 Pro - 03

Walaupun diposisikan bukan untuk kelas atas, Infinix tetap menghadirkan bodi dengan kualitas yang baik untuk Hot 4 Pro. Smartphone ini memang mengusung bodi dengan bahan utama plastik, tetapi tetap terasa kokoh saat dipegang. Pemilihan bahan penutup belakang dari smartphone ini pun cukup baik, di mana Infinix menggunakan penutup dari bahan plastik dengan tekstur mesh yang membuatnya tidak licin saat dipegang. Selain itu, bodi dari perangkat ini juga tidak mudah kotor karena bercak minyak dari tangan. Secara keseluruhan Hot 4 Pro memiliki dimensi 152.6 x 76.2 x 8.8 mm.

Berdasarkan informasi dari Infinix, Hot 4 Pro ini hadir dalam empat pilihan warna, yaitu Mysterious Blue, Glossy Silver, Champagne Gold, dan Anthracite Grey. Perangkat yang kami terima untuk pengujian kali ini merupakan yang berwarna Anthracite Grey.
Infinix Hot 4 Pro - 04

Sesuai dengan kode yang diusungnya, X556, perangkat ini menggunakan layar dengan ukuran 5.5 inci. Resolusi yang ditawarkan oleh layar 5.5 inci tersebut adalah 1280 x 720 piksel. Bila dibandingkan dengan keseluruhan bagian depan perangkat, Hot 4 Pro menawarkan screen-to-body ratio sekitar 73%, terbilang cukup baik untuk smartphone era saat ini.

Infinix Hot 4 Pro - 05

Melanjutkan apa yang sudah mereka tawarkan di Hot S, Infinix kembali melengkapi Hot 4 Pro ini dengan fingerprint scanner. Fingerprint scanner di perangkat ini diposisikan di sisi belakang, di bawah kamera utama. Penempatan fingerprint scanner di belakang memudahkan pengguna menggunakan fitur tersebut saat tengah memegang smartphone, terlebih lagi Infinix juga menawarkan fungsi lebih di scanner tersebut, yaitu untuk shutter trigger kamera, menerima panggilan, atau navigasi di galeri.

Infinix Hot 4 Pro - 06

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, smartphone ini bukanlah produk dengan desain unibody. Bagian belakang smartphone ini bisa dibuka untuk mengakses slot SIM Card dan Micro SD. Hot 4 Pro ini hadir dengan dua slot Micro SIM, serta menawawarkan dual stand by seperti smartphone masa kini pada umumnya. Sementara untuk slot Micro SD, smartphone ini memiliki slot Micro SD terpisah dari dua slot SIM Card yang ada. Smartphone ini mendukung penggunaan Micro SD hingga kapasitas 128 GB.

Infinix Hot 4 Pro - 11

Infinix menempatkan tombol power dan volume up/down di sisi kanan perangkat, sementara tiga tombol navigasi ditempatkan di bawah layar. Konektor Micro USB ditempatkan di sisi bawah, agak ke bagian kiri, dekat dengan lubang mic. Sementara konektor audio 3.5 mm diposisikan di sisi atas.

Spesifikasi

Infinix Hot 4 Pro - 13

Pemilihan SoC untuk Hot 4 Pro ini bisa dikatakan cukup unik. Bila dua varian Infinix Hot sebelumnya hadir dengan SoC berprosesor octa core, Hot 4 Pro justru hanya dibekali SoC berprosesor quad core. SoC yang digunakan Infinix adalah MediaTek MT6737. SoC ini hanya dibekali empat buah core Cortex A53 dengan kecepatan maksimal 1.3 GHz. GPU di SoC ini adalah Mali-T720 MP2.

Hot 4 Pro dibekali dengan RAM 2 GB dan storage internal 16 GB. Konfigurasi ini terbilang standar untuk sebuah smartphone entry-level, walaupun untuk saat ini kapasitas 16 GB mungkin dirasa akan cukup kecil untuk berbagai kebutuhan. Untungnya, smartphone ini tetap menawarkan slot Micro SD yang benar-benar terpisah dari slot SIM Card, sehingga pengguna dapat dengan mudah menambah kapasitas penyimpanan data di smartphone ini.

Infinix Hot 4 Pro - 12

Kamera utama di Hot 4 Pro ini menggunakan sensor 13 MP dengan fitur auto focus, dengan ukuran piksel 1.12μm. Infinix juga menawarkan LED flash untuk membantu pengambilan gambar di tempat dengan intensitas cahaya kurang. Sementara untuk kamera selfie, Hot 4 Pro ini dilengkapi sensor 5 MP dengan ukuran piksel 1.4μm. Sayangnya, kamera selfie ini hanya mengusung fixed focus saja.

Infinix Hot 4 Pro - 15

 

Smartphone Hot 4 Pro ini menggunakan baterai 4000 mAh, non-removable. Kapasitas ini terbilang besar untuk sebuah smartphone kelas entry-level. Seharusnya, penggunaan baterai 4000 mAh akan menawarkan waktu pakai yang panjang untuk smartphone ini. Hal itu akan kami buktikan di pengujian baterai untuk smartphone ini.

Salah satu janji Infinix untuk smartphone ini adalah mereka akan menawarkan fitur yang lengkap, termasuk untuk kelengkapan sensor yang ada. Selain fingerprint scanner, Infinix juga menawarkan accelerometer, gyroscope, magnetometer, light sensor, serta proximity sensor di dalam smartphone yang satu ini. Untuk sebuah smartphone entry-level, kelengkapan sensor yang ditawarkan Infinix di Hot 4 Pro ini bisa dikatakan sangat baik.

Infinix Hot 4 Pro - 16

Konektivitas seluler 4G LTE ditawarkan juga oleh Infinix di smartphone ini. Berdasarkan informasi dari Infinix, smartphone ini mendukung FDD-LTE Band 1/3/5/7/8/20, serta TDD-LTE Band 38/40. Hal ini membuat Infinix Hot 4 Pro ini kompatibel dengan 4G LTE dari operator seluler di Indonesia, termasuk dari Smartfren dan Bolt. Hot 4 Pro ini juga dilengkapi dukungan untuk WiFi 802.11 a/b/g/n, serta Bluetooth 4.1.

Infinix Hot 4 Pro - 27

Hal menarik yang juga disertakan Infinix di Hot 4 Pro ini adalah fitur “Dirac”. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan suara “stereo” dengan volume yang lebih keras, dengan menggunakan speaker utama dan sebuah speaker di bagian belakang secara bersamaan. Fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah melalui quick menu di sistem operasi.

Sistem operasi yang digunakan di smartphone ini adalah Android 6.0 “Marshmallow”. Infinix menggunakan UI XOS, UI andalan mereka, di smartphone yang satu ini.

Paket Penjualan

Sayangnya, Hot 4 Pro yang datang ke lab. pengujian kami tidak disertai dengan paket penjualannya. Namun, berdasarkan keterangan dari Infinix, mereka menyertakan power adapter, USB cable, serta earphone untuk melengkapi paket penjualan smartphone ini.

Load Comments

Reviews

September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…
September 15, 2021 - 0

Video – Review Black Shark 4: Kencang, Minimalis

Akhirnya kami telah merampungkan pengujian review kami untuk produk smartphone…
September 14, 2021 - 0

Video – Review: Tecno Spark 7, Smartphone Harga Rp 1,3 Juta, Punya NFC

Setelah sebelumnya kami sempat melakukan review untuk produk Tecno Spark…
September 13, 2021 - 0

Video – Review Live.On: Pengalaman Menggunakan Selama 3 Bulan

Beberapa dari kalian mungkin masih ada yang asing kalau dengar…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…